Wednesday, December 27, 2017

Tips Membeli Coin ICO (Initial Coin Offering) yang Baik

Tips Membeli Coin ICO (Initial Coin Offering) yang Baik

Tips Membeli Coin ICO (Initial Coin Offering) yang Baik.
Well, saya malas banget bahas jaman ini lagi ya gaes. Kita sudah tau, dimana sekarang ini adalah jamannya internet, hape android, laptop canggih dan serba elektronik. Sekarang ini, internet tidak hanya digunakan untuk bersosial media saja, melainkan bisa digunakan untuk pebisnis, investor, penjual karpet, pengusaha rosok, pengepul kabel bahkan tukang cilok sekarang bisa menghasilkan uang (lebih tepatnya nyangkul uang) lewat internet. Mereka semua, menggunakan internet berdasarkan kebutuhan masing masing. Sebenarnya kita sudah dimudahkan dengan adanya internet, dimana semua orang bisa lebih mudah terhubung melalui jaringan tanpa kabel.

Bitcoin dan Cryptocurrency

Orang-orang awam, pasti lebih mengenal Bitcoin daripada Cryptocurrency. Kenapa? Karena nama Bitcoin begitu terkenal dimasyarakat karena harganya yang sangat ekstrim. Bitcoin dirilis dengan harga 1 USD pada tahun 2009 dan sekarang pada penghujung tahun 2017 harga Bitcoin mencapai 15000 USD atau sekitar Rp 240,000,000,-. Beruntunglah bagi kalian yang rela menahan makan bakso semangkok untuk membeli BTC kemudia membuka kembali wallet kalian sekarang. Blockchain adalah sebuah teknologi yang diimplementasikan pada Bitcoin guna mencatat seluruh transa
ksi yang terjadi pada secara detail dan menyimpan data records tersebut selamanya tanpa ada pihak yang bisa mengubahnya.

Sedangkan Cryptocyurrency adalah semua mata uang digital yang memiliki harga dan memiliki exchanger (bursa cryptocurrency). Jadi, cryptocurrency adalah sebuah mata uang virtual dimana seseorang bisa menukarnya dengan mata uang lain pada cryptocurrency exchanger dengan harga yang berubah-ubah sesuai permintaan pasar dan total supplai. Sesuai dengan hukum ekonomi, jika permintaan barang tinggi dan persediaan barang terbatas, maka harga akan cepat naik. Sedangkan jika permintaan barang rendah dan persediaan barang masih banyak, maka harga akan cenderung turun.  

ICO (Initial Coin Offering)

ICO atau Initial Coin Offering adalah sebuah event atau sebuah undangan kepada publik untuk membeli token jenis baru yang mana token baru ini akan memiliki utilitas tersendiri berdasarkan layanan yang disediakan oleh platform terkait. Acara ICO menjadi terkenal ketika tahun 2017, dimana banyak sekali project projectt berkelas yang mengadakan acara ICO guna menggalang dana sebagai modal mendirikan sebuah platform. 

Dengan banyaknya ICO yang terjadi sepanjang tahun 2017 ini, semakin banyak pula koin koin baru bertebaran di exchanger. Tetapi, tidak semua ICO berhasil dilaksanakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah ICO itu berhasil atau gagal. Seperti persiapan yang kurang, project yang tidak menarik dan bermanfaat, atau mungkin bisa juga dana untuk marketing yang kurang. Juga berhati-hatilah dengan ICO yang scam, saya sarankan anda untuk memahami project yang mengadakan ICO tersebut agar bisa meyakinkan keputusan. Karena ada juga project yang megnadakan ICO , lalu setelah dana terkumpul mereka membawa kabur uang para investor crptocurrency.

Beberapa contoh ICO yang Scam yang pernah saya alami : ETHBooks, UAHPay , dan mungkin yang lainnya nyusul. 

Pertimbangan Membeli Koin ICO

Baca WhitePaper

Jangan pernah malas untuk membaca whitepaper. Karena, whitepaper adalah berisi detail-detail seputar model bisnis, roadmap, visi misi, tujuan, perkiraan, rencana, tim dan lain lain. Memahami iis dari whitepaper, akan memberitahu kepada kita, bahwa project tersebut sampai sejauh mana sekarang ini, dan kita juga bisa mengetahui prospek kedepannya sesuai dasar-dasar whitepaper.

Tim

Pernah mendengar nama Bill Gates? Dia adalah CEO dari Microsoft yang pernah menyandang gelar sebagai orang terkaya didunia. Bayangkan saja apabila Bill Gates membuat sebuah project, maka apa yang akan terjadi? Ya, semua investor akan berlomba-lomba berinvestasi pada project yang sedang di rancang atau direncanakan oleh Bill Gates. Investor percaya, bahwa pengalaman kerja serta latar belakang pendidikan yang tinggi akan dengan mudah mengantarkan projectnya menjadi sukses besar.
Begitu juga dengan tim project ICO, perlu beberapa pertimbangan seperti pengalaman bekerja dan latar belakang pendidikan. Universitas seperti Harvard merupakan universitas terbaik bagi para pebisnis, maka dari itu, tim dari harvard biasanya akan membuat sebuah project yang lebih kreatif dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat.

Roadmap

Roadmap itu seperti peta jalan suatu project. Kita bisa mengetahui peta jalan mereka mulai dari pembuatan aplikasi versi beta , masuknya koin ke exchanger, launching platform, dan lain lain. Sebuah roadmap yang sistematis, memungkinkan seorang investor lebih percaya , karena terlihat logis. Kebanyakan tujuan dari orang yang membeli koin ICO adalah menanti-nanti koinnya untuk masuk ke exchanger dan menukar koin mereka dengan koin lain seperti Ethereum dan Bitcoin.

Koin

Koin yang dijual dalam acara ICO biasanya memiliki harga dasar. Yang perlu diperhatikan adalah, berapa jumlah total suplai koin, harga ICO koin, cakupan negara project tersebut, dan diskon yang diberikan. Normalnya, total suplai untuk project yang beroperasi untuk satu negara, cukup dengan capital 1juta - 2juta USD. Jadi misalkan total suplai token tersebut adalah 100juta koin, maka harga normal untuk ICO yang bisa masuk akal adalah 0.1 - 0.15 USD, dengan perkiraan hanya sekitar 30% alokasi untuk ICO.

Jenis Projectnya

Tahun 2017 ini muncul banyak sekali project project baru. Dari sektor jual beli, perbankan, edukasi, broker bahkan hingga kredit. Tetapi hanya beberapa project saja yang sukses dalam mengadakan ICO. Bisnis perbankan dan kartu debit selalu menuai pro dan kontra, karena sistem perbankan yang menerapkan konsep riba. Tetapi, bisnis ini selalu berhasil, dan project pada sektor finansial terutama kartu, juga begitu diminati oleh investor. 

Kesimpulan

Investasi menurut saya adalah sebuah langkah menanam modal untuk jangka panjang. Saya ambil contoh , saya ingin berbisnis menjual rujak. Maka untuk membeli sebuah pisau untuk memotong rujak, itu merupakan sebuah investasi. Memang jika dijual harganya turun, tetapi jika digunakan akan membuat pendapatan terus datang. Disini saya bukanlah pakar ekonomi, tapi saya hanya menyuguhkan beberapa pertimbangan logis bagi anda yang berminat untuk membeli koin ICO.

Terimakasih