Tuesday, November 7, 2017

CyberMiles - Marketplace Masa Depan yang Terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

Mau tidak mau untuk mengikuti perkembangan zaman pada era globalisasi seperti ini, kita semua seperti wajib memiliki smartphone dan internet. Segala aktivitas kini membutuhkan sebuah Smartphone dan Internet, mulai dari bersosial media, chatting, video call bahkan seseorang juga bisa berbelanja melalui internet (jual beli online). Banyak sekali keuntungan yang didapat seseorang ketika berbelanja secara online, seperti privasi lebih terjaga ketika menawar, harga murah, tidak perlu keluar rumah, produk lengkap, produk lengkap dan lain sebagainya. Dunia persilatan dibidang toko online kini semakin ketat dengan masing-masing platform menawarkan bermacam keunggulan masing-masing.

Memperkenalkan CyberMiles

CyberMiles adalah sebuah sebuah protokol blockchain yang baru dikembangkan secara khusus dirancang dan dioptimalkan untuk kebutuhan bisnis dan marketplace yang mana bekerjasama dengan perusahaan ternama yaitu 5miles. Sedangkan 5miles sendiri adalah sebuah perusahaan besar yang telah berjalan sejak tahun 2015 di Amerika Serikat ,yang bergerak pada bidang e-commerce customer to customer (c2c). Total unduhan aplikasi 5miles di Amerika Serikat mencapai 10 juta unduhan. Dan kini posisi platform ini menepati 10 besar dalam relasi bisnis yang serupa.  Aplikasi 5miles diharapkan menjadi aplikasi komersial pertama yang menggunakan protokol blockchain CyberMiles.
CyberMiles akan menggunakan CMT (CyberMiles Token) sebagai mata uang utama yang bisa digunakan untuk bertransaksi didalam platform CyberMiles. Untuk awal nya CMT akan dirilis menggunnakan teknologi Ethereum ERC20 sebagai langkah awal, tetapi kedepannya tim dari 5miles dan CyberMiles akan mengembangkan wallet pribadi untuk menampung CMT. Wallet ini akan segera diselesaikan ketika token bertipe ERC20 telah beredar, dan pemegang token dapat menukar nya dengan perbandingan 1:1.

CyberMiles diluar 5miles

Walaupun memiliki keterkaitan, tetapi CyberMiles juga  memiliki beberapa keunggulan khusus yang tidak bergantung pada 5miles. Jaringan CyberMiles dapat bertindak sebagai penyedia jasa alih daya seputar berbagai macam layanan bisnis seperti TI, keuangan, layanan pelanggan, dan manajemen komunitas. Dibangun berdasarkan pengalaman ekstensif tim 5miles dalam mengeksekusi bisnis, tim CyberMiles telah berhasil mengidentifikasikan kategori-kategori utama dalam kontrak bisnis yang berpotensi kami otomatisasi.

Sebuah platform manajemen identitas yang terdesentralisasi

Menggunakan teknologi Smart Contract dan blockchain, data pengguna dijamin akan lebih aman dari hacker. Selain itu, pengguna juga bisa mengontrol data mereka masing-masing sesuai kriteria yang ditentukan oleh pemilik data identitas tersebut. Jaringan blockchain memungkinkan untuk mengamankan data pengguna secara terdesentralisasi dengan menggunakan Wallet pribadinya sebagai kunci untuk mengakses data masing-masing.

Rantai persediaan yang efisien

Dalam sebuah ekosistem e-commerce, penjual perlu memproduksi produk dari pemasok lalu mengirimkannya ke pembeli. Dalam prosesnya, produk berkali-kali berpindah tangan. Dalam sistem tradisional, transaksi yang terjadi di sepanjang rantai persediaan harus diselesaikan menggunakan mata uang flat, yang menimbulkan permasalahan dan biaya yang cukup besar. Namun, dalan sistem berbasis token, transaksi yang terjadi antar anggota komunitas dapat direkam secara instan dan aman menggunakan token digital. Pihak-pihak yang bersangkutan hanya perlu mengonversi kelebihan token ke dalam aset mereka dari waktu ke waktu “berdasarkan kebutuhan”, membatasi biaya transaksi.

Mengatasi masalah pemalsuan

Hal yang paling sulit untuk dihindari ketika seseorang dalam dunie e-commerce adalah banyak nya barang barang palsu/imitasi yang beredar dan tidak terkontrol. Bukan hanya itu, sebagian online shop juga menyediakan barang ilegal atau barang gelap yang mana keberadaanya tidak resmi. Hal ini tentunya akan berdampak pada perusahaan pembuat produk yang mungkin akan kehilangan kepercayaan pelanggan. Sehingga bisa berdampak pada penurunan omset dagang. Bagi operator terpusat yang ingin mengatasi masalah ini, ia harus melakukan pemeriksaan secara umum dan melacak setiap produk terdaftar untuk dijual di marketplace. Cara ini sangatlah mahal, dan mungkin tidak efektif karena pihak pemeriksa tersebut tidak memiliki keahlian untuk mengevaluasi keaslian semua produk yang mungkin ada di marketplace, bahkan dengan bantuan teknologi yang ada saat itu.
Teknologi blockchain dapat mengatasi masalah seperti ini. Salah satu ciri utama blockchain adalah kekekalan pencatatannya, membuatnya ideal untuk melacak keaslian produk-produk yang akan dijual. Penjual atau bahkan manufaktur / pemasok, dapat membuat sertifikat keaslian produk. Setelah sertifikat dikaitkan dengan ciri-ciri produk tercatat, dan informasi relevan disimpan di dalam sebuah buku besar yang terdistribusi, kepemilikannya dapat dilacak dan risiko penggelapannya dapat dikurangi secara signifikan. Ini membuat para pembeli (atau bahkan arbiter) dapat memeriksa riwayat produk di dalam sistem, sesuai dengan informasi yang dicatat dan visibilitasnya.

Escrow Otomatis

Krisis kepercayaan yang melanda jaman sekarang menjadi banyak pelaku bisnis online berpikir dua kali untuk bertransaksi. Banyak kasus penipuan terjadi karena kurangnya waspada dan hati-hati. Ciri khas utama jaringan blockchain adalah kemampuannya untuk beroperasi di dalam lingkungan yang tidak memiliki kepercayaan. Sebagai contoh, fungsi utama dari sebuah Smart Contract berbasis Ethereum adalah adanya escrow untuk menahan dan melepas aset secara otomatis ketika suatu kondisi tertentu telah terpenuhi.

Sebuah platform ICO untuk ecommerce

Dengan platform Smart Business Contract yang dioptimalkan khusus untuk e-commerce, dan layanan data umum seperti identitas pribadi dan riwayat kredit di blockchain, blockchain CyberMiles sangat sesuai untuk berbagai jenis aplikasi e-commerce. Jika sebuah aplikasi blockchain akan dibuat dengan blockchain CyberMiles, maka akan memanfaatkan CMT sebagai sarana untuk membayar pelaksanaan Smart Business Contracts dan pembayaran transaksi keuangan. Aplikasi ini juga bisa mengeluarkan tokennya sendiri dalam Initial Coin Offering.

Token CyberMiles dan ICO

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa untuk langkah awal, Token CyberMiles (CMT) akan berbasis pada Ethereum ERC20 yang mana bisa disimpan pada wallet seperti Mist, Parity, MetaMask , MyEtherWalle dan juga dapat ditransfer scara p2p dengan mudah. Token CMT memiliki beberapa kegunaan yang  cukup penting dan mendasar bagi platform. Token CMT bisa digunakan untuk memberikan penghargaan dan insentif kepada anggota komunitas agar berkontribusi dalam mengomputasikan daya dan menjaga integritas jaringan. Token ini juga akan memudahkan untuk bertransaksi didalam platform CyberMiles.
Total sebanyak 1 miliar CMT akan dirilis, tetapi hanya 700juta CMT saja yang akan dijual pada publik. Sisanya 300juta CMT akan dialokasikan untuk tim 100juta, untuk 5miles 100juta dan untuk CMT Reverse 100juta. Algoritma yang digunakan pada CMT adalah Proof Of Stake (PoS) dimana pengguna yang menyimpan token CMT akan mendapatkan imbalan sebanyak 8% setiap tahunnya. Harga token 1 ETH = 7000 CMT dan mata uang yang diterima sebagai alat pembelian adalah Ethereum. Acara ICO akan dimulai pada tanggal 21 November 2017 dan berakhir pada 5 Desember 2017 atau ketika seluruh token terjual.
Untuk informasi mengenai ICO kunjungi https://cm.5miles.com/id

Roadmap

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

Tim CyberMiles & 5miles

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

CyberMiles ICO Indonesia, marketplace masa depan yang terdesentralisasi

Link Bermanfaat