Tuesday, November 21, 2017

Starbase - Membangun Kepercayaan Antara Start Up dan Investor

Starbase ICO Indonesia, Platform untuk membangun kepercayaan antara investor dan start up yang membuat layanan atau produk baru

Kesulitan para developer dengan start up yang mereka bawa adalah susahnya mencari tim dan pendanaan untuk membangun sebuah platform. Keterbatasan kondisi geografi mempersulit developer untuk merekrut tim profesional yang ada ditempat lain. Sedangkan belum adanya liquiditas platform baru, menyebabkan kepercayaan investor menjadi kurang karena banyaknya kasus penipuan yang terjadi di internet. Semua orang menginginkan solusi terbaik untuk memudahkan sebuah project untuk launching dan investor, designer, marketer juga ingin dimudahkan untuk terhubung dengan project yang kreatif tersebut. Sejauh ini belum ada solusi yang tepat bagi masalah ini, sehingga banyak sekali kesempatan dan peluang bagi investor dan start up baru terlewat begitu saja.

Memperkenalkan Starbase

Starbase adalah sebuah platform terdesentralisasi yang menghubungkan antara investor, designer, marketer, dan pendukung-pendukung suatu project dengan start up yang membuat sebuah layanan baru atau produk baru. Starbase menyediakan sebuah layanan crowdfunding (penggalangan dana) dan crowdsourcing (perekrutan tim) yang mana akan memberikan insentif dalam jangka panjang. Starbase juga menyediakan layanan untuk pembuatan token yang akan digunakan untuk penggalangan dana dengan mekanisme token sale atau ICO. Fokus utama Starbase sebagai penyedia layanan pembuatan token adalah menggunakan platform Ethereum ERC20 yang tentu saja berbasis blockchain.

Blockchain adalah sebuah jurnal atau buku besar yang berisi daftar transaksi suatu cryptocurrency. Semua catatan transaksi akan secara jelas bisa dilihat oleh publik, termasuk pengirim, penerima, waktu pengiriman dan jumlah yang dikirim. Dengan begitu, blockchain akan benar-benar bersifat transparan dan tidak bisa dipalsukan atau dikorupsi. Karena sejatinya, transaksi yang sudah dicatat oleh buku besar atau jurnal tidak akan bisa dirubah dan dihapus dan akan berada pada buku besar selamanya.

Jadi, Starbase dapat berperan sebagai platform yang mendukung penggalangan dana untuk start up baru dan tentunya menggunakan blockchain. Keunggulan Starbase dibandingkan dengan platform lainnya adalah starbase tidak hanya memberikan solusi untuk penggalangan dana secara global, simpel dan cepat, tetapi juga membantu mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dalam penggalangan dana dengan menghubungkan developer dan investor. Kemudahan ini diyakini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dari developer dan tim dari startup untuk dapat fokus dalam pengembangan produk atau layanan baru yang akan dirancang. Dengan begitu, tingkat keberhasilan project akan naik karena sikap positif yang didukung oleh tim dan developer.

Selain itu, Starbase juga mendukung fitur rating. Rating ini diberikan oleh partner dari platform Starbase yang mana rating tersebut bisa digunakan sebagai acuan dan patokan untuk investor tentang reputasi dari tim dan developer suatu project. Apabila rating yang dimiliki oleh tim dan developer suatu project rendah, maka ketika investor dan teman-temannya ingin mendukung project tersebut, akan muncul notifikasi yang memberitahukan seperti ini : “This core team project doesn’t have good rating” (“Tim inti dari project ini tidak memiliki rating yang bagus”). Hal seperti ini akan mengurangi resiko dari investor atau pendukung lainnya agar mendapatkan pilihan yang tepat.

Untuk mengadakan Crowdsale (penggalangan dana) sebuah start up harus lulus uji kelayakan dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Selama proses uji kelayakan masih berlangsung, sebuah start up belum bisa memulai aksi untuk melakukan penggalangan dana. Starbase company akan menentukan, apakah start up tersebut layak untuk mengadakan event crowdsale yang artinya Accepted (diterima) dan jika tidak layak maka akan ada notifikasi Rejected (ditolak). Hal penting lainnya yang harus diperhatikan oleh Start up dan Core Team (Tim inti) adalah harus menggunakan escrow untuk event crowdsale, karena escrow akan menambah kepercayaan investor untuk dapat mengirimkan dana mereka untuk berpartisipasi sebagai pendukung.

Starbase Token dan Token Sale

Starbase ICO Indonesia, Platform untuk membangun kepercayaan antara investor dan start up yang membuat layanan atau produk baru

Starbase Token atau bisa disebut dengan STAR adalah sebuah token yang dibuat oleh platform Starbase yang digunakan untuk keperluan crowdsale (penggalangan dana) dan memiliki beberapa utility yang unik, yaitu untuk Pay (membayar), Stake (saham), Vote dan Earn (mendapatkan uang). STAR merupakan token berbasis Ethereum ERC20 yang mana bisa disimpan pada wallet yang support modul ERC20 seperti Mist, Parity, MetaMask dan MyEtherWallet.

Starbase sendiri akan mengeluarkan sebanyak 1 miliar (1,000,000,000 STAR) sebanyak 750juta STAR akan dikunci oleh platform Starbase menggunakan Smart Contract dan akan dijual setiap tahunnya dengan porsi maksimal 100juta STAR per tahun. Lalu yang dijual pada tahun ini adalah sebanyak 12,5% dari total token yaitu sebanyak 125,000,000 STAR. Untuk mendukung liquiditas dari token STAR ini, maka STAR akan memasuki pasar besar seperti Poloniex.

Starbase Token Sale akan berakhir pada tanggal 25 November 2017. Project dari Jepang ini hanya menerima BTC dan ETH sebagai alat pembayaran. Token yang dijual sebanyak 125,000,000 STAR. Untuk berpartisipasi dalam ICO atau Token Sale yang diadakan oleh Starbase, kamu harus mendaftar terlebih dahulu melalui https://crowdsale.starbase.co/ , setelah itu ikuti proses yang ada.

Bagi anda yang tertarik dengan project dari Starbase, silahkan kunjungi kontak sosial dibawah ini untuk mendapatkan jawaban yang valid dari developer atau tim dari Starbase langsung.


Note : Iam not the part of team or developer. If you want to know more about this project, lets jump over the social contacts!