Bitrue di Hack, Harga Seluruh Aset Cryptocurrency Terjun Bebas



CryptoNews ICONEWSMEDIA - Setelah menggemparkan dunia karena harga Bitcoin naik dari 50juta IDR per BTC menjadi 180juta IDR per BTC dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan, kabar tak sedap hadir menghantui para komunitas crypto dunia.  Pasalnya, ini bukanlah kejadian yang pertama kalinya , bahkan hampir setiap ada momen harga BTC naik, pasti ada saja berita buruk yang menghambat laju bull run dari Bitcoin itu sendiri. Tingginya animo masyarakat terhadap keberadaan aset digital cryptocurrency menjadi penyebab utama ketertarikan penjahat dunia maya untuk melakukan aksi kejahatannya. Karena memang, tidak ada sistem didunia ini yang benar benar aman.

Salah satu Exchanger Cryptocurrency asal  Singapura dilaporkan telah di retas oleh hacker yang belum dikenal. Kejadian ini terjadi pada tanggal 27 Juni 2019 melalui pengumuman langsung melalui akun twitter resmi miliki Bitrue.

Bitrue di Hack / Bitrue di Retas, sebanyak 9,3juta XRP dan 2juta ADA di pindahkan dari Hot wallet Bitrue oleh hacker ke beberapa exchanger besar seperti bittrex dan huobi.

Tragedi ini terjadi ketika pukul 01.00 AM waktu GMT +8 tanggal 27 Juni 2019, dimana hacker memanfaatkan kelemahan sistem dari Tim Risk Control yang kedua dan langsung mengakses 90 akun pengguna Bitrue. Lalu kemudia hacker berhasil mengakses Hot wallet dari Bitrue dan langsung memindahkan dana ke Exchanger Crypto lain dengan jumlah koin 9,3juta XRP (Ripple) dan 2,5juta ADA (Cardano).

Tetapi langkah pencuri ini berhasil di antisipasi berkat kerjasama antara exchanger TOP di dunia ini, yaitu Huobi, Bittrex dan ChangeNow.io . Mereka saling bersinergi dan berkomunikasi untuk membekukan aset yang di pindahkan oleh peretas ini. Dengan begitu, peretas tidak akan bisa melakukan transaksi apapun pada Exchanger terkait dan dana masih di bekukan untuk di proses lebih lanjut.

Bitrue menjamin keamanan aset penggunanya dan memastikan tidak akan ada yang dirugikan atas terjadi nya kasus peretasan ini. Bitrue juga telah mengasuransikan seluruh aseetnya demi keamnaan dan demi menangani kejadian seperti ini. Dan untuk sementara waktu setelah kejadian tragis itu terjadi, Bursa Bitrue dilakukan maintenance untuk melakukan beberapa perbaikan sistem dan menjaga keamanan .

Harga Bitcoin dan Altcoin Turun drastis

Pada saat yang bersamaan juga, ternyata harga hampir seluruh aset cryptocurrency mengalami penurunan termasuk Bitcoin. Menurut opini saya, kasus yang dialami oleh Bitrue tidak ada hubungannya dengan turunnya harga aset cryptocurrency, karena memang jumlahnya yang tidak begitu besar dan hanya sekitar 4juta USD. Tetapi, disini kepercayaan masyarakat terhadap cryptocurrency mengalami penurunan karena kasus ini. Jika dibandingkan dengan Bank yang selama ini sudah ada, terbukti mereka sangat jarang sekali terjadi kasus peretasan, atau bahkan malah tidak pernah sama sekali. 

Salah satu trader profesional Indonesia pun, AyoungLam menyadari bahwa turunnya aset crypto akhir bulan Juni ini, salah satu penyebabnya adalah dikarenakan terjadinya kasus peretasan pada Bitrue. 

Bitrue di Hack / Bitrue di Retas, sebanyak 9,3juta XRP dan 2juta ADA di pindahkan dari Hot wallet Bitrue oleh hacker ke beberapa exchanger besar seperti bittrex dan huobi.

Inilah mengapa alasan trading aset berjangka sangat beresiko bagi kita semua, karena kita memang tidak pernah tau, apa yang akan terjadi pada hari hari berikutnya nilai dari aset yang kita miliki. Bisa saja aset mu menjadi banyak berkali lipat, dan bisa juga menjadi nol. Tips dari saya adalah, jangan pernah kalian ketinggalan berita, karena berita cryptocurrency sangat mempengaruhi sistem ekonomi yang ada pada ekosisistem crypto. Perbanyaklah jaringan teman kalian dan jangan pernah lelah untuk mendapatkan berita, apabila kamu tidak ingin lelah menganggung kerugian bersama cryptocurrency.

0 Response to " Bitrue di Hack, Harga Seluruh Aset Cryptocurrency Terjun Bebas"

Post a Comment

Comments here, I will reply as soon as possible

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel