Pengalaman Ikut Bounty Bitcointalk dari Nol sampe Beli ini itu

Pengalaman saya menjadi Bounty Hunter , freelance dengan gaji besar tiap project.

Cerita sebenarnya bermula ketika saya sedang jenuh dengan keadaan saya yang stagnan. Saya mengenal bitcoin sejak saya sekolah di bangku SMA, sekitar tahun 2013 dimana harga per BTC pada saat itu adalah 3jutaan. Dan saya baru mengenal cryptocurrency baru sekitar pada Juli 2017. Dulunya saya trading, dengan modal awal 160rb rupiah yang saya dapet dari ngetik captcha dari XRB.
Dengan bermodalkan netbook 10 inch dan koneksi internet dari hotspot android, saya mengetik captcha setiap kali ada waktu longgar. Tiba saatnya gajian, saya mendapatkan 80 XRB. Yang ketika pada waktu itu di rupiahkan, harga per XRB nya adalah 2000 dan saya mendapatkan uang 160rb.
Dari hasil ngetik tersebut, saya coba ke trading dengan modal seadanya. Exchanger pertama kali yang saya terjun di dalamnya untuk trading adalah Bitgrail, dimana pair antara XRB/BTC sangat populer pada masanya. Setelah trading dan tidak pernah profit karena belum tau ilmunya, maka saya tanya pada teman saya yang setiap hari update mengenai masalah cryptocurrency. Akhirnya dia memberi jalan baru.

Ini pengalaman saya, saya bukan agen MLM saya juga ngga punya tujuan untuk mengajak atau merekrut anda untuk investasi, karena saya juga ngga pernah mau di ajak investasi dengan iming iming duit. Ini adalah real kisah nyata saya dan saya hanya berbagi kenangan ini biar saya bisa baca nanti kalo sudah tua.

Bounty Bitcointalk

Ketika saya sedang chatting dengan teman saya, saya di beri tahu tentang bounty dari Bitcointalk. Saya sendiri awalnya sangat antusias dan juga tidak menaruh harapan besar pada bisnis ini. Karena hukum alam, bahwa di dunia bisnis online, jika kamu tidak memiliki modal besar, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan profit besar. Tetapi ada saja waktu yang membuat ku selalu meluangkan waktu untuk mengerjakan bounty, terutama twitter dan facebook.
Bounty adalah sebuah acara pemberian hadiah bagi siapa saja yang telah berhasil melakukan pekerjaan kecil dan mereka para pekerja ini dibayar dengan mata uang tertentu. Bounty di bitcointalk para peserta biasanya dibayar menggunakan koin baru yang baru saja di jual pada acara ICO. Jadi ICO (Initial Coin Offering) adalah sebuah event dengan waktu terbatas yang bertujuan untuk mendatangkan investor dari seluruh dunia, dengan maksud menggalang dana sekaligus pembiayaan project. Para investor akan di beri koin atau token baru yang bisa dijadikan sebagai patokan pemegang saham. Nantinya koin ini diharapkan memiliki harga tinggi ketika masuk ke market atau exchanger.
Intinya, bounty di Bitcointalk itu seperti mempromosikan project ICO atau project penjualan token/koin yang nantinya para bounty hunter ini akan mendapatkan koin dengan presentase tertentu. Biasanya banyak sedikitnya token yang diterima oleh bounty hunter ini dihitung berdasarkan stake.

Stake itu seperti ranting pohon. Dimana jika kamu punya stake banyak, maka kamu akan menerima token dalam jumlah banyak juga. Analoginya adalah seperti saham, dimana seseorang memiliki saham paling banyak, maka dia akan mendapatkan jatah keuntungan paling banyak. Contoh ilustrasi : Jika alokasi untuk bounty artikel adalah 100,000 BTC , kemudian ada 3 peserta yang ikut. Peserta 1 mendapatkan 10 stake. Peserta 2 mendapatkan 40 stake, dan peserta 3 mendapatkan 50 stake. Maka cara menghitung pendapatkan setiap peserta adalah
Penghasilan = Stake peserta/jumlah seluruh stake peserta x alokasi bounty

Misalnya kita kalkulasi untuk penghasilan para peserta
Peserta 1 = 10 stake
Penghasilan peserta 1 = 10/ (10+40+50) x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 1 = 10/100 x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 1 = 10,000 BTC

Peserta 2 = 40 stake
Penghasilan peserta 2 = 40/ (10+40+50) x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 2 = 40/100 x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 2 = 40,000 BTC

Peserta 3 = 50 stake
Penghasilan peserta 3 = 50/(10+40+50) x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 3 = 50/100 x 100,000 BTC
Penghasilan peserta 3 = 50,000 BTC

Waktu pertama kali terjun di dunia bounty, saya hanya mengandalkan kampanye facebook dan twitter, karena saya juga belum memliki skill menulis artikel yang bagus, jadi saya hanya fokus pada sosmed.  Alokasi untuk sosmed pun pasti sangat kecil dan peserta nya banyak, sehingga bisa dipastikan penghasilan dari kampanye sosial media ini sangat kecil. Tetapi watku itu yang ada di pikiran saya adalah,sebesar apa gajian terkecil dari para bounty hunter ini?

Gajian Pertama dari Boutny

Gajian pertama saya malah bukan dari Bounty. Saya sangat ingat sekali, gajian pertama saya adalah dari Airdrop POSToken, dimana hanya dengan melakukan share ke facebook dan twitter saja, saya bisa mendapatkan uang 300ribu dalam sekali kesempatan.ayang sekali, dulu saya baru awal ikut, dan juga tidak punya akun kloningan atau tuyul, sehingga hanya 300ribu saja yang bisa saya dapatkan. Termasuk lumayan dengan pekerjaan yang sangat mudah dan simpel.
Ini adalah bukti transaksi saya https://etherscan.io/tx/0xa68bb275a83b6a4bd93fd6e6009edf54891a2471f8577ad484d4c26dadbcc5d4
Terjadi pada 11 Oktober 2017 dari airdrop, langsung saya jual di exchanger dan saya withdraw ETH ke Indodax dan langsung saya WD lagi ke rekening bank. Dan wow, ternyata cryptocurrency bukan hoax lagi. Ternyata cryptocurrency benar benar easy money.
Semenjak saat itu, saya menghabiskan banyak waktu saya untuk mengerjakan bounty.  Yang awalnya saya hanya mengikuti kampanye sosial media saja (Facebook, Twitter, Telegram) perlahan mulai merambah dunia artikel dan youtube. Artikel pertama kali yang saya tulis adalah tentang Artificial Intellegence , menyeponsori proyek HUT34, artikelnya adalah yang ini HUT34 - Dimana A.I Melakukan Bisnis  , artikel nya terlihat biasa saja tetapi gajian yang saya dapatkan lumayan besar. Ini adalah bukti gajan dari HUT34 (KLIK DISINI) , dimana saya berhasil mendapatkan 1400 Entropy Token yang harganya per token adalah 2000 rupiah, dan jika di rupiahkan maka gajian saya dari menulis 1 artikel saja adalah 3juta. Tetapi sayangnya hingga saat ini token tersebut tidak berhasil masuk market, jadi saya tidak gajian karena token ini gagal dalam menjalankan project nya. Alhasil saya hanya kerja bakti saja menulis artikel tersebut.
Tetapi perjuangan saya tidak berhenti disitu, saya tetap menulis satu artikel setiap hari, terkadang juga dua jika ada waktu lebih. Dan hasilnya, pada 6 November 2017 saya berhasil mendapat gaji yang wow, yaitu 7juta rupiah hanya dengan menulis satu artikel saja, ini adalah tx hash ke wallet saya . Nama token nya adalah COB (Cobinhood) dimana saya berhasil meloloskan 2 artikel dan 2 kampanye sosmed. Total saya mendapatkan 15juta rupiah dari Cobinhood saja. Seketika itu saya langsung bayar semua hutang saya ke bank, dan juga hutang emak saya di kampung, lalu saya beli laptop baru yang lebih besar supaya lebih enak kerja bikin artikelnya. Saya beli laptop seken dengan harga 3jutaan merk Lenovo.
Setelah menerima gaji dari Cobinhood, artikel lain yang saya tulis sebelumnya juga mulai penilaian. Dan musim gajian mulai tiba. Pada saat musim gajian itu, pernah saya mendapatkan uang sebesar 30juta dalam satu minggu saja. Bahkan 100juta dalam satu bulan . Dan semua itu saya lakukan tanpa modal satu rupiah pun.
Terlihat tidak mungkin, tetapi percaya atau tidak itu urusan kamu. Disini saya cuma berbagi aja dan disini saya seperti orang yang menemukan ladang emas, tetapi belum banyak orang yang tahu tentang ladang ini. Untuk peserta dari Indonesia pun hanya sekitar 100 hingga 150 orang saja untuk setiap kampanye nya.  Itu karena memang ini lahan basah yang membuat saya jadi easy money pada saat itu

Gajian Besar dari Signature dan Artikel

Gajian terbesar saja adalah mendapatkan 300juta rupiah hanya dengan mengikuti signature campaign dan juga membuat 2 artikel saja yang beres dalam waktu 1 bulan. Ini adalah link bounty nya : klik disini . Nama bountynya adalah Titanium Blockchain dan managernya adalah Aerys2 . Kalian bisa lihat hasil final dari perolehan bounty ini di Spreadsheet inibayu7adi mendapatkan 4800 untuk 1 artikel saja. Dan untuk Spreadshee Signature terlihat dikunci oleh manager, entah karena alasan apa. Tetapi bukti transaksi ini, membuktikan bahwa saya pernah mendapat 9,900 BAR Token dimana harga untuk 1 BAR Token adalah Rp 20,000,- pada waktu itu. Jadi jika di total adalah saya mendapatkan sekitar 15000 BAR Token (termasuk dari sosmed) dan 15000 x 20,000 IDR = 300juta IDR.
Pengalaman saya menjadi Bounty Hunter , freelance dengan gaji besar tiap project.
Gambar diatas merupakan bukti bahwa saya telah melakukan withdraw beberapa kali, dan yang terbesar adalah 100juta melalui Fais X-Changer. Ya dulu saya adalah pelanggan setia di mas fais, karena memang cuma dia yang di rekomendasikan oleh teman satu grup saya.

Gajian terus menerus gajian, hampir setiap 3 hari sekali pasti ada gajian dari awal November 2017 hingga Juni 2018. Jumlahnya pun bervariasi, ada yang 100ribu, ada yang 500ribu, ada yang 1juta, dan bahkan ada yang 20juta keatas hanya dengan membuat artikel dan signature campaign.
Dulu tahun 2018 diprediksi ICO bakal mati, itu semua dikarenakan populernya hardfork pada masa itu. Tetapi sebaliknya, justru ICO semakin populer.
Penyebab utama gajian besar adalah, ikut campurnya investor besar dalam ekonomi crypto dan juga alokasi besar untuk bounty hunter yang sepi peminat pada waktu dahulu. Bayangkan alokasi 5% dari 5juta USD di hamburkan untuk bounty hunter. Itu artinya ada sekitar 250ribu USD atau sekitar 3,75 miliar rupiah hanya untuk bounty saja. Dan untuk pesertanya biasanya tidak lebih dari 200 orang.  Ini karena faktor belum populernya bounty dan juga masih sedikit orang yang mengerti crypto.
Sekarang, serbuan dan invasi dari orang orang yang ga tau diri mulai menyerang. Ya, mereka adalah orang orang bodoh yang hanya mengejar kuantitas kampanye, bukan kualitas. Semenjak ketahuan bahwa ada emas di balik crypto semua orang berlomba lomba mengeruknya tanpa otak. Mereka membuat konten tidak berkualitas hanya untuk mencari peruntungan pada saat penilaian oleh manajer bounty. Alhasil kualitas bounty hunter menjadi menurun dan sekarang developer tidak percaya lagi dengan para bounty hunter. Akibat pertama yang timbul adalah, marketing untuk ICO kini menurun kekuatannya dan sepertinya ini mendekati fase akhir dimana bounty pasti akan segera mati.
Saya sudah berhenti bermain bounty bitcointalk semenjak Januari 2019. Karena sudah tidak begitu menghasilkan. yang tadinya puluhan juta perbulan, sekarang mungkin hanya ratusan ribu per bulan.

Akhir Zaman Bounty Bitcointalk

Sekarang ini bounty bitcointalk sudah saya anggap mati dan saya anggap sebagai kenangan saja. Uang yang begitu banyak, ternyata tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan pemberian Allah SWT kepada kita berupa benda yang terlihat maupun tidak terlihat. Saya sendiri ketika memegang uang sebanyak itu, rasanya dunia ini hampa dan saya merasa menjadi orang lemah. Akhirnya Januari 2019 saya tetapkan menjadi hari terakhir saya berurusan dengan bounty. 
Bounty terakhir yang saya ikuti adalah NexyBit Signature Campaign . NexyBit membayar saya 11000 rupiah untuk sekali posting di forum ini. Seperti hanlnya di facebook, saya di bayar 11rb rupiah untuk sekali komentar . Dan itu adalah bounty terakhir saya yang akan selalu saya ingat. 
Kini ICO tidak mendapatkan kepercayaan lagi. Investor bosan untuk kecewa dan investor juga tidak mau merugi lagi. Muncul kabar bahwa IEO (Initial Exchage Offering) akan menggantikan ICO, benar saja,  IEO Perdana yang di lakukan Bittrexseluruh koin terjual dalam waktu 2 detik saja. 

Dibalik Kesuksesan ada Grup Rahasia

Ternyata definisi sukses adalah memiliki banyak uang itu salah. Saya sendiri mengalami hal ini. Walaupun aset saya tidak lebih dari aset yang dimiliki Hotman Paris, tetapi ketika kamu memuliki uang banyak, maka kamu akan mulai bingung untuk menyalurkan amanah tersebut. Ya , uang adalah amanah dari Allah SWT yang mana nantinya akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat nanti. Saya sendiri berusaha menjaga hati agar tetap berada pada lindungan-Nya . 
Dibalik kesuksesan saya di dunia pada waktu itu adalah adanya Grup rahasia yang membahas mengenai trik mengikuti bounty tersebut. Ya, di grup itu saya seperti anggota keluarga. Saya di masukkan oleh teman online saya, dan langsung mendapatkan sambutan hangat. Ada seorang guru yang mengajarkan trik untuk memaksimalkan pendapatkan ketika mengikuti bounty. Dia rela mendedikasikan seluruh waktunya untuk kemajuan grup tersebut. Hingga akhirnya, guru kami memutuskan untuk keluar. Ya karena kesalahan kami juga yang terlalu sibuk dengan harta masing masing, sampai lupa, bahwa guru kami membutuhkan bantuan dan ternyata saya dan teman teman tidak peka. 
Selain seorang guru di Grup rahasia ini, saya juga sangat berterimakasih kepada teman bisnis online saya dahulu. Namanya adalah RAG (Inisial). 
Terimakasih anggota grup BL dan BV ilmu kalian sangat berguna bagi kami yang berusaha keras mengentas dari kemiskinan dan hutang.
Berkat kalian, ada beberapa teman saya yang mulai keluar dari bisnis riba, ada yang mulai bisa membelikan hadiah untuk ibunya, ada yang mulai kuliah untuk masa depannya, ada yang mulai rajin mengaji dan sholat karena sadar bahwa harta bukan segalanya, ada juga yang terbebaskan hutangnya, dan berbagai kesenangan telah di salurkan melalui Grup tersebut.
Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya belum bisa memberi tahu nama grup tersebut.

Akhir Kata

Dengan memegang uang hampir 0,5 Miliar, saya rasa saya sudah cukup tahu bagaimana perasaan orang menjadi kaya. Saya juga tidak begitu berani untuk menambah kekayaan saya, karena memang saya takut menjadi orang sombong.

Dunia itu ibaratkan gelas, sedangkan akhirat itu ibaratkan air minum. 
Apabila kamu meminta gelas, maka kamu akan mendapatkan gelas tersebut. Tetapi, apabila kamu meminta air minum, maka gelas akan juga kamu dapatkan.
Jika kamu memang sangat suka dengan dunia ini, maka kamu akan mendapatkan dunia saja. Tetapi jika kamu mengejar akhirat dengan niat dan perbuatan, maka kamu akan mendapatkan dunia ini sebagai bonusnya.



0 Response to "Pengalaman Ikut Bounty Bitcointalk dari Nol sampe Beli ini itu"

Post a Comment

Comments here, I will reply as soon as possible

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel