Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Unik Vitalik Buterin yang Jarang Diketahui Orang

Foto mas Vitalik Buterin (source : coindaily.co.id)

Siapa yang belum tahu tentang Vitalik Buterin? Pastinya sobat semua kenal dong dengan penemu Ethereum yang masih muda ini. Ternyata ada beberapa fakta menarik mengenai perjalanan hidup Vitalik Buterin yang jarang diketahui orang loh sob. Kalo kalian udah ga sabar dengan infonya, berikut iconewsmedia sajikan 7 Fakta Unik Vitalik  Buterin yang jarang diketahui orang.


Dropped Out alias Tidak Selesai Kuliah

Buat kalian yang sekarang lagi kuliah, plis stop jangan ikut ikut DO manual cuma gara gara latah liat orang sukses yang ga kelar kuliahnya. Jangan sobat sekalian kira bahwa Vitalik ini otaknya ga mampu buat kelarin kuliahnya ya, isi otak nya Vitalik ini udah OP banget sob, alias Over Power. Jadi dirinya memilih untuk keluar kuliah alias DO, kemudian memfokuskan diri 100% 24jam untuk  membangun dan mengembangkan Ethereum.
Untuk informasi nih sob, bahwa Vitalik pernah kuliah di University  of Waterloo hingga akhirnya memutuskan di tahun 2014 DO ketika dia menerima Thiel Fellowship sebesar 100ribu USD. 
Mas Vitalik akhirnya dapet gelar Honorary Doctorate (Doktor Kehormatan) dari University of Basel , Swiss pada November 2018 karena ketekunannya dalam mengembangkan Ethereum.

Dirumorkan Mati beberapa kali

Berita palsu emang paling manjur untuk memanipulasi harga aset digital. Ini berkat ulah 4chan sob, sayang sekali website nya udah ga bisa diakses lagi, jadi ga bisa kasih link nya langsung, tapi yang pasti dalang nya adalah 4chan. Dia nyebar virus kepada para media lain yang latah, sehingga banyak juga yang mengabarkan bahwa Vitalik meninggal hingga akhirnya viral, seperti gambar dibawah ini contohnya.

Akibatnya adalah para pemegang Ethereum (ETH) panik menjual aset (panic sell) dikarenakan sang pemilik Ethereum telah meninggal, sehingga yang terjadi adalah  harga Ethereum amblas. 
Momen ini tidak berlangsung lama sih sob, karena beberapa saat setelah berita ini viral di media internet, Vitalik dengan cepat memberikan respon berupa upload foto selfie di twitter, di tambah dengan selembar kertas yang bertuliskan block ethereum pada saat itu yang caption nya di twitter begini : "Another day,  another blockchain use case". @VitalikButerin twitter.

Merupakan Penulis yang Cerdas

Bitcoin Magazine adalah saksi bisu bagi Vitalik Buterin bahwa dia sangat suka dengan teknologi yang diadopsi oleh Bitcoin. Awal mula nya perjalanan Vitalik sebagai penulis adalah ketika dia diberikan tawaran untuk menuliskan sebuah artikel kepada seseorang dengan bayaran 5 BTC (sekitar 3,5 USD pada waktu itu). Vitalik mengambil kesempatan itu, tetapi ternyata Blog yang membahas tentang Bitcoin terebut (bukan Bitcoin Magazine) tidak bertahan lama , karena tidak mendapatkan perhatian yang bagus dari publik, hingga akhirnya blog tersebut mati karena masa sewa hosting yang habis.
Kemudian dibulan September 2011, Vitalik dihubungi oleh seseorang yang  ingin bekerjasama membangun website Bitcoin Magazine. Vitalik mendapatkan tempat sebagai leader pada tim penulis di Bitcoin Magazine. Perlu diketahui, bahwa Bitcoin Magazine adalah sebuah media yang didedikasikan untuk keberadadan cryptocurrency. Bahkan saking niatnya, Bitcoin Magazine ini juga mengeluarkan versi majalah fisik nya. Laris manis di pasaran, akhirnya Bitcoin Magazine di beli oleh BTC Media, dan Vitalik terus menjadi penulis di situ hingga 2014.

Pernah Menang Olimpiade Internasional

Di tahun 2012 atau pada umur 18 tahun, Vitalik ikut serta dalam sebuah Olimpiade Informatika yang digelar secara Internasional. Kecerdasan sang penemu Ethereum ini dibuktikan dengan keberhasilannya memboyong medali perunggu pada kompetisi tersebut. Memang benar,, buah jatuh tidak jauh dari pohonnnya. Ayah Vitalik, Dimitry Buterin yang merupakan seorang Ilmuwan Komputer, berhasil membuat anaknya sukses di dunia komputer juga. 

Mendirikan Ethereum diusia 19 tahun

Setelah belajar tentang teknologi Blockchain dan Bitcoin pada usia 17 tahun dari Dimitry Buterin yang tak lain adalah ayahnya sendiri, Vitalik mulai  percaya diri untuk membuat Whitepaper Ethereum di usia 19 tahun pada 2013 lalu. Whitepaper adalah sebuah dokumen yang mendeskripsikan masalah kompleks , solusi dan keputusan yang dibuat dengan tujuan agar mudah dipahami oleh orang lain menggunakan metode tertentu untuk mendapatkan dukungan atau mitra kerja.
Dari Whitepaper inilah semua start up mulai dirancang dan direncanakan.

Manusia seharga 400juta USD

Sebagai founder Ethereum yang kini menjadi koin digital terbesar kedua setelah Bitcoin, wajar banget kalo mas Vitalik memiliki saldo di wallet-nyadengan jumlah yang besar. Berikut adalah wallet milik Vitalik Buterin https://etherscan.io/address/0xab5801a7d398351b8be11c439e05c5b3259aec9b . 
Saat tulisan ini dibuat, net worth saldo Vitalik adalah 120juta USD, tetapi Vitalik dikabarkan telah melakukan pencairan berkali kali yang nilainya cukup besar untuk keperluan makan dan donasi. 
Dan angka 400juta ini bisa diraih dengan mudah ketika harga ETH di tahun 2018 mencapai 1000 USD, maka aset milik Vitalik dipastikan melebihi 400juta USD menurut kalkulasi  atas saldo nya dan dikalikan dengan harga Ether pada saat itu. Tetapi karena harga ETH turun sob, maka aset nya juga drop. Setidaknya dia masih menjadi orang kaya akan uang dan pasti sangat sulit untuk miskin walaupun ETH harganya masih dibawah 10jt IDR/ETH.

Dermawan?

Banyak uang bukan berarti Vitalik pelit ya, dia juga aktif dalam berbagai donasi kemanusiaan. Bahkan lebih dari 4juta USD sudah dia sumbangkan untuk menunjukkan ke dermawanannya. 
Di 2018 dia mendonasikan hampir 1juta USD untuk MIRI (Machine Intelligence Research Institute) yang merupakan project non-profit dengan tujuan mulia yaitu mengawasi dan meneliti bahaya akan keberadaan AI. Sumbernya disini https://intelligence.org/2018/01/10/fundraising-success/
Kemudian pada Februari 2018 dia ikut nyumbang sebesar 2,4juta USD untuk SENS Research Foundation. Beberapa hari kemudian dia menyumbang lagi sebesar 100ribu USD untuk mendukung Internet Archive digital library. Dan masih banyak lagi sob, karena males gue sebutin. Tau sendiri kan duit dia banyak, jadi kalo cuma berkurang 10juta USD, dia masih kaya. 

Udah itu aja 

Admin
Admin Seorang yang skeptis terhadap opini, dan satu satunya fakta yang saya percayai adalah pengalaman saya sendiri.

Post a Comment for "7 Fakta Unik Vitalik Buterin yang Jarang Diketahui Orang"