Friday, January 19, 2018

Beberapa Prediksi Pengganti Bitcoin Masa Depan

Beberapa Prediksi Pengganti Bitcoin Masa Depan

Bitcoin yang sedang naik daun karena memiliki nilai tukar yang terus menerus meningkat dari waktu ke waktu. Lantas bagaimana ke depannya masa depan Bitcoin si cryptocurrency ini? Adakah pengganti bitcoin masa depan? Menurut  James Altucher yang merupakan seorang investor teknologi, juga fund manager, serta venture capitalist telah menuliskan beberapa perdiksinya mengenai mata uang digital. Jadi menurutnya, 98% mata uang digital yang ada di dunia ini masuk ke dalam kategori penipuan dan tidak direkomendasikan, hanya saja Bitcoin dan beberapa mata uang digital lainnya adalah pengecualian.

Menurutnya, Bitcoin dan sejumlah mata uang digital lainnya kelak akan menjadi pengganti uang kertas yang biasa digunakan sebagai alat tukar. Sebab mata uang digital ini bisa memperbaiki berbagai masalah dan kekurangan dalam mata uang kertas, hal ini sesuai dengan kejadian yang selalu berulang dalam sejarah, dimana mata uang baru akan menggantikan mata uang yang lama, dalam hal ini adalah uang kertas. Contoh sejarahnya adalah emas yang telah menggantikan sistem barter, dan kemudian uang kertas menggantikan emas. Begitu pula Bitcoin, kelak akan menjadi pengganti uang kertas.

Hanya saja, seiring dengan suksesnya Bitcoin sebagai mata uang digital, sekarang bermunculan berbagai mata uang baru. Lalu apa saja mata uang digital baru yang dinilai bisa menjadi pengganti Bitcoin masa depan?

Litecoin 

Seringnya disingkat dengan LTC, adalah salah satu cryptocurrency yang populeritasnya di bawah Bitcoin dengan teknologi peer-to-peer yang terdesentralisasi , bersifat opern source dan jaringan pembayaran globalnya terdesentralisasi tanpa memerlukan pemerintah pusat. Litecoin ini juga memiliki waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat dan efisien dibandingkan mata uang digital lain. Harga dari 1 Litecoin saat ini mencapai Rp. 41.000 atau setara dengan 0,0126 BTC. Sama halnya dengan Bitcoin, harga dari litecoin juga sangat fluaktif dan bisa memberikan peluang bagus untuk dapatkan keuntungan dengan trading Litecoin.

Ripple 

Mata uang digital yang satu ini diciptakan oleh perusahaan Ripple Labs 2012 silam, dengan adopsi teknologi blockchain-nya Bitcoin. Hanya saja Ripple diciptakan dengan tujuan yang berbeda dibandingkan dengan Bitcoin, jadi tidak cuma untuk menyimpan kekayaan, tapi juga untuk melengkapi penggunaan mata uang digital lain dan bisa jadi pengganti Bitcoin masa depan. Ripple memiliki tipe blockchain yang berfokus pada kecepatan transaksi. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan para investor yang sering mengirim dana dari exchanger satu ke exchanger lain seiring dengan kadaluarsanya teknologi blockchain milik Bitcoin


Dogecoin 

Mata uang digital yang satu ini dibuat dari iseng belaka, tapi siapa sangka nilai pasarnya sudah mencapai US$ 1 miliar, bahkan lebih. Nilai pasar Dogecoin sampai hari ini sampai Rp 15,79 triliun. Dogecoin yang menggunakan sebuah meme anjing ini salah satu contoh Altcoin, tak lain adalah token digital peer-to-peer yang asalnya dari Bitcoin juga. Salah satu kelebihan Dogecoin adalah, nilainya yang kecil sehingga dalam melakukan transfer dana, fee yang dikenakan kepada pengirim relatif kecil. Pada rate sekarang ini, harga Dogecoin adalah Rp 60 per koinnya. Dan biasanya hanya dikenakan fee transaksi sekitar 2 Dogecoin saja atau Rp 120 untuk sekali transaksi.