4 Cryptocurrency Yang Di Backup oleh Emas

Emas adalah sebuah benda yang paling stabil nilainya. Saya berani mengatakan bahwa emas adalah poros dari semua mata uang yang ada.

Ribuan tahun yang lalu di negeri Arab, alat transaksi yang digunkan adalah menggunakan Dinar. Pada waktu itu, harga seekor kambing di Arab pada ribuan tahun yang lalu adalah 1 dinar (4,25gr emas). Mengejutkannya lagi, untuk harga kambing sekarang ini kita masih bisa membelinya dengan uang yang setara dengan 1 dinar atau 4,25 gr emas. Sangat berbeda ketika kita membeli kambing menggunakan uang kertas, sebagai contoh adalah Rupiah. 30 tahun yang lalu, atau lebih tepatnya di era kepresidenan Bp Soeharto, harga kambing adalah Rp 100.000 per ekor nya. Dan sekarang di tahun 2020 , harga kambing adalah Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 . Sangat terlihat perbedaan kekuatan Emas dan Rupiah.

Dinar bisa mempertahankan nilainya karena memiliki unsur intrinsik berupa emas, sedangkan Rupiah memiliki unsur intrinsik berupa kertas dan logam untuk unang koin.

Cryptocurrenncy yang Di Backup oleh Emas

Beberapa cryptocurrency di backup oleh barang barang berharga, seperti saham, real estate, perusahaan besar, dan emas. Keberadaan cryptocurrency saat ini bisa menjadi plan B seorang investor untuk menghindari kerugian. Kira-kira apa saja aset cryptocurrency yang di backup oleh Emas asli?

PMGT

PMGT atau Perth Mint Gold Token adalah token cryptocurrency yang bisa kamu tukarkan dengan Emas fisik asli. Sobat tidak perlu khawatir karena token yang di tukar memiliki rasio 1:1 dengan sertifikat yang di terbitkan melalui GoldApps dan dijamin oleh pemerintah Australia Barat.

PMGT bisa di perdagangkan dengan Bitcoin di bursa pertukaran KuCoin. Sobat tidak perlu melakukan KYC untuk bisa melakukan withdraw dengan nominal kecil.

PMGT merupakan aset yang paling efektif untuk di hold dalam jangka waktu lama atau untuk mengamankan aset kita ketika terjadi crash. Dengan nilai yang kuat, hal tersebut memungkinkan kita untuk memiliki nilai aset yang tetap dan kebal terhadap pengaruh ekonomi global yang sedang kacau.

DGX

DGX adalah token yang di sediakan oleh DigixGlobal dari Singapura. Token ini merepresetasikan 1 gram emas untuk 1 DGX. Rasio pertukaran seperti ini tentu saja memudahkan kita semua untuk menentukan jumlah portfolio yang ingin kita tukarkan masuk atau keluar dari DGX.

Emas asli disimpan dalam brankas aman yang juga diasuransikan oleh DigixGlobal. Brankas ini terletak di dua tempat yang sangat jauh, yaitu brankas pertama di Singapura dan brankas ke dua di Canada. Untuk menukarkan emas asli, sobat harus membayar biaya layanan sebesar 1% dari total value yang ditukarkan.

Untuk saat ini, volume pertukaran token DGX masih terbilang kecil dengan nilai 6juta USD. Tetapi ini bukan masalah besar, mengingat kita bisa memindahkan sebuah token yang merepresentasikan emas asli dengan lebih cepat dan lebih aman melalui token DGX ini.

PAXG

PAXG atau Pax Gold merupakan sebuah token dari US yang juga di backup penuh oleh aset emas batangan London Good Delivery. Emas ini di simpan pada sebuah brankas aman dari Brink’s US.

Emas yang membackup token PAXG ini dipegang oleh Paxos dan diawasi secara langsung oleh hukum negara US. Pembuat token menggunakan bantuan Ethereum Blockchain dan tipe token PAXG adalah ERC-20 , yang artinya sobat bisa menyimpan PAXG pada wallet seperti MyEtherWallet, MetaMask, dsb.

Sobat bisa menjual token PAXG menjadi Bitcoin atau menukarnya dengan emas. Volume transaksi untuk pertukaran PAXG di bursa lumayan besar, yakni $32juta.

XAUT

Tether yang selama ini terkenal dengan stablecoin nya , ternyata juga merilis XAUT yang merupakan token yang di backup oleh Emas asli. Model pertukaran token dan emas ini ditawarkan secara resmi oleh TG Commodities Limited. Setiap 1 XAUT setara dengan 1 troy fine ounce (31gr) emas.

Seluruh pengguna bisa melacak seluruh transaksi yang terjadi pada token XAUT dengan menggunakan Etherscan.

Bagi yang berminat untuk membeli XAUT, silahkan kunjungi Bitfinex sebagai bursa dengan volume transaksi tersbesar untuk pairs XAUT.

Keuntungan memiliki Token diatas

Emas adalah simbol kekayaan hingga sekarang ini. Ketika kita memiliki akses terhadap emas kita , maka sepenuhnya itu adalah milik kita. Harga emas cenderung tetap, hanya karena mata uang kertas yang terjadi inflasi setiap tahun, mengakibatkan harga emas seolah olah naik.

Emas bisa dijadikan sebagai plan B untuk mengamankan seluruh aset mu, termasuk aset digital. Apabila terjadi pandemi yang lain, setidaknya sobat sudah mengetahui harus kemana.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.