Apakah Flip Aman? Ini Pengalaman Real Saya

Apakah Flip Aman?

Buat kalian yang masih kepo dan menanyakan apakah Flip aman digunakan untukt transfer uang, ada baiknya kita saling sharing pengalaman dalam menggunakan Flip.

Pertanyaan tersebut sangat wajar ditanyakan oleh orang-orang dengan tujuan berhati-hati. Kita tidak bisa melakukan transfer dan percaya dengan seseorang yang belum kita kenal sama sekali di Internet.

Apa itu Flip?

Flip adalah aplikasi transfer antar bank tanpa biaya admin. Jika kita melakukan transfer misalkan dari BRI ke BCA, maka biasanya kita dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500,- . Besaran biaya ini tergantung kebijakan masing-masing bank.

Tetapi jika kita menggunakan aplikasi Flip untuk melakukan transfer beda bank, maka kita akan bebas dari biaya admin.

Aplikasi buatan alumni Universitas Indonesia ini juga memiliki layanan untuk membeli pulsa dan paket data. Flip didirikan pada tahun 2015 oleh Raffi Putra Arriyan, Lukman Sungkar, Ginanjar Ibnu Solikhin yang merupakan lulusan Fakultas Ilmu Komputer, UI.

Cara kerja Flip untuk Transfer Uang

Proses transaksi antar bank yang terjadi menggunakan Flip adalah sangat simpel.

Faktanya untuk sekarang ini Flip memiliki banyak rekening bank berbeda. Hingga saat ini (4 November 2020) , Flip memiliki rekening bank berikut : BRI, BNI, BNI Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, BCA, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat, BTPN, BTPN Wow, Jenius, Permata Bank, Permata Bank Syariah.

Mekanisme Cara Kerja Flip

Cara kerja flip seperti gambar diatas, sebagai contoh kalian memiliki rekenig bank atau ATM BNI dan ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening BCA menggunakan bantuan Flip.

Flip menggunakan rekening BNI mereka untuk menerima uang dari kalian (pengirim) , sedangkan rekening BCA dari perusahaan Flip digunakan untuk mengirim uang ke rekening tujuan (penerima) ketika uang di rekening BNI sudah diterima oleh Flip.

Perlu diketahui bahwa, proses transfer di Flip, belum menggunakan Virtual Account, jadi kalian harus melakukan transfer biasa ke rekening Flip dengan kode unik yang diberikan pada 3 digit terakhir nominal transfer.

Apakah Flip Aman di gunakan?

Flip merupakan perusahaan yang sudah berbentu PT dan memiliki izin usaha yang lengkap. Saat ini, Flip sudah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor 18/196/DKSP/68 sejak tanggal 4 Oktober 2016.

Flip tidak diawasi oleh OJK, karena Otoritas Jasa Keuangan hanya mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, dan institusi keuangan lainnya. Sedangkan Flip sebagai perusahaan transfer dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Saya sendiri adalah testimoni objektif yang bisa menjawab pertanyaan “Apakah flip aman atau tidak?”

Jadi pertama kali saya menggunakan Flip adalah dihari Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020 jam 09:03 WIB. Transaksi pertama kali untuk melakukan percobaan , saya ingin mentransfer uang sebesar Rp 20.000,- dari rekening BNI Syariah milik saya sendiri ke rekening BCA milik saya sendiri.

Saya mendapati halaman seperti dibawah ini, yang menyuruh saya untuk melakukan transfer sebesar Rp 20.286 ke rekening BNI atas nama PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi dengan nomor rekening 1000437442.

Contoh halaman transfer Flip (5 November 2020)

Setelah saya selesai melakukan transfer dengan menggunakan BNI Mobile Banking, saya kembali ke aplikasi Flip, lalu menekan tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”.

Kemudian muncul halaman proses transaksi dengan timer 10 menit.

Selang 4 menit, Smartphone saya mendapatkan notifikasi bahwa transfer sebesar Rp 20.000 ke rekening BCA saya sendiri sudah berhasil. Flip juga mengirimkan bukti pembayaran melalui email kita.

Tanpa pikir panjang, untuk memastikan apakah flip aman atau tidak, maka saya langsung buka BCA Mobile Banking untuk mengecek mutasi rekening. Dan benar saja, uang Rp 20.000 telah masuk ke rekening BCA saya pada saat itu juga.

Lalu saya kembali ke aplikasi Flip untuk menyimpan bukti transaksi. Pada saat di halaman awal aplikasi Flip, saya melihat penambahan saldo Rp 286 yang merupakan kode unik untuk transfer tadi.

Ini menjawab pertanyaan apakah Flip aman atau tidak? Jawabannya adalah aman dan benar benar gratis.

Baca Juga : Cara Trading Bitcoin di INDODAX Bagi Pemula

Model bisnis Flip

Pasti banyak yang bingung, kalau Flip tidak mengambil keuntungan dari transaksi transfer, lalu mereka dapet duit dari mana?

Jadi sebenarnya Flip memiliki layanan Flip+ dan juga Big Flip, yang mana layanan ini menargetkan perusahaan besar dan ada biaya transfer di setiap transaksinya.

Selain itu, jumlah maksimal transfer antar bank bebas biaya adalah Rp 5.000.000,- per hari. Apabila dalam sehari melakukan transaksi lebih dari Rp 5.000.000,- maka akan dikenakan biaya Rp 2.500,- per transaksi.

Akhir Kata

Secara objektif saya suka menggunakan Flip untuk bertransaksi antar bank. Proses transaksi nya cepat dan juga tidak sulit, membuat saya lebih merekomendasikan Flip.

Nominal transfer terbesar saya adalah Rp 2.500.000,- dan berhasil terkirim ke rekening tujuan dengan aman.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.