Saturday, January 13, 2018

Sejarah Bitcoin di Indonesia dan Perkembangannya Saat ini

Sejarah Bitcoin di Indonesia dan Perkembangannya Saat ini

Belakangan ini Bitcoin di Indonesia semakin terkenal bahkan sejarah bitcoin di Indonesia juga jadi salah satu kata kunci yang dicari-cari. Sejalan dengan popularitasnya yang luar biasa di seluruh dunia, maka hal itu juga harganya pun mengalami kenaikan yang sangat fantastis. Mata uang digital itu pada saat pertama kali diluncurkan di tahun 2010 silam, bitcoin ini hanya laku dengan harga di bawa 1 sen lho! Harganya sekarang luar biasa, bahkan mata uang digital tersebut juga pernah mencapai rekor harga yang mencapai USD 4,500 per satuannya lho!

Lantas bagaimana sejarahnya Bitcoin bisa diperkenalkan di Indonesia dan mampu berkembang sampai menjadi salah satu alternatif alat pembayaran online yang sangat ramai untuk dibincangkan? Bitcoin datang ke Indonesia dan dipopulerkan oleh Bitcoin Indonesia. Bisa dikatakan jika mereka adalah pelopor dari beredarnya jenis mata uang virtual ini di tanah air. Supaya Bitcoin ini bisa beredar luas di seluruh negeri, maka diperlukan exchanger atau bursa penukaran yang akan melayani proses jual belinya. Nah, untuk Indonesia, maka Bitcoin Indonesia adalah salah satu sentra penukaran pertama yang jadi pelopor untuk beredarnya mata uang virtual terpopuler tersebut di Indonesia.

Sebagai informai, perusahaan Bitcoin Indonesia ini didirikan pada bulan Desember 2013. Hanya saja, sebelum menjadi sebuah perusahaan untuk sentra penukaran aset digital, ternyata ketiga pendirinya yaitu Oscar Darwaman, Ricky Andrian dan juga William Sutanto, lebih dahulu merintis komunitas peminat Bitcoin di Indonesia melalui website bitcoin.co.id.

Ternyata selang satu tahun kemudian, akhirnya Bitcoin Indonesia mampu berkembang pesat dan menjadi bursa penukaran Bitcoin dengan memiliki jumlah anggota yang sangat banyak dan mencapai 50,000 member dengan rata-rata volume transaksi harian yang mencapai angka Rp. 500,000,000. Oleh karena itu, maka pencapaian tersebut juga tekah sekaligus menjadikan Bitcoin Indonesia menjadi salah satu bursa penukaran Bitcoin terbesar se-Asia Tenggara. Membanggakan.

Sejarah Bitcoin di Indonesia pun semakin dicari saat permintaan masyarakat mengenai Bitcoin semakin meningkat, bahkan dari hari ke hari semakin bertambah sentra-sentra penukaran alternatif lainnya selain Bitcoin Indonesia, beberapa kompetitornya antara lain adalah Triv dan Luno.

Sejarah Bitcoin di Indonesia dan Perkembangannya Dewasa ini

Karena antusiasme masyarakat terhadap Bitcoin di negeri kita ini mempunyai pasang-surutnya masing-masing, maka kita tak bisa melihatnya dalam satu pandangan yang sama setiap tahun. Contohnya saja pada awal kemunculannya, peminat mata uang virtual yang satu ini sebagian besarnya cuma terbatas pada mereka yang menjadi pentolan komunitas forum online saja, dan forum online tersebut adalah forum yang terdiri dari beberapa anggota yang akan membagikan berbagai macam pengalaman yang mereka miliki mengenai manfaat dari Bitcoin serta perkembangannya. Itulah yang menjadi awal mula kenapa forum bitcoin.co.id mampu berkembang dengan sangat pesat dan juga mampu menjadi sentra penukaran Bitcoin Indonesia.


Lantas kenapa Bitcoin menjadi sangat populer? Itu karena Bitcoin menawarkan kemudahan pembayaran yang tanpa mengenal jarak sama sekali. Jadi, dimanapun si pengguna Bitcoin itu sedang berada, maka mereka juga dapat dengan mudah sekali untuk melakukan pembayaran dengan praktis, yakni dengan memanfaatkan jaringan blockchain. Blockchain juga memiliki sistem keamanan yang sulit sekali untuk diretas, sehingga keamanan transaksi pun bisa terjaga dengan baik. Itulah informasi singkat mengenai sejarah Bitcoin di Indonesia, semoga bermanfaat.