Harta karun yang Habis, Dead Bounty Bitcointalk!

Dahulu bounty hunter adalah pekerjaan paling enak, tetapi bagaimana dengan keadaan bounty hunter sekarang? Apakah masih profit?
Add caption

Hallo sobat, sebagai informasi saja bahwa ini adalah artikel pertama yang saya buat di tahun 2020. Saya beri judul "Dead Bounty on Bitcointalk" karena saya sudah meninggalkan pekerjaan sebagai bounty hunter di forum Bitcointalk.org , tepatnya sejak Januari 2019.

Pada tahun 2016, 2017 dan 2018, bounty adalah sebuah pekerjaan mudah yang bisa menghasilkan uang dengan nominal fantastis tanpa modal. Hanya dengan membagikan postingan ke facebook dan twitter saja, sobat bisa menghasilkan uang satu juta rupiah hingga empat juta rupiah. Hanya dengan membuat video simpel dan artikel 300 kata saja, sobat bisa di bayar hingga lima juta rupiah. Hanya dengan mengomentari sebuah postingan di forum saja, sobat bisa meraup uang lima juta rupiah.

Awalnya, kegiatan mencari uang melalui bounty ini dirahasiakan oleh segelintir orang saja. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan serta persaingan antara peserta tetap terjaga sehat. Benar kata pepatah , bahwa bau bangkai walaupun di sembunyikan pasti akan tercium juga. Tetapi bukan bangkai disini yang di sembunyikan dari orang banyak, melainkan sebuah lahan basah yang kaya akan harta karun.

Kerja hanya sarungan, tetapi gaji karungan. Gaji PNS satu bulan  bisa di capai dalam waktu satu hari saja. Beli barang ini itu tinggal tunjuk saja. Makanan setiap hari daging dan susu. Tetapi kini pekerjaan ini sudah diketahui publik. Dan hal yang paling ditakutkan benar terjadi.

Banyak orang orang yang baru mengerti tentang bounty dan mereka langsung berbuat curang dalam mengerjakan sebuah pekerjaan (sering di sebut nuyul). Rasa haus akan uang dan sifat egois akan harta, menjadikan bumerang bagi mereka dan kita semua yang menggantungkan hidup sebagai pekerja serabutan. Mereka yang lebih memilih uang instan daripada ladang penghasilan yang berkelanjutan, saya anggap sebagai orang yang kurang ajar. Bukan hanya freelancer Indonesia saja, tetapi dari seluruh negara pun sama.

Masa Kejayaan Bounty Hunter Bitcointalk

Semenjak terkenalnya bitcoin, publik mulai melirik keberadaan dan potensi masa depan dari mata uang digital ini. Puncak kejayaan BTC adalah terjadi pada bulan November 2017 dimana harga bitcoin menyentuh 300juta IDR untuk 1 BTC nya dan bahkan harga ETH menyentuh angka 20juta IDR untuk 1 ETH nya.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh  semua pemburu koin Bounty untuk menjual aset digital mereka pada harga tertinggi. Karena gaji para bounty hunter adalah berupa Token ERC20 yang berbasis Ethereum dan asa sebagian yang dibayar menggunakan BTC. Bayaran yang diterima saat itu naik dua kali lipat hingga tiga kali lipat dikarenakan terbangnya harga Bitcoin dan kawan kawan.

Artikel artikel yang saya buat di blog ini, merupakan saksi bisu bukti perjuangan saya dalam mengikuti kampanye kampanye dari developer yang mempunyai project. Saya mencoba konsisten membuat artikel dalam waktu seminggu tiga kali dengan tujuam agar setiap project selesai hari ini, maka besok harus ada project yang selesai juga.

Kalau dibandingkan dengan teman teman saya, jumlah artikel saya kalah jauh loh sobat. Teman teman saya setiap hari bisa membuat satu hingga lima artikel untuk di kirimkam ke developer dengan masing masing project berbeda. Kita sebenarnya bisa mengirimkan banyak artikel untuk satu project asal tidak menyalahi syarat dan ketentuan yang di berlakukan oleh manajer bounty. Dan juga karena banyak sekali project baru yang bermunculan setiap harinya  membuat kami para bounty hunter seperti diberikan pekerjaan yang tak terbatas. Ada sekitar 5 sampai 10 project baru setiap harinya yang bisa kita kerjakan. Itu artinya, dalam satu hati kita bisa mengirimkan 5 hingga 10 artikel dengan isi konten berbeda dan project yang berbeda juga.

Untuk membuat artikel, kita tidak bisa sembarangan menulis kalimat.  Kita harus tetap mematuhi aturan yang dibuat oleh Manajer Bounty. Dalam sebuah project, pasti ada sebuah e-book yang berisi perencanaan tim dari awal, proses, hingga akhir tujuan project tersebut secara detail. Kita perlu memahami sebuah Whitepaper tersebut agar ide ide kreatif kita tetap berpedoman dan berhubungan dengan project yang kita kerjakan. Bukan berarti juga kita hanya melakukan copy paste dari Whitepaper untuk dijadikan artikel, itu bukan konten namanya ya sob.  Manajer bounty juga mempertimbangkan kualitas sebuah artikel agar tidak membosankan untuk dibaca dan yang paling penting adalah traffic blog sobat sekalian. Traffic sangat penting karena tujuan bounty adalah menyebarluaskan informasi ICO kepada publik. Dan menarik investor sebanyak mungkin.

"Siapa saja sih orang orang yang terlibat dalam kegiatan Bounty?"

Ada beberapa elemen bisa perorangan atau juga bisa group yang terlibat dalam bounty ini, entah itu bounty dari website diluar Bitcointalk atau juga bounty yang di posting di Bitcointalk itu sendiri. Bounty sendiri memiliki tujuan untuk menyebarluaskan berita mengenai project tersebut. Atau bisa disebut juga sebagai media untuk tujuan marketing dengan bayaran token atau koin, sehingga orang yang wajib ada di belakang strategi marketing macam ini adalah sebagai berikut.

Yang pertama adalah seorang Tim pencetus project atau biasa disebut developer project. Developer project merupakan orang yang mengembangkan project dari sesuatu yang di rencanakan hingga menjadi terwujud. Orang yang pantas di sebut sebagai developer adalah orang yang memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik dan berkualitas dengan pemikiran yang luas untuk bisa mencetuskan ide ide kreatif sebagai solusi atas permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat. Bagus atau tidaknya komposisi tim, menentukan kualitas project tersebut.

Kemudian yang kedua ada Bounty Manager (orang Indonesia biasa menyebut Manajer Bounty). Pekerjaannya adalah mengatur segala keperluan Bounty yang berhubungan dengan penggalangan dana menggunakan metode ICO (Inital Coins Offering). Ada beberapa Manajer Bounty yang cukup terkenal di masanya. Reputasi yang bagus, pekerjaan yang efektif, persaingan yang sehat dan pembagian hadiah yang adil menjadi pertimbangan para bounty hunter dalam memilih Manajer Bounty. Berikut adalah Manajer bounty yang terkenal itu : Amazix Bounties, yahoo62278, jamalaezaz, irfan_pak10, ColorlessK

Yang ketiga adalah Bounty Hunter, yaitu orang orang yang saling memperebutkan hadiah dengan cara melakukan tugas tugas kecil yang di berikan oleh Manajer Bounty. Tugas yang biasa di berikan oleh Manajer Bounty biasanya adalah Kampanye Sosial Media yang mencakup Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dsb. Lalu ada Kampanye Pembuatan Konten (Content Creation) yang meliputi pembuatan video, artikel atau blog. Dan ada juga kampanye Signature pada akun Bitcointalk.

Yang terjadi setelah ICO dan Bounty berakhir

Mungkin sobat disini ngga banyak yang tau ya apa yang dilakuin oleh developer  setelah sobat menjual token hasil dari bounty. Sebenarnya inilah yang menjadi penyebab besar, kenapa dunia koin menjadi tidak sehat.

Setelah ICO berlangsung, developer dan jajaran tim telah mendapatkan jutaan dollar uang dari seluruh investor di dunia. Pada saat tersebut, tugas berat harus di jalankan oleh developer sesuai dengan Whitrpaper yang mereka terbitkan.

Tapi sayang, mayoritas kinerja developer dalam menangani project yang mereka buat sendiri, dinilai kurang maksimal setelah mendapatkan uang dari investor.  Banyak sekali project terlantar dan tak terurus. Hal inilah yang menyebabkan kepercayaan investor terhadap ICO mulai luntur. Minat investor untuk berinvestasi pada ICO juga berkurang dan menyebabkan beberapa developer dan tim dari berbagai project dilaporkan ke polisi karena diduga menggelapkan uang investor.

Atas kejadian itu ICO di cap sebagai bisnis penggalangan dana ilegal dan sempat dilarang di beberapa negara besar seperti China dan Amerika Serikat. China melarang warganya untuk untuk berkontribusi dalam event ICO dan AS membatasi warganya untuk berinvestasi pada ICO. Selain China dan Amerika Serikat, negara lain ternyata ikut melakukan pelarangan terhadap investasi melalui ICO.

Disinilah titik akhir karir seorang bounty hunter. Dimana Bounty hanya bisa berjalan apabila ada ICO , dan pada waktu itu ICO dilarang di beberapa negara yang sangat berpengaruh terhadap dunia koin. Memang tidak semua negara melakukan ban terhadap ICO, tetapi China dan AS adalah negara yang paling besar berkontribusi dalam dunia crypto, sehingga segala keputusan yang diambil oleh Kepala dari kedua negara ini menjadi pertimbangan para investor untuk melakukan investasi.

Dampak yang timbul adalah, ICO mulai di tinggalkan oleh para investor dan beralih menjadi IEO (Initial Exchange Offering). Sebenarnya ICO (Initial Coins Offering) dan IEO (Initial Exchange Offering) dasarnya adalah sama, yaitu penggalangan dana dengan cara menjual koin atau token baru. Yang membedakan adalah, IEO lebih diminati, karena yang menjual token melalui kerjasama dengan Exchanger, sehingga ketika IEO selesai, maka ada jaminan bahwa koin atay token yang di jual tersebut akan listing pada Exchanger terkait. Berbeda dengan ICO yang belum ada kepastian pendaftaran koin pada exchanger mana.

Ini menjadi pertimbangan kuat bagi para investor, karena ketika koin atau token didaftarkan (biasanya disebut listing) pada sebuah Exchanger, maka koin tersebut bisa mulai dijual. Berbeda dengan koin ICO yang masih menunggu market/exchanger. Koin yang belum tersedia di Exchanger tidak akan bisa di jual dan tidak diakui oleh seluruh komunitas cryptocurrency di seluruh dunia.

Ilmu yang Kami Dapatkan

Hal yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah kita harus lebih bijak lagi dalam memelihara sebuah sumber penghasilan. Jangan terlalu mudah termakan oleh nafsu dan juga kerakusan. Dan bijaklah dalam membelanjakan uang mu agar bisa lebih bermanfaat.

Jangan hidup sendirian, karena saya dulu menjadi bounty hunter membentuk sebuah kelompok dan grup yang hanya fokus terhadap kegiatan bounty. Dan yang kami lakukan adalah saling membagikan project bagus dan berpotensi untuk di kerjakan bersama.

0 Response to "Harta karun yang Habis, Dead Bounty Bitcointalk!"

Post a Comment

Comments here, I will reply as soon as possible

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel