Hati-hati Aplikasi Uniswap Palsu di Google Play Store

logo uniswap

Beredarnya aplikasi uniswap palsu mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati.

Uniswap merupakan exchanger DeFi terbesar saat ini dengan valuasi aset yang terkunci di dalamnya mencapai sebesar $1,3 miliar. Keberadaan Uniswap secara tiba-tiba meroket tajam bersama dengan token-token DeFi lainnya yang sedang hype beberapa bulan terakhir ini. Banyak investor mem-primadonakan project dan start up berbasis DeFi karena lebih menguntungkan dan minim resiko untuk saat ini.

Token DeFi juga menyimpan resiko yang sangat besar apabila kita salah melakukan keputusan dalam berinvestasi. Contoh token DeFi yang sangat fluktuatif adalah yfi , dimana ketika bulan Juli 2020 , harga token yfi hanya $731 saja atau setara dengan 11juta rupiah per 1 token yfi. Lalu pada September 2020 , terjadi peningkatan yang sangat drastis hingga ke level $43,850 atau setara dengan 635juta rupiah per 1 token yfi. Ini sangat gila bukan, hanya dalam waktu 2 bulan saja sebuah token bisa mencapai 57x lipat harganya. Tetapi harga terjun kembali pada awal November 2020 di level $8,000 atau setara dengan 116juta rupiah per 1 token yfi.

Keberadaan Uniswap membuat posisi DeFi menjadi semakin kuat. Uniswap sendiri adalah bursa pertukaran terdesentralisasi (Decentralized Exchange / DEX) berbasis protokol Ethereum untuk swap token ERC-20. Kalian bisa mendapatkan uang di Uniswap dengan menyediakan liquiditas melalui sepasang aset, sebagai contoh ETH dan DAI. Tidak perlu melakukan pendaftaran untuk mulai bertransaksi, cukup hubungkan wallet mu dengan Uniswap, dan mulailah mencoba fitur-fitur Uniswap yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Munculnya Aplikasi Uniswap Palsu

Warga twitter bernama Alex Saunders dari Australia yang merupakan CEO dan Founder Nugget’s News melaporkan bahwa salah satu membernya telah kehilangan $20,000 atau setara dengan 290juta rupiah pada aplikasi Uniswap palsu yang ada di Google Play Store.

Baca Juga :   Indonesia bakal punya Rupiah digital

Setidaknya ada 100 review palsu yang dibuat oleh oknum penipuan ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna baru. Dengan percaya diri, member dari Alex Sauders ini meng-input private key ke aplikasi Uniswap palsu ini. Dia tidak menyadari bahwa ini bukanlah Uniswap DEX yang asli. Dan pada cuitan yang di buat oleh Alex, diminta warga twitter untuk melakukan retweet info tersebut dan melakukan report pada Aplikasi uniswap palsu yang ada di Google Play Store

Aplikasi berbahaya tersebut di rilis oleh Uniswap Inc yang merupakan perusahaan palsu yang hingga kini belum diketahui profil dan datanya. Sekilas nampak seperti aplikasi official Uniswap, karena memang sangat serupa dengan yang ada di website mulai dari logo, desain UI dan penamaan.

Untuk sekarang ini, aplikasi uniswap palsu tersebut telah di hapus dari Google Play. Mungkin ini dampak dari banyaknya orang yang melakukan laporan (report) terhadap aplikasi tersebut.

Penipuan Crypto

Keberadaan crypto-scam atau penipuan mata uang kripto sudah sangat banyak terjadi seiring dengan banyaknya orang baru yang mulai tertarik dengan Bitcoin dan cryptocurrency. Keberadaan penipuan ini mulai dari skema ponzi dan bentuk kebohongan publik lain telah menghabiskan dana investor seluruh dunia sebesar $4,3 miliar pada tahun 2019.

Selain ponzi, penipu juga selalu memanfaatkan kondis ekonomi saat ini. Banyak sekali start up DeFi yang mulai banyak melakukan scam . Developer project terkait, melarikan diri setelah dia mendapatkan uang dari investor. Tak lain ini adalah memanfaatkan hype yang sedang terjadi pada jagat mata uang kripto.

Baca Juga :   Ibu Vitalik Buterin dan misinya hidup di dunia

Usahakan selalu berhati hati dalam melakukan transaksi apapun di dunia cryptocurrency. Gunakan dompet cryptocurrency ter-aman agar kalian tetap bisa menjaga aset kalian

Baca juga : 5 Hardware Wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency dan Perbandingan Ledger VS Trezor, Mana yang terbaik?

Akhir Kata

Sekian untuk informasi yang bisa saya berikan, semoga kalian terhindar dari aplikasi aplikasi berbahaya yang ada di smartphone maupun pc desktop.

Jangan pernah membagikan private key kepada orang yang tidak kalian percaya. Atau kalian bisa menggunakan kustodian wallet apabila merasa kesulitan me-manage wallet yang kalian miliki.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *