Friday, June 29, 2018

Dataeum - Peluang investasi pada distribusi data fisik global


Dataeum adalah sebuah platform yang akan mengumpulkan data fisik global, seperti toko, gas station, traffic dan lain sebagainya dengan cara crowdsourcing dan memberikan insentif kepada para kontributor dengan XDT Token

Selamat siang kawan kawan, dan selamat hari CAPSLOCK sedunia pada tanggal 28 Juni ini. Jika anda seorang netizen, hal apa yang anda butuhkan ketika ingin berselancar di internet? Yang pasti kamu tidak membutuhkan minyak, tembaga, pupuk bahkan kamu juga tidak membutuhkan emas. Tetapi di era internet ini, hal yang sangat penting adalah data. Bisnis data adalah bisnis yang diterapkan oleh Google, Facebook, Amazon, dan semua perusahaan yang berhasil merajai pasar internet, adalah pemain bisnis Data. Banyak orang tidak menyadari, bahwa Data bisa dimonetisasi dengan harga yang cukup menggiurkan, bahkan mulai tahun 2018 ini , sangat banyak platform yang mulai berdiri untuk berbisnis data, entah itu data pendidikan, kesehatan, ekonomi, sinyal trading, investasi, dan data yang lainnya.

Dataeum : Mengumpulkan data dengan cara Crowdsourcing

Dataeum adalah sebuah platform yang akan mengumpulkan data fisik global, seperti toko, gas station, traffic dan lain sebagainya dengan cara crowdsourcing dan memberikan insentif kepada para kontributor dengan XDT Token. Crowdsourcing adalah sebuah cara terbaik untuk memberikan tugas atau memberikan layanan kepada publik. Cara ini sangat efektif, dimana semua orang akan mendapatkan manfaat dan juga kolektor data mendapatkan apa yang dia cari. Dengan begitu, beragam informasi dari berbagai lapisan masyarakat akan terkumpul dan siap di jual di marketplace data. Dan saya juga sangat yakin, bisnis data tidak akan pernah mati , apabila internet masih ada di dunia ini.

Keberadaan internet, membuat sumber energi yang paling mahal bukan lagi emas, tembaga atau perak, melainkan informasi atau data. Informasi dalam bentuk data selalu berguna oleh siapa saja yang menggunakan internet. Pasar data juga setiap tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sebut saja Google, yang kni menjadi perusahaan paling sukses atas bisnis data yang mereka lakukan. Google telah berhasil men doktrin, bahwa internet adalah marketplace terluas dan terbesar dimana semua aktivitas di internet , termasuk jual beli akan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu, para divisi marketing di setiap perusahaan, saling berlomba lomba untuk mendapatkan tempat iklan yang sangat efektif dan efisien dengan cara memasang Google Ads. Seperti itu lah Dataeum akan menjadikan data lebih berfungsi lagi daripada sebelumnya.

Terimakasih terhadap teknologi blockchain, yang membuat platform Dataeum menjadi lebih transparan. Blockchain adalah sebuah buku besar yang terdistribusi secara publik yang memungkinkan semua data yang tersimpan pada database memungkinkan untuk di akses secara publik. Transparansi adalah ciri utama dari keberadaan blockchain, dan juga Smart Contract merupakan sebuah layanan yang sangat berguna bagi semua pebisnis online. Smart Contract memungkinkan seseorang melakukan transaksi, kemudian uang dari pembeli akan di tahan di Smart Contract, lalu ketika persyaratan pemenuhan transaksi terpenuhi, maka dana akan di teruskan secara otomatis ke penjual. Layanan Smart Contract sangat populer, karena memiliki skema yang sama seperti Escrow, tetapi Smart Cotract tidak akan pernah mengalami kesalahan, karena di jalankan secara otomatis oleh mesin dan teknologi canggih.

Fase Pengumpulan data dari Dataeum

Dataeum menggunakan skema unik untuk mengumpulkan data data penting dengan memanfaatkan komunitas yang besar. Pemanfaatan aplikasi mobile, serta AI dan AR akan membuat kemudahan dalam proses pengumpulan data secara otomatis dan akurat. Peran komunitas sangat berarti dalam proses pengumpulan data yang akan didistribusikan melalui marketplace. Komunitas Dataeum sangat membantu ketika proses pengumpulan data, dimana pada fase tersebut, merupakan tahap paling penting. Apabila data tidak terkumpul, maka marketplace tidak akan ada data fisik dari Dataeum dan tentunya model bisnis akan terhenti. Jika melihat peluang yang ada, saya rasa para komunitas akan mendapatkan bayaran yang cukup besar, karena jantung dan inti dari semua proses model bisnis, berada di tangan komunitas crypto.

Saya juga tidak begitu yakin dengan pihak ketiga yang menyediakan jasa pengumpulan data, karena mereka juga pasti akan menuntut bayaran yang tinggi. Dan itu tentu saja akan menghambat sistem bisnis dari Dataeum.

Dataeum Official Token

Yang menarik dari platform Dataeum dalam menjalankan model bisnis adalah adanya token XDT yang mana merupakan token official dari platform Dataeum. Token ini akan menjadi mata uang resmi untuk platform Dataeum dan bisa digunakan untuk bertransaksi di dalam platform. Keunggulan menggunakan XDT Token sebagai alat pembyaran adalah , seseorang akan mendapatkan harga spesial dan tentunya lebih murah daripada orang lain yang menggunakan cryptocurrency lain atau mata uang fiat. XDT berbasis Ethereum dengna tipe token ERC20, yang mana kalian harus memiliki wallet ETH seperti MyEtherWallet untuk menyimpan token dengan tipe ERC20. XDT juga digunakan untuk memberikan insentif kepada semua komunitas yang ikut berkontribusi dalam fase pengumpulan data fisik global. Sistem transaksi token, memungkinkan semua orang untuk bertransaksi secara peer to peer, atau secara langsung tanpa ada perantara.

Cara mendapatkan token XDT adalah, silahkan membeli ketika acara ICO yang diadakan oleh developer dari Dataeum secara lagnsung pada 20 Agustus 2018 di https://dataeum.io/ . Siapkan ETH atau BTC atau fiat untuk membeli token XDT, rate harga normal untuk anda adalah 1 ETH = 12000 XDT. Untuk whitepaper kamu bisa baca disini https://dataeum.io/white-paper.pdf .


Publisher : bayu7adi
bountyhive.io/r/bayuadi