Tuesday, March 6, 2018

Buat Semua Makanan Tercatat di Blockchain dengan CIBUS


CIBUS adalah sebuah platform terdesentralisasi yang berbasis blockchain, yang memungkinkan konsumen untuk memverifikasi kualitas dan isi dari makanan yang dia konsumsi.

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali makanan dan suplemen yang beredar di pasaran yang menawarkan khasiat atau kegunaan yang bermacam macam. Tetapi, konsumen tidak pernah mendapatkan informasi yang jelas seputar produk yang di konsumsi. Konsumen hanya bisa mengandalkan data dari badan pengawas yang terhubung dengan pemerintah. Makanan palsu, masih sering ditemukan di swalayan. Di Indonesia sendiri pernah terjadi kasus penjual beras yang berbahan dasar dari plastik. Terlalu banyak nya perantara dari serangkaian proses jual beli, menyebabkan harga yang ada dipasaran meningkat secara drastis.

Memperkenalkan CIBUS

CIBUS adalah sebuah platform terdesentralisasi yang berbasis blockchain, yang memungkinkan konsumen untuk memverifikasi kualitas dan isi dari makanan yang dia konsumsi. Hal ini akan mempermudah seorang konsumen dalam meninjau detail  dari makanan yang ia konsumsi dengan data yang valid. Otoritas pemerintah, dianggap gagal dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat nya, sehingga perlu dukungan dari seseorang yang kreatif dalam menerapkan sistem peredaran bahan makanan sehat dan suplemen secara transparan. Dengan pertimbangan ini, seorang konsumen akan bisa menentukan pilihan pada makanan yang sesuai dengan ekspetasi masing masing tanpa harus khawatir terhadap penipuan.
CIBUS akan membentuk sebuah marketplace, yang mana seorang produsen makanan akan secara langsung bertransaksi dengan konsumen. Ekosistem antara pihak pihak ini, akan dibantu dengan teknologi blockchain seperti Smart Contract untuk menyelesaikan transaksi yang terjadi. Kemudahan penggunaan serta sifat transparan dari teknologi blockchain, akan memudahkan penjual dan pembeli untuk saling mempercayai. Tidak ada penipuan yang akan terjadi di CIBUS, semua data akan bisa diakses secara publik.

Teknologi Blockchain
Blockchain adalah sebuah teknologi terbaru di dunia internet yang memungkinkan sebuah data atau beberapa data bisa disimpan dalam buku besar yang terdistribusi. Data yang tersimpan pada blockchain, merupakan data valid dan tidak akan bisa dirubah oleh siapapun , sehingga data tersebut bersifat immutable. Blockchain juga bisa mennyimpan data untuk selamanya, agar sejarah data yang ada tidak pernah dilupakan oleh penggunanya. Transparansi adalah sifat utama yang dimiliki oleh teknologi blockchain. Semua orang bisa memantau secara langsung detail data yang tersimpan pada blockchain. Ini lah mengapa CIBUS sangat terbantu dengan teknologi blockchain.

Model Bisnis dari CIBUS

Platform CIBUS tetap akan mendapatkan beberapa pendapatan dari model bisnis yang akan diterapkan. Layanan yang akan tersedia di CIBUS, bisa dimanfaatkan dengan menggunakan token official dari CIBUS (nanti akan saya jelaskan di akhir artikel). Model Bisnis CIBUS akan dibagi menjadi beberapa kelompok , berikut adalah detail nya.

CIBUS Trace

CIBUS akan memungkinkan makanan yang beredar bisa di trace oleh konsumen secara langsung. Konsumen tentunya akan mengetahui informasi secara lengkap mengenaik makanan yang akan di beli. Dengan fitur ini, seorang konsumen akan memiliki pertimbangan tersendiri dalam memutuskan pilihannya. Karena setiap konsumen pasti memiliki selera yang berbeda beda mengenai isi dari makanan yang ingin dia makan. Ini juga dapat digunakan untuk memastikan keamanan dan kualitas sebuah makanan.

CIBUS Sosial

CIBUS Sosial memungkinakn semua elemen yang ada didalam ekosistem saling bekerja sama untuk berkarya. Mereka bisa saling berdiskusi dan saling berbagi pengalaman atau mungkin resep makanan sehat. Voting dan polling memungkinkan para anggota untuk mengutarakan opini mereka dalam satu topic yang populer. Semua data yang di upload, akan ter enkripsi, untuk menjaga keamanan. Dan semua pengguna juga bisa berbagi pengalaman secara anonim. Dengan adanya CIBUS Social, semua pengguna berhak memberikan review yang bisa menjadi pertimbangan pengguna lain.

CIBUS Retail

Dengan CIBUS Retail, semua orang akan bisa melakukan transaksi pada marketplace yang tersedia dengan rasa saling percaya antar pengguna dan transparan. Dengan integrasi kolom review dari pengguna lain, akan dijadikan pertimbangan dalam bertransaksi terhadap penjual atau pembeli yang sama. CIBUS juga menyediakan layanan escrow bagi pengguna yang merasa kurang kepercayaan terhadap pengguna lainnya untuk melakukan transaksi dengan adil, aman dan transparan.

CIBUS Trade

CIBUS Trade adalah platform bisnis to bisnis dalam bidang makanan sehat. Perusahaan  dan perusahaan bisa saling berbagi dan berbisnis untuk bekerjasama. CIBUS juga bisa membantu transaksi yang terjadi akan lebih aman dan nyaman.

CIBUS AD

Dengan menyediakan data profil kepada para produsen dan perusahaan ,CIBUS akan memiliki target konsumen sesuai dengan minat masing masing. Dengan begitu, sistem iklan yang ada di CIBUS akan lebih efektif dan menjamin target audiens yang lebih cocok dengan produk terkait. CIBUS Ad juga menhilangkan pihak ketiga dalam kontrak periklanan, sehingga para produsen dan perusahaan akan langsung diarahkan pada para konsumen. Penjual juga bisa membuat konten iklan berdasarkan geo location yang mereka kehendaki. Dengan maksud adalah mencari konsumen dengan jarak terdekat dari penjual.

CIBUS Escrow

CIBUS Escrow adalah layanan untuk menjadi penengah dalam sebuah transaksi. Selama konsumen membutuhkan kepercayaan untuk bertransaksi, maka CIBUS Escrow akan bisa di jalankan dengan membayar sejumlah fee. Dengan menghubungkan penjual dan pembeli melalui CIBUS Escrow, tentunya transaksi akan lebih aman dan adil.

CIBUS Token dan Informasi Token Sale

CIBUS akan mengeluarkan token official yang akan digunakan sebagai payment gateway internal pada platform CIBUS. Pengguna akan membutuhkan CIBUS Token untuk membeli layanan atau produk yang tersedia pada platform CIBUS. Untuk mendapatkan CIBUS Token ini, anda bisa mengikuti acara token sale yang diadakan oleh tim dan developer secara langsung.
Token Sale adalah sebuah event penggalangan dana yang dilakukan oleh tim dan developer dari platform terkait untuk keperluan pengumpulan modal. CIBUS Token Sale bertujuan untuk mencari dukungan dari komunitas cryptocurrency dalam membentuk dan menumbuhkan platform CIBUS.
Informasi CIBUS Token Sale yang bisa anda catat apabila ingin berkontribusi dalam CIBUS Token Sale adalah sebagai berikut :
  • Token Symbol : CBT
  • Platform : Ethereum
  • Token for Sale : 40% dari total supply
  • Token Sale Period : 28-Feb-2018 hingga 21-March-2018
  • CBT Token Price : 1 ETH = 1000 CBT
  • Accepting : BTC , ETH, LTC dan DASH
  • Softcap : 5,000,000 CBT
  • Hardcap : 40,000,0000 CBT
  • Min. Purchase : 10 CBT
  • Halaman kontribusi : https://tokensale.cibus.world/

Kesimpulan

Transparansi dalam industri makanan sangat diperlukan oleh masyarakat. Konsumen harus mengetahui data valid sebuah makanan yang hendak di makan. Hal ini penting, mengingat sangat banyak sekali beredar makanan berbahaya. Kita ketahui bahwa, kesehatan sangat mahal. Bahkan orang rela menjual seluruh asset, hanya demi menyembuhkan penyakit. Kita harus menghilangkan rasa khawatir yang dialami masyarakat ketika hendak makan. Agar kita semua bisa hidup sehat.

Tim dibalik CIBUS Platform

CIBUS adalah sebuah platform terdesentralisasi yang berbasis blockchain, yang memungkinkan konsumen untuk memverifikasi kualitas dan isi dari makanan yang dia konsumsi.

CIBUS adalah sebuah platform terdesentralisasi yang berbasis blockchain, yang memungkinkan konsumen untuk memverifikasi kualitas dan isi dari makanan yang dia konsumsi.

Roadmap


Q4 of 2017
Publication of White Paper, Website and promotion
Q1 of 2018
Token Generation Event, Listing CIBUS Token in cryptocurrency exchanges
Q2 of 2018
Alpha Release of CIBUS Trace
Q3 of 2018
Alpha Release of CIBUS Trade, CIBUS Retail and CIBUS Social
Q4 of 2018
Beta Version of CIBUS Trace
Q1 of 2019
Beta Version of CIBUS Trade, CIBUS Retail and CIBUS Social
Q2 of 2019
Alpha Version of CIBUS AD, CIBUS Escrow, CIBUS Logistics & CIBUS Affiliate
Q3 of 2019
Full Release of CIBUS Trace, CIBUS Trade, CIBUS Retail and CIBUS Social
Q4 of 2019
Beta Version of CIBUS AD, CIBUS Escrow, CIBUS Logistics & CIBUS Affiliate
Q1 of 2020
Full release of Integrated CIBUS Ecosystem Platform

CIBUS Platform : Links



Publisher : bayu7adi