Penjelasan Arti Staking Kripto Secara Simpel

Apa arti staking kripto

Dalam dunia digital finance, arti staking kripto sangatlah identik dengan dengan mekanisme Proof Of Stake (POS).

Secara garis besar, pengertian Staking kripto adalah penguncian sejumlah saldo yang berupa mata uang kripto kedalam sebuah wallet yang menjalankan full node pada blockchain.

Saldo yang dikunci ini dijadikan sebagai jaminan sekaligus bukti atas kepemilikan pemegang koin untuk menjalankan fungsi node di blockchain tersebut.

Ketika kalian melakukan deposit pada wallet yang digunakan untuk staking, kalian di sebut sebagai Forger , yang mana ini merupakan serapan dari kata forging yang artinya adalah menempa. Menempa disini adalah kalian sebagai orang yang memperkuat node yang telah ada.

Biasanya untuk ikut serta dan berpartispasi menjadi staker/forger , kita diwajibkan memiliki sejumlah aset yang terbilang besar.

Apa arti Staking di Ethereum 2.0

Staking di Ethereum 2.0 adalah sebuah mekanisme baru ethereum baru untuk bisa mendapatkan reward berupa koin ETH berdasarkan jumlah aset kita yang ditahan pada proses staking.

Apabila kalian ingin menjadi seorang validator staking di Ethereum 2.0 , maka kalian setidaknya harus menyiapkan 32 ETH , dimana kalian akan mendapatkan hadiah berupa koin ETH sebesar 4% hingga 10% berdasarkan jumlah koin yang kalian taruh.

Semakin besar aset yang kalian taruhkan, maka semakin besar pula hadiah yang akan kalian dapatkan.

Jadi, di Ethereum 2.0 ini, kita tidak memerlukan sebuah komputer dengan spesifikasi tinggi untuk bisa ikut mining, kita hanya perlu sebuah wallet yang terhubung ke internet selama 24 x 7 . Apabila wallet kita offline dalam periode waktu tertentu, maka kita akan terkena pinalti.

Pastikan wallet Ethereum kalian tersingkronisasi terus, apabila kalian menggunakan komputer rumah, maka usahakan jaringan listrik dan internet stabil.

Dan apabila kalian menggunakan VPS , maka pastikan provider yang kalian pilih adalah yang paling aman, karena kita akan menaruh aset yang besar di VPS tersebut, yaitu Ethereum kita.

Staking Pool

Staking Pool merupakan sekumpulan orang orang yang membuat grup utnuk melakukan staking menjadi satu kekuatan yang besar. Staking pool adalah solusi paling tepat bagi kita yang kekurangan dana yang di syaratkan jaringan blockchain untuk bisa ikut serta dalam mining menggunakan konsensus POS.

Jadi, akan banyak orang yang menggunakan aset mereka masing masing pada sebuah pool (patungan uang), yang nantinya akan menjadi satu validator dan di operasikan oleh operator pool tersebut.

Hadiah akan di bagikan kepada semua wallet yang terlibat di dalam pool tersebut berdasarkan presentase jumlah aset yang di staking. Dengan begitu kita akan bisa merasakan menjadi staker dan bisa lebih mengetahui apa arti staking kripto pada sebuah jaringan Blockchain.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Ethereum Gratis Modal HP Android Saja

Sebagai contoh di jaringan Ethereum 2.0 syarat minimal menjadi validator adalah 32 Ethereum, sedangkan Budi hanya memiliki 10 Ethereum, Anton memiliki 10 Ethereum dan Rahmat memiliki 20 Ethereum. Kemudian mereka bertiga sepakat membentu sebuah pool yang beranggotakan mereka sendiri dan Budi sebagai operatornya. Jumlah aset yang di staking dalam pool adalah 10+10+20 = 40 Ethereum dan wallet bisa digunakan untuk staking.

Pembagian hadiah dari staking nya adalah sebagai berikut :

  • 10 / 40 x 100% = 25% adalah milik Budi
  • 10 / 40 x 100% = 25% adalah milik Anton
  • 20 / 40 x 100% = 50% adalah milik Rahmat

Akhir Kata

Sekian, informasi yang bisa saya berikan mengenai apa arti staking kripto Ethereum 2.0. Segala bentuk investasi yang kalian lakukan, sepenuhnya tanggung jawab masing masing. Saya tidak merekomendasikan untuk pemula dan untuk yang belum memahami mengenai sistem staking ini.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.