Thursday, October 19, 2017

Membuat Kontrak di Blockchain dengan Confideal

Tindak kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya. Tetapi karena ada kesempatan yang memungkinkan pelaku untuk berbuat kriminal. Kesalahan seseorang yang melakukan kesepakatan adalah tidak adanya kontrak yang mengikat kedua pihak sebelum kesepakatan terjadi. Hal ini biasa terjadi di dunia digital, dimana seseorang bisa berinteraksi secara anonym sehingga data diri yang asli disembunyikan dari publik untu mengurangi resiko ketika setelah melakukan tindak kriminal. Tindak kriminal tidak hanya sesuatu yang berhubungan dengan fisik. Penipuan, pemerasan, suap, korupsi atau penggelapan dana, fitnah , berita hoax dan lain sebagainya merupakan suatu kriminal juga.

"Lalu, bagaimana cara meminimalisir terjadinya suatu tindak kriminal tersebut?"


Jawabannya adalah Confideal. Confideal memungkinkan seseorang untuk membuat suatu kontrak yang mengikat antara pihak yang bersangkutan dengan menggunakan teknologi blockchain (Escrow berbasis blockchain). Orang orang tidak perlu lagi belajar bahasa pemrograman untuk membuat Smart Contract di Ethereum. Confideal menyediakan solusi dimana seseorang yang awam sekalipun atau tidak tahu apapun soal Ethereum maupun programming skills bisa membuat sebuah kontrak yang aman dan transparan.

Platform Confideal bekerja seperti pembuat SmartContract secara visual yang mudah dimengerti dan mudah diunakan. Jadi ketika seorang klien menyerahkan dokumen secara detail tentang kontrak yang akan dia buat, Confideal akan menuliskannya pada SmartContract Ethereum.

"Bagaimana cara mengajukan kontrak pada Platform Confideal?"


  • Sebelum mengajukan kontrak , pengguna harus menginstall sebuah extension pada Google Chrome, yaitu Meta Mask. Meta Mask adalah sebuah jembatan antara Google Chrome dan Ethereum. Pengguna dapat menyimpan dan mengirim ETH atau Token ERC20 melalui Meta Mask Wallet. Extension ini nantinya akan dijadikan sebagai kunci akun yang digunakan sebagai tanda tangan digital untuk menggunakan Smart Contract. Untuk itu, pengguna yang memiliki akun Meta Mask diharapkan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaannya. Extensions  ini sangat disarankan karena tidak memerlukan singkronisasi node Ethereum seperti Mist dan Parity.

  • Beli salah satu dari cryptocurrency yang didukung oleh Confideal untuk bertransaksi, sperti Ethereum (ETH) dan Confideal (CDL). Untuk membelinya, pengguna bisa mengunjungi exchanger cryptocurrency seperti bittrex, bitfinex, coinbase atau exchanger favoritmu. Kedepannya, Platform akan mendukung beberapa cryptocurrency besar yang dapat digunakan untuk bertransaksi pada Ekosistem Confideal.

  • Sehubungan dengan sifat alami dari jaringan ethereum, seluruh aktivitas internal termasuk menandatangani kontrak dan mencapai kesepakatan akan berhubungan dengan transaksi. Setiap transaksi yang terjadi akan membutuhkan biaya yang mana jumlahnya berdasarkan besar atau kecilnya transaksi yang dibuat. Akhir akhir ini, Ethereum menetapkan fee sebesar 0.02 ETH untuk transaksi pembayaran mikro. Artinya, pihak pihak yang bersangkutan dalam kontrak harus menyediakan sejumlah ETH untuk digunakan sebagai fee transaksi.

  • Masuk pada aplikasi Confideal melalui Aplikasi Metamask. Tenang saja, Tim dari Confideal sudah menyiapkan kemudahan bagi penggunanya. Pengguna hanya perlu membuat kontrak baru dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan seperti nama kontrak, teks persetujuan volume pembayaran, jatuh tempo, Wallet Address rekan kontrakmu. Tidak dibutuhkan skill programming dan juga tidak perlu untuk menyewa seorang proggramer untuk membuat kontrak ini, karena interface Confideal akan tersedia dalam bentuk visual. Beberapa opsi tambahan seperti down payment dan juga fine of breach juga bisa digunakan pada saat pembuatan kontrak. Sungguh fasilitas yang luarbiasa yang bisa digunakan untuk menjalankan sebuah kontrak.

  • Tandatangani dan bayar biaya kontrak. Klien harus memasukkan semua data lalu menandatangani kontrak dengan key pada Meta Masknya, lalu rekannya juga harus menandatangani kontrak dengan Meta Mask nya juga. Sampai disini , harusnya kontrak sudah terbayar dengan cara mengirimkan sejumlah dana sesuai kesepakatan kepada Smart Contract, yang mana dana tersebut akan disimpan sampai kesepakatan terpenuhi atau mungkin kesepakatan batal.

  • Confideal secara otomatis akan meluncurkan kontrak pada Ethereum ketika semua pihak yang bersangkutan telah menandatangani kontrak. Kontrak yang dibuat akan disimpan di Ethereum Blockchain selamanya dan akan tertutup apabila :

  1. Kesepakatanya sukses, apabila peraturan dari kontrak telah terpenuhi dan juga rekan kontrak mengkonfirmasi atas barang atau jasa yang dia dapatkan, lalu menutup kesepakatan
  2. Kesepakatannya dibatalkan dan ditutup, apabila salah seorang rekan tidak bisa memenuhi peraturan yang dibuat, sehingga salah satu dari mereka bisa membatalkan kontrak.
  3. Kesepakatannya dibatalkan dan arbitrasi dimulai, apabila suatu pembatalan kontrak ada pihak yang merasa dirugikan, dia bisa mengajukan arbitrasi denga sistem.


"Apa keuntungan menggunakan Confideal?"


  • Kontrak dibuat ketika sebelum semua pihak menandatangani kontrak dan disimpan di blockchain. Jika kita membuat kontrak dengan metode tradisional, maka kita tidak tahu, apakah dokumen dari kontrak yang telah dibuat tersebut, disimpan oleh orang yang terpercaya atau tidak. Bisa saja orang yang menyimpan dokumen dari kontrak yang dibuat memiliki perilaku buruk sehingga dapat dipengaruhi dengan uang untuk merubah konten dari kontrak yang dibuat. Sedangkan di Confideal, kontrak akan disimpan di Blockchain, dimana tak ada seorang pun yang bisa merubah isi dari kontrak tersebut. Kecuali atas kesepakatan pihak yang bersangkutan.
  • Seluruh transaksi yang terjadi pada platform Confideal, menggunakan cryptocurrency seabgai alat pembayaran. Hal ini akan menghilangkan penghalang seperti kebijakan bank dan juga fluktuasi harga mata uang kartal.
  • Semua permasalahan yang tiba tiba terjadi, pengguna tidak perlu untuk pergi keluar platform untuk mencari solusi. Pihak Confideal sudah menyediakan pengacara dan mediator yang nantinya akan ditugaskan untuk menyelesaikan masalah yang dialami klien. Sedangkan biaya yang harus ditanggung untuk menyelesaikan masalah ini adalah kurang lebih 10% dari total dana kontrak.
  • Diguakannya teknologi blockchain, akan membuat platform Confideal menjadi lebih aman dan terpercaya. Confideal menggunakan Ethereum Blockchain untuk membuat Smart Contract secara manual. 

"Apa itu Confideal Token (CDL)?"

Confideal Token adalah cryptocurrency utama yang digunakan untuk bertransaksi di platform Confideal. CDL dikembangkan menggunakan teknologi Ethereum ERC20 . Total suplai untuk CDL Token sangat terbatas. Peredarannya tidak akan lebih dari 105,500,000 CDL atau mungkin bisa kurang tergantung dari distribusi pada saat ICO.



Confideal ICO

Confideal akan mengadakan ICO atau Token Sale pada tanggal 2 November 2017 - 22 November 2017. ICO akan ditutup ketika berakhir periode atau ketika seluruh CDL Token terjual habis. Maximum token yang dijual pada acara ICO adalah 100,000,000 CDL. Sedangkan harga normal untuk pembeliannya adalah 1000 CDL = 1 ETH. Batas ambang atau target minimum untuk menjalankan proyek adalah 5000 ETH. Sedangkan target maksimumnya adalah 70,000 ETH. Tim mendapat bagian 10% dari total suplai yang akan ditahan selama 6 bulan setelah ICO Selesai.

Sistem bonus ketika masa ICO adalah berdasarkan pencapaian



Roadmap Proyek


"Siapa tim di balik Confideal?"




Link


Created by : bayu7adi
Bitcointalk Profil : https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1103069
Ethereum Address : 0x77259B80B0b7EcBfb7bAaA675b9026fD3765F789