Friday, October 13, 2017

Cek Token Barumu di EtherDelta Sekarang!

cara cek token etherdelta

Ketika seseorang mendapatkan Token baru di wallet Ethereum nya, maka orang tersebut pasti bertanya-tanya. 
   "Mau saya apakan token ini?" 
Memang, ketika suatu event ICO dan atau Airdrop berakhir, maka tiba saatnya para partisipan mendapatkan token pada wallet masing masing. Perasaan mereka juga baru setengah gembira, karena mereka masih belum tahu, berapa harga token ini. Sebaiknya jangan berkhayal untuk mendapatkan harga token yang tinggi. Untuk menghindari sakit hati yang keterlaluan.
Rata-rata orang yang memiliki Token ERC20 ingin buru-buru menjualnya di Exchanger. Sedangkan mereka juga bingung, exchanger mana yang sudah tersedia pairs untuk tokennya. Bagi yang kebingungan karena mungkin developer belum mengumumkan Exchanger, anda bisa cek di EtherDelta, apakah ada yang minat dengan token anda?


EtherDelta


EtherDelta adalah sebuah exchanger open source yang terdesentralisasi untuk token berbasis Ethereum. EtherDelta menawarkan tampilan antarmuka yang lebih mudah untuk digunakan dalam jual beli token. Keamanan token anda sangat terjamin  ketika anda melakukan buy sell di EtherDelta. Fee yang dibebankan kepada pengguna juga tidak begitu mencekik seperti Exchanger lain. Namum kekurangan yang saya rasakan pada saat jual beli token adalah Ribet. Kita harus mengkonfirmasi transaksi terlebih dahulu ketika ingin membeli atau menjual token, lalu menentukan Gas atau fee yang juga akan berpengaruh pada cepat atau lambatnya transaksi (Gas default 8 gwei). Lalu kita harus menunggu transaksi kita di proses oleh miner baru setelah itu transaksi dinyatakan sukses. Prosesnya memakan waktu sekitar 1-5 menit, tergantung ramai atau tidaknya transaksi pada saat itu. Tidak seperti exchanger besar lain, yang mungkin hanya memakan waktu dalam hitungan detik.


Cara Cek Token di EtherDelta


Note : Untuk wallet yang saya gunakan adalah MetaMask yang merupakan ekstensi dari Google Chrome. Dan asumsikan ini hanyalah "Cek" , hanya untuk memastikan apakah ada peminat untuk token tertentu.


cara cek token etherdelta

  • Buka https://etherscan.io lalu masukkan Wallet Address Ethereum anda pada kotak pencarian. Lalu tekan Enter
cara cek token etherdelta

  • Lalu pilih Token yang ingin anda cek pada EtherDelta. Contohnya saya ingin memilih SggCoin dengan nominal 6,209 SGG
cara cek token etherdelta

  • Setelah itu, anda Copy kode Contract Address nya
cara cek token etherdelta

  • Lalu anda pastekan Contract Address tersebut dengan format seperti ini https://etherdelta.com/#0xe2f45f1660dc99daf3bd06f637ab1e4debc15bde-ETH https://etherdelta.com/#CONTRACT_ADDRESS-ETH 
cara cek token etherdelta

  • Dan taraa.... sekarang anda tengok pada bagian yang saya tandai kuning. Jika saldonya sama dengan yang di wallet (6,209 SGG milik saya), maka Wallet Ethereum anda berhasil terhubung ke EtherDelta dan Token yang tertera kompatibel untuk transaksi pada EtherDelta (jika ada yang mau beli xixixi).
cara cek token etherdelta

  • Klik Deposit untuk mengisi saldo supaya Token bisa di trade di EtherDelta

Note : Tidak semua token masuk dalam list EtherDelta. Mungkin karena memang tidak ada aktivitas buy sell nya sehingga volume transaksi menjadi nol atau bisa juga regulasi dari EtherDelta yang tidak ingin menampilkan bursa untuk token tertentu.