Review Mifi Huawei E5573 Setelah 2 Tahun Dipakai

Mifi Huawei E5573

Sudah lama admin ngga buat artikel soal review, kali ini mau Review Mifi Huawei E5573 setelah menemani selama tiga tahun. Ini adalah review objektif dan tidak di pengaruhi oleh sponsor manapun, jadi sobat tidak perlu khawatir saya berbohong.

Mifi Huawei E5573 milik saya adalah yang versi unlock bawaan, jadi tidak perlu melakukan beberapa trik unlock mifi untuk bisa menggunakan kartu all operator. Saya membeli mifi ini karena modem lama tidak mendukung koneksi 4G, jadi harus melakukan upgrade.

Ketika pembelian, saya mendapatkan bonus perdana Simpati dengan kuota 14GB perbulan dan didapatkan selama bulan berturut turut setelah mengaktifkan Mifi dan mengaktifkan kartu perdana.

Spesifikasi dan Harga Mifi Huawei E5573

Walaupun era peralihan dari 4G ke 5G mulai kita rasakan, tetapi keberadaan 4G untuk sekarang ini masih worth it untuk digunakan kebutuhan sehari hari seperti aktivitas sosmed, ngeblog, YouTube, transaksi onine dan lain sebagainya.

Mifi Huawei E5573 ini mendukung jaringan 4G LTE pada frekuenesi 800, 900, 1800, 2100, 2600 dan HSDPA pada frekuensi 900, 2100.

Modem ini memiliki dimensi 1,2cm x 9,8cm x 5,8cm dengan berat sekitar 75gram ketika terpasang batere. Feel ketika sobat memegangnya adalah seperti memegang sebungkus rokok Djarum Super isi 12 batang.

Untuk colokan ke antena eksternal, sayang nya tidak bisa di temukan pada Mifi E5573. Sehingga bagi yang areanya belum tercover sinyal yang bagus, kemungkinan besar tidak akan merubah keadaan.

Mifi PnP ini mendukung koneksi internet pada sistem operasi Android, iOS, Windows 10, Windows 8.1, Windows 7 , Linux, Mac OS, Windows XP dan Windows 2000.

Speed maksimal yang bisa di transfer dari Mifi mungil ini adalah hingga 150Mbps untuk jaringan 4G LTE dan 42Mbps untuk jaringan HSDPA.

Lubang charger nya masih menggunakan USB biasa dan belum medukung koneksi dengan kabel Type-C.

Mifi E5573 mendukung hingga 10 koneksi secara bersamaan dan juga bisa melakukan pemblokiran koneksi terhadap device tidak diinginkan terhubung ke mifi kita.

Hanya ada dua lampu indikator dan satu tombol yang tersedia pada Mifi E5573, yang sebelah kiri adalah lamu indikator kekuatan sinyal, apabila sinyal kuat, maka akan berwarna hijau, dan akan berwarna kuning jika jaringan sedang buruk. Sedangkan lampu yang kanan merupakan indikator batere. Batere hanya akan berwarna merah jika akan habis.

Tombol hanya memiliki fungsi untuk menghidupkan dan mematikan Mifi dengan cara hold dimana.

Modem mifi huawei E5573 : Review setelah dua tahun pakai
Belakang mifi huawei E5573

Baterenya berkapasitas 1500 mAh bukanlah tipe batere tanam, sehingga kita bisa mengganti dengan batere baru dengan mudah apabila batere yang lama sudah tidak layak dipakai. Jika dalam posisi digunakan secara terus menerus, mifi ini mampu bertahan setidaknya 5 jam. Ini juga tergantung oleh kualitas sinyal dan masa pakai Mifi.

Saya beli Mifi ini di toko komputer dengan harga 620rb pada tahun 2018 bulan September. Dan sekarang adalah tahun 2020 Oktober. Itu artinya Mifi ini sudah menemaniku selama 2 tahun.

Gunakan cangkang SIM Card yang paling besar ya, sob. Karena ini adalah modem model lama.

Jangan digunakan untuk menyelam, karena Mifi ini belum mendukung fitur Anti Air.

Build Quality & Durability

Material utama untuk membuat Mifi ini adalah plastik, tetapi ketika semua part disatuka dan dirangkai, maka mifi ini akan terasa solid dan berisi ketika di genggam.

Cangkang tutup batere atau cover belakang terbuat dari plastik mudah sekali di lepaskan ketika kita ingin gonta ganti kartu hanya menggunakan bantuan kuku jari kita.

Mifi ini berkali kali jatuh dari saku celana dan dari motor ketika motor bergerak. Titik ketinggian ketika mifi ini jatuh adalah sekitar 1 meter. Dan hingga saat ini kondisinya masih sangat aman.

Review Mifi Huawei E5573 Setelah 2 Tahun Pemakaian

Modem mifi huawei E5573 : Review setelah dua tahun pakai
Modem mifi huawei E5573 hitam

Dari tahun 2018 hingga sekarang tahun 2020, setidaknya saya sudah menggunakan Mifi selama 2 tahun lebih beberapa hari.

Saya sangat suka dengan sistem penangkap sinyal dari Mifi ini, dimana ketika saya menggunakan Device samsung untuk internet, sinyal yang muncul hanya 2 bar saja, tetapi ketika mifi ini saya gunakan sebagai alat internet saya, sinyal yang di dapatkan bisa full bar.

Dua tahun pemakaian saya sudah membeli batere sebanyak 2 pcs. Saya selalu menyiapkan batere cadangan ketika digunakan di luar rumah. Untuk harga 1 pcs batere berkisar antara 30 hingga 70rb tergantung kualitas yang diminta. Saya membelinya di Tokopedia.

Batere yang saya miliki cepat sekali habis saat ini, mungkin dikarenakan umur yang sudah sangat tua dan saya selalu membiarkan charging tetap tertancap ketika batere sudah penuh. Untuk menggunakannya pun saya selalu charging modem ini agar tetap hidup.

Pengguna modem ini dirumah ada sekitar 5 device terhubung, yaitu satu komputer dan empat smartphone android milik keluarga saya.

Kalau cuma buat download vidmate versi terbaru, modem ini jelas bisa. Karena saya sering meletakkan mifi ini di ventilasi udara, sehingga sinyal yang di tangkap sangat maksimal.

Kalau sobat lupa passwordnya, sobat bisa pencet tombol reset yang ada di belakang dibagian tepi batere bagian bawah.

Overall saya sangat terbantu dengan mifi ini. Setidaknya 4 perangkat smartphone saya jadi hemat batere dan adem , karena tidak mencari sinyal seluler 4G lagi untuk transfer data. Tetapi harganya saya rasa kurang cocok kalo masih di angka 600rb. Setidaknya ini cocok di kantong jika harganya 250rb – 300rb.

Btw ada aplikasi buat setting mifi huawei kita loh : Huawei HiLink.

Akhir kata

Seperti itu lah review singkat saya mengenai mifi huawei E5573 yang telah saya gunakan sejak tahun 2018 hingga tahun 2020. Semoga bisa membantu sobat yang sedang bingung.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.