Apa itu Dompet Kustodian VS Dompet Non-Kustodian?

Dompet Kustodian

Kira-kira apa itu dompet kustodian dan non kustodian di dalam dunia Bitcoin atau mata uang kripto?

Dalam dunia finansial kita pasti sering mendengar istilah kustodian, yang mana terkadang ini menjadi istilah baru bagi kita yang masih menjadi tunas di dunia investasi atau ilmu finansial.

Konsep dari dompet kustodian atau secara istilah “Custodial Wallet” hampir sama dengan istilah Bank Kustodian.

Apa itu Dompet Kustodian / Custodial Wallet

Dompet Kustodian adalah sebuah dompet yang kuncinya di kelola oleh pihak ketiga, dan penanggung jawab sepenuhnya ada di tangan pihak ketiga tersebut yang artinya kamu tidak memiliki akses secara penuh terhadap walletmu sendiri.

Di dalam mata uang kripto, banyak sekali perusahaan yang tidak memberikan private key sebuah wallet kepada pemiliknya, dan penggunanya pun menyetujuinya entah dalam kondisi sadar atau tidak sadar.

Saya yakin kamu pernah menggunakan layanan Dompet Kustodian ini jika kamu pernah bertransaksi jual beli mata uang kripto.

Contoh mudah Dompet Kustodian adalah dompet exchanger yang tersentralisasi seperti Coinbase, Binance, Indodax, Bittrex, HitBTC, Probit, Qtrade dan masih banyak lagi.

Pihak exchanger tidak akan pernah merilis private key mereka kepada pengguna dengan alasan keamanan tentunya. Mereka ingin pengguna percaya 100% kepada perusahaan mengenai keamanan dana yang di depositkan pada sebuah wallet.

Tidak ada salahnya jika kalian merasa nyaman menggunakan layanan mereka, untuk berjaga jaga saja daripada kalian menyesal, maka ada baiknya jangan menaruh seluruh aset mu dalam satu tempat yang sama, karena resiko peretasan tentu saja ada. Seperti tragedi MtGox yang pernah mengguncang jagat mata uang kripto. Maka dari itu, pililah Dompet Kustodian yang memiliki reputasi terbaik seperti Binance dan CoinBase.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Detail Pertukaran BitFlyer

Keunggulan Dompet Kustodian

Tentu saja ada hal yang berdampak positif terhadap keberlangsungan kita dalam mengelola aset apabila kita menggunakan Dompet Kustodian, yakni

  1. Transaksi Cepat ketika kamu memiliki koneksi internet
  2. Tanpa rasa khawatir kehilangan private key
  3. Backup perusahaan dengan level terbaik

Kekurangan Dompet Kustodian

Selain keunggulan, pastinya ada sisi kekurangan yang harus kamu terima, yaitu sebagai berikut

  1. Tidak bisa diakses secara offline
  2. Harus KYC
  3. Uang di kontrol oleh pihak ke tiga
  4. Ancaman penyalahgunaan data

Apa itu Dompet Non-Kustodian/ Non-Custodial Wallet

Sebenarnya pengertian dari Dompet Non-Kustodian hanya di balik saja, yaitu sebuah dompet dimana private key atau kunci aksesnya berada di tangan pemilik aset , dan tidak ada pihak mana pun yang berani menjamin keamanan kunci terebut kecuali pemilik.

Biasanya sebuah wallet menggunakan 2 metode login untuk mendapatkan kelola sepenuhnya pada wallet tersebut.

Yang pertama adalah menggunakan Raw Private Key , yaitu sebuah kumpulan string alfanumerik yang acak dan biasanya tersimpan di device pemiliknya.

Yang kedua adalah Mnemonic Seed yang merupakan kumpulan 12 hingga 24 kata yang membungkus beberapa private key sekaligus, sehingga dalam sebuah mnemonic seed yang valid, bisa saja menyimpan lebih dari satu wallet.

Beberapa contoh wallet yang di rekomendasikan untuk menyimpan mata uang kripto adalah : Electrum, Exodus, Hardware Wallet (Ledger Nano, Trezor).

Untuk exchanger DEX atau Decentralized Exchange juga menerapkan sistem Dompet Non-Kustodian, yang artinya exchanger tersebut langsung menghubungkan wallet mu dengan market tanpa menggunakan private key mu.

Baca Juga : Daftar 5 Block Explorer Bitcoin Terbaik saat ini

Hal ini bisa di temui pada EtherDelta, ForkDelta, IDEX dan DEX lainnya.

Keunggulan Dompet Non-Kustodian

Dompet Non-Kustodian memiliki beberapa keunggulan seperti :

  1. Pengguna mengontrol secara penuh asetnya
  2. Keamanan dalam pendanaan
  3. Penarikan instan
  4. Tidak ada KYC dan tidak mungkin ada penyalahgunaan data
Baca Juga :   Hold XRP di Binance, dapatkan Spark Token Gratis

Kekurangan Dompet Non-Kustodian

Untuk kekurangannya dompet non-kustodian ini adalah sebagai berikut

  1. Tidak ada backup dari instansi
  2. Beresiko device terkena virus yang mencuri private key

Pilih mana? Kustodian VS Non-Kustodian

Hal yang paling banyak dipertimbangkan dalam memilih Dompet Kustodian atau Dompet Non-Kustodian adalah mengenai private key.

Not your keys, not your Bitcoin

Not your keys, not your crypto

Private key adalah sebuah kunci paling penting untuk bisa mengakses wallet mu secara penuh.

Poin ini adalah bagian paling mendasar yang bisa menentukan pilihanmu utnuk menggunakan Dompet Kustodian atau Dompet Non-Kustodian.

Selain private key, kalian juga harus mempertimbangkan privasi , dimana era internet saat ini harta paling berharga adalah data. Google dan Facebook menjadi kaya raya bukan karena memiliki emas yang banyak , tetapi mereka memiliki data yang digunakan untuk bisnis iklan mereka. Yaitu data kita semua.

Kalian juga harus mempertimbangkan backup dan recovery wallet, untuk bisa menentukan pilihan kalian.

Saya rasa artikel ini sudah menjelaskan apa itu dompet kustodian dan dompet non-kustodian. Terimakasih sudah mau membaca hingga akhir paragraf.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *