Tuesday, December 5, 2017

Keuntungan Game Machine untuk Ekosistem

Keuntungan Game Machine untuk Ekosistem

Game sekarang bukan hanya sebagai penghilang rasa jenuh bagi orang yang lelah, namun sebagian orang kini telah menjadikan game sebagai hobby yang bisa menghasilkan uang, Orang-orang yang handal, cerdik dan pandai dalam bermain suatu game, kebanyakan mendapatkan peluang untuk mengikuti turnamen turnamen dan menjadi sasaran para sponsor. Dan tentu saja, dalam semua sirkulasi gamer , industri gamer dan pihak pengiklan selalu ada rotasi uang yang terjadi yang kemungkinan hasilnya terus meningkat seiring perkembangan teknologi.

Game Machine adalah sebuah platform yang menyatukan seluruh elemen pada game menjadi suatu ekosistem global yang terbuka. Didalam ekosistem, terdapat tiga pelaku utama untuk memutar roda keuangan, yaitu gamer, pengembang game  dan pengiklan. Game Machine menggunakan teknologi blockchain dalam pengroprasiannya. Blockchain menjamin sebuah transaksi akan berjalan aman dan transparan (bisa diakses dan ditelusuri secara publik). Keutamaan dalam pengimplementasian teknologi blockchain adalah meminimalsisir adanya ketidakadilan dalam setia transaksi yang terjadi seperti transaksi tradisional yang menggunakan pihak ketiga baru baru ini.

Selain keunggulan diatas, Game Machine juga memberikan berbagai keuntungan bagi ekosistem didalam platform. Semua pihak didalam platform Game Machine seperti melakukan simbiosis mutualisme yang mana bisa bekerja sama dan saling menguntungkan terutama dalam bidang game.

Untuk Gamer

Gamers adalah pelaku utama dalam ekosistem Game Machine. Sekarang, banyak masalah yang dihadapi oleh Gamers yang mana sedang dalam pengerjaan oleh Game Machine, salah satunya melalui Game Machine Client. Dengan Game Machine Client, seorang gamers bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti membeli item didalam game menggunakan mata uang Gamefuel, mengakses berbagai layanan menggunakan Gamefuel dan Smart Contract, peforma dan motivasi untuk mendapatkan hadiah atas pencapaian, ikut serta dalam penggalangan dana sebuah project, kemudahan dan keamanan dalam pembelian item intergame.
Jadi Gamers akan memungkinkan untuk mendapatkan item – item didalam game melalui cara yang berbeda, seperti membeli langsung ke developer atau membeli langsung ke player lain. Sebagai contoh pengalaman saya bermain RF Online Indonesia dan DOTA 2, dari kedua game ini pihak developer mengijinkan player untuk bertransaksi menggunakan uang real yang biasa disebut RMT (Real Money Trading). Item yang umunya ditawarkan dalam RF Online adalah senjata dengan kekuatan terbaik dan armor serta accesoris, sedangkan dalam DOTA 2 biasanya player melakukan jual beli skin ataupun arcana. Tetapi resiko tetap berada ditangan player , yang mana telah banyak kasus penipuan dalam transaksi. Nah untuk mencegah terjadinya penipuan, sesama player yang ingin bertransaksi bisa menggunakan Game Machine Client yang mana bisa bekerja seperti Escrow  dan juga mneggunakan Gamefuel (GMIT) sebagai alat transaks sehingga segala pertukaran akan lebih aman dan terpercaya.

Untuk Pengiklan

Pengiklan dapat menggunakan Gamefuel untuk menlakukan promosi. Dengan fitur dari Game Machine Ads maka setiap gamer yang handal akan mendapatkan kesempatan besar untuk menggaet sponsor yang mana akan menambah penghasilan mereka. Dalam konteks ini, pihak Penerbit Iklan harus membuat sebuah kampanye serta menentukan pool hadiah untuk gamer juga menentukan parameter parameter persyaratan untuk mengikuti kampanye yang telah dibuat. Semua hadiah akan dibayarkan secara transparan yang mana akan dipublikasikan melalui teknologi blockchain dan Smart Contract.
Beberapa contoh campaign yang bisa diikuti gamers adalah video viewing, transisi website, penginstallan aplikasi atau program, pencapaian didalam game seperti leaderboard atau rangking dan misi misi yang disediakan didalam game. Serta beberapa iklan yang dapat di deklarasikan menggunakan API. Dalam kampanye periklanan, nilai minimal transaksi adalah sebesar 1000 Gamefuel dan komisi untuk platform memakan biaya sebesar 2% - 5% dari jumlah transaksi.

Untuk Developer Game

Pada sektor developer atau pengembangan game, dibagi menjadi 2 sektor besar, yang pertama untuk perusahaan besar dan yang kedua untuk perushaan kecil atau yang masih baru.
Bagi perusahaan besar yang sudah maju, mereka dapat memiliki peluang untuk memonetisasi traffic yang mana sebelumnya mereka merasa kesulitan dalam memonetisasinya. Hal ini akan mendatangkan pendapatan kapital yang baru serta mengurangi biaya untuk marketing dan berinteraksi dengan audiens.
Perusahaan baru yang masih merintis bisa menggunakan fitur Rise Machine yang mana digunakan untuk acara crowd funding (penggalangan dana) yang mana akan mendatangkan pendapatan dari audiens yang merasa teratarik.

Kesimpulan


Dari beberapa keuntungan yang didapatkan bagi semua ekosistem, maak bisa dipastikan platform Game Machine akan memberikan pengalaman baru pada sektor Industri Game. Semua transaksi juga akan terjamin aman dengan implementasi dari teknologi blockchain dan Smart Contract. Sedangkan Gamefuel adalah sebuah mata uang cryptocurrency yang akan menjadi mata uang resmi pada platform Game Machine untuk segala transaksi di dalam ekosistem.

Game Machine ICO Links



Created by bayu7adi