Friday, October 6, 2017

Apa itu ICO?

apa pengertian ico
Pernahkan anda berfikir, darimana asal mula Bitcoin ada? Sebenarnya konsepnya hampir sama, tetapi ICO yang baru baru ini adalah untuk memperkenalkan Cryptocurrency baru kepada masyarakat. Lahirnya sebuah koin baru, memerlukan kepemilikian yang luas agar semua orang tahu, bahwa koin tersebut sudah ada. Ada beberapa koin yang diberikan dengan cara claim dengan cara menyelesaikan captcha, ada yang mengedarkan koin dengan cara mining, ada koin yang peredarannya dengan airdrop, ada juga koin yang peredarannya dengan cara dijual. Nah untuk koin yang dijual, biasanya disertai sebuah proyek positif dengan ide kreatif.

Apa itu ICO?

ICO dalam bahasa inggris adalah kepanjangan dari Initial Coin Offering, atau dalam bahasa Indonesia, berarti menawarkan inisial koin. ICO itu adalah semacam event, dimana suatu tim yang memiliki proyek menjual sebuah mata uang koin baru dalam jumlah banyak, dimana hasil dari penjualan koin tersebut digunakan untuk mendanai dan mendukung perkembangan proyek yang sedang mereka kerjakan tersebut. Lalu, koin yang dijual itu nantinya akan masuk ke exchanger atau bursa jual beli koin, dimana bagi para investor yang telah membeli koin yang ditawarkan bisa menjual kembali koin koin tersebut. ICO ada karena fitur dari Ethereum yang menyediakan fasilitas custom token dimana seseorang bisa membuat token sendiri sesuai dengan kebutuhannya.


Minat Investor


Investor sendiri lebih sering mimilah dan memilih proyek yang lebih menjanjikan daripada proyek abal-abal. Beberapa pertimbangan para investor adalah


  • Ide
Ide adalah pokok dari sebuah proyek. Ide dapat menentukan tipe apa proyek tersebut dan juga dari ide , investor sudah dapat menebak, siapakah yang akan menjadi target atau marketplace untuk proyek ini kedepannya. Ide dengan inovasi yang baru dan segar, kebanyakan lebih menarik perhatian investor untuk berlomba-lomba mendukung proyek tersebut

  • Roadmap
Roadmap adalah peta jalan sebuah proyek, dimana rencana kedepan suatu proyek harus memiliki suatu tujuan dan target yang akan dilaksanakan. Untuk proyek yang bagus, biasanya memiliki roadmap yang jelas secara detail tentang proyeknya, koin yang mereka jual, para investor, dan semua orang yang terlibat dalam ekosistem. Roadmap sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya suatu ICO.

  • Tim
Pengalaman yang dimiliki suatu tim akan berpengaruh terhadap kesuksesan proyek. Orang dengan pengalaman yang lebih banyak dapat dijadikan acuan positif untuk investor. Sebuah tim dalam proyek yang bagus, akan menyisakan tempat untuk beberapa penasihat. Penasihat akan membantu kerja tim dalam mengambil keputusan serta spekulasi hal yang akan terjadi pada keputusan tersebut.

  • Whitepaper
Whitepaper dalam bahasa Indonesia berarti kertas putih, dimana didalamnya terdapat detail proyek tentang bagaimana cara kerjanya, manfaat untuk ekosistem, kompetitor, peluang dan fitur fitur proyek yang sedang di garap. Investor lebih senang jika whitepaper disusun secara urut dan detail agar mudah dipahami. Juga penerjemahan terhadap bahasa lain juga akan menjadi nilai plus tersendiri.

  • Komunitas
Komunitas akan membantu tim dalam menyebarkan berita. Biasanya, komunitas ini akan membantu share project lewat berbagai media, berita dan website. Mereka rela banting tulang demi suksesnya suatu proyek. Keikutsertaan komunitas dalam tanya jawab di forum, telegram, slack, atau posting blog, artikel review, share twitter, facebook dll akan membantu tim untuk mengenalkan proyeknya pada dunia.
  • Sistem pembayaran
Proyek yang menjual koin secara langsung akan lebih beresiko bagi investor. Karena kasus proyek yang scam masih marak terjadi. Kini semua dapat diatasi dengan adanya escrow berupa smart contract dari ethereum. Yang mana dana dari investor akan ditahan oleh smart contract terlebih dahulu, kemudian setelah ICO selesai, maka koin ICO akan di edarkan dari tim pengadaan proyek kepada invesor. Lalu dana dari investor diteruskan ke tim pengadaan proyek.


ICO Gagal dan ICO Sukses

Iklan iklan manis yang ditawarkan oleh tim kepada para investor, tidak lah langsung ditelan mentah mentah. Masih ada beberapa proyek yang menggarap proyeknya dengan malas malasan dan tidak serius, alhasil, ICO yang ditujukan untuk mendanai proyek, malah gagal. Dan mereka harus membayar hak-hak yang dituntut oleh komunitas sejak perjanjian diawal. Selain ICO yang gagal, ada juga ICO yang sukses. Cntoh proyek yang ICO nya sukses dalam waktu 18 menit adalah Monetha. Monetha berhasil mencapai target maksimum dengan pencapaian tercepat.