Thursday, November 23, 2017

GUTS Ticket - Jual Beli Tiket dengan Smart Ticket berbasis Blockchain

GET powered by GUTS Tickets - Pertukaran Smart Ticket terdesentralisasi

Permasalahan penjualan tiket menyebabkan beberapa masalah timbul. Penjual tiket kini tidak lagi transparan soal harga dan total tiket, sehingga kemungkinan seseorang untuk berbuat korupsi sangat tinggi. Belum lagi Calo tiket yang menimbun tiket untuk menciptakan kelangkaan, sehingga bisa menaikkan harga seenaknya sendiri. Middle man seperti calo , bisa meraup keuntungan hingga 2x lipat dari harga tiket , karena memang antusias dari penggemar yang sangat tinggi sehingga apapun dilakukan untuk menyaksikan idolanya tampil secara langsung. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya tiket palsu (fake) yang beredar sehingga merugikan penggemar atau konsumen. Hingga sekarang ini, sistem penjualan tiket seperi ini tidak ada yang merubah, dan berakibat pada hubungan antara artis dengan penggemarnya menjadi kurang baik.

Memperkenalkan Smart Ticket oleh GUTS Ticket

GUTS Tickets adalah sebuah perusahaan dalam bidang ticketing yang mengimplementasikan teknologi blockchain kedalam sistem yang berjalan. GUTS Tickets ini sudah berdiri sejak Maret 2016 yang mana hingga sekarang berhasil medapatkan beberapa penghargaan di tingkat negara Belanda bahkan tingkat Eropa. GUTS Tickets memanfaatkan teknologi Ethereum blockchain dalam setiap transaksi yang terjadi. Semua history dari pembelian dan penjualan tiket dapat di track pada buku besar (jurnal) yang berisi detail transaksi yang terjadi. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan yang sering terjadi didunia ticketing seperti korupsi, penimbunan, penjualan dengan mark up yang tinggi dan lain sebagainya. GUTS Ticket juga diyakini dapat menggantikan sistem ticketing yang penuh kecurangan dalam distribusinya dan menjadi revolusi industri ticketing yang akan berkembang di masa mendatang.

Sementara GET Protocol adalah platform yang sepenuhnya bekerja pada bidang Smart Contract yang membantu untuk membuat dan memvalidasi sebuah event dan tiket. Jadi, semua transaksi yang dilakukan oleh primary market dan secondary market dapat dimonitor dan dieksekusi oleh Smart Contract ini. Protokol ini membebankan sejumlah fee kecil untuk membuat kontrak pada platform Ethereum ini. Dengan sistem blockchain, maka bisa dipastikan sistem ticketing terbaru ini akan berani  bersaing dengan sistem ticketing tradisional untuk memastikan adopsi yang maksimal.

Fitur-fitur Menarik dari GUTS Tickets

Karena menerapkan teknologi yang berbeda daripada sistem penjualan tiket tradisional, maka GUTS Tickets akan menawarkan fitur-fitur menarik yang belum ada sebelumnya. Yaitu

Guaranteed Access (Jaminan Akses)

Ketika sebuah tiket dibeli oleh konsumen, maka pembeli dijamin 100% akan bisa menonton event atau venue yang terkait. Setiap transaksi jual beli tiket yang terjadi, otomatis sistem akan meng-generates (menghasilkan) kode spesial untuk pemegang tiket. Tidak peduli berapa kali tiket tersebut dijual, kode akan tetap valid untuk pemegang tiket yang mana akan memberikan rasa aman bagi pemegang tiket yang trauma akan beredarnya tiket palsu (fake).

No Resale Profits (Tidak ada Keuntungan Penjualan Kembali)

Semisal ada halangan ketika pemegang tiket tidak bisa hadir pada acara atau venue maka, dia berhak untuk menjual tiketnya kepada orang lain yang berminat tetapi tanpa ada keuntungan pada setiap transaksi. Hal ini tentunya akan memberi kesempatan bagi orang lain yang mempunyai waktu lebih untuk datang pada acara yang sudah ditetapkan.

Secure Through Blockchain (Keamanan Melalui Blockchain)

GUTS Tickets mengimplementasikan teknologi blockchain. Dengan terbentuknya sebuah jaringan terdesentralisasi, maka semua transaksi yang terjadi tidak akan bisa dipalsukan ketika sudah tercatat dibuku besar (jurnal). Tetapi, kepemilikan tetap dapat ditransfer (dipindahtangankan) secara transparan dan terpublikasikan. Hal inilah yang membedakan dengan sistem centralized (sistem tradisional) yang mana tak ada transparansi dalam setiap transaksi yang terjadi.

Accurate Data (Data Akurasi)

GUTS Tickets mengetahui seluk beluk data penggunanya mulai dari kehadiran pemegang tiket hingga cara orang tersebut mendapatkan tiket. Data-data seperti ini, tentunya bisa digunakan dan dianalisis oleh tim untuk kepentingan marketing jangka panjang. Sistem marketing seperti ini akan memperoleh konsumen yang tepat sasaran dengan strategi marketing yang pas.

No Expensive Hardware (Tidak Memerlukan Peralatan Mahal)

Semua kegiatan jual beli , distribusi dan transaksi tiket tidak akan menggunakan barang-barang mahal seperti scanner dan lain lain. Pengguna hanya cukup menyediakan Smart Phone untuk bisa bertransaksi dengan orang lain. Semua orang bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja dengan mudah hanya dalam satu genggaman.

Guaranteed Entrance Token (GET) & Tahap ICO

GET adalah sebuah token yang dibangun pada Ethereum ERC20 yang mana tujuan dari pembuatan token ini adalah untuk menjadi solusi bagi permasalahan dalam dunia ticketing yang dijelaskan diatas. Utilitas dari GET adalah mata uang wajib untuk membuat Smart Tickets.

Sebanyak 90juta GET yang dibuat, akan didistribusikan untuk ICO sebanyak 41% (36,900,000 GET) , lalu untuk dana stabilitas dialokasikan sebesar 30%, untuk keperluan pertumbuhan pengguna dialokasikan sebanyak 14%, tim dan investor sebanyak 13% dan sisanya 2% akan digunakan untuk keperluan marketing dan bonus. ICO (Initial Coin Offering) adalah sebuah event atau periode untuk penjualan sebuah Koin atau Token baru. Investor dapat membeli GET Token pada tanggal 15 November 2017 – 13 Desember 2017. Target minimum untuk memulai project ini adalah 2.3juta EURO sedangkan hasil maksimal yang bisa didapatkan adalah 15juta EURO. Harga token adalah berdasarkan Tier yang ditentukan yaitu berkisar antara 0.42 EUR – 0.49 EUR. Kunjungi https://guts.tickets/ico untuk ikut berpartisipasi dalam ICO.

Link Bermanfaat


Note : Please reader to read Disclaimer first. I am not part of the team or developer of this project. If you want to ask, please go directly to their website or social contact


Created by : bayu7adi