5 Hardware Wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency

hardware wallet terbaik

Melakukan pemilihan hardware wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency sangat penting dilakukan agar aset yang kita simpan tetap terhubung dan hanya terhubung kepada diri kita masing masing.

Ini adalah tips untuk kalian yang ingin mencari hardware wallet terbaik agar kalian merasa aman ketika menyimpan mata uang kripto. Dan untuk kali ini yang saya bahas adalah hardware wallet, dimana dengan dompet jenis ini , lapisan keamanan ketika kalian terhubung dengan aset digital akan lebih aman dan minim resiko.

Banyak penyedia produk hardware wallet untuk menyimpan aset kripto, dan untuk yang populer adalah Ledger Nano vs Trezor , tetapi yang paling aman belum tentu wallet tersebut.

Silahkan kalian baca panduan yang saya tulis ini agar lebih clear dalam memahami setiap hardware wallet yang tersedia di pasaran.

Apa itu hardware wallet?

Sedikit pengenalan saja mengenai hardware wallet. Ini adalah sebuah dompet portable yang memberikan kita lapisan keamanan ekstra untuk mengakses aset kripto seperti BTC, ETH, XRP, token ERC-20 dan lain-lain. Dompet jenis ini bisa dipegang dan memiliki bentuk fisik nyata. Biasanya kita butuh port USB atau Bluetooth untuk menghubungkan hardware wallet ke komputer kita dan melakukan verifikasi atau meng – approve transaksi.

Pengguna hardware wallet saat ini tidak begitu banyak, karena ini adalah wallet berbayar dan harganya juga cukup mahal. Tetapi lapisan keamanan yang ditawarkan lebih bagus daripada wallet biasa yang gratis.

Daftar 5 hardware wallet terbaik

Dibawah ini adalah daftar hardware wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency dengan layer keamanan ekstra. Semua keputusan bagus atau tidak adalah relatif berdasarkan selera dan kebutuhan masing masing.

Baca Juga :   Pemilik Bitcoin Meninggal, Gimana nasib Walletnya?

1. NGRAVE

Pesaing baru di industri ini adalah NGRAVE ZERO. Hardware wallet dengan fitur paling baru ini jarang sekali didengar karena memang umurnya yang sangat muda. NGRAVE ZERO diklaim sebagai ‘coldest wallet’ atau dompet terdingin dikerenakan perangkat ini tidak memungkinkan terhubung ke internet dengan cara apapun. Tidak menggunakan USB dan tidak menggunakan bluetooth, WiFi dan NFC, ZERO hanya menggunakan QR Code satu arah untuk menyampaikan informasi dan data ke perangkat yang terhubung, tetapi tetap dalam kondisi offline.

QR Code satu arah dari NGRAVE

Layarn LCD 4 inch menyesuaikan dengan bodi nya yang cukup bongsor dengan dimensi 125x72x14 mm. Build quality nomor wahid yang menggunakan bahan full metal, anti air, anti terbakar, anti banting , anti karat membuat wallet memiliki durabilitas yang terbaik. Device ini dilengkapi dengan kamera dengan resolusi 640 x 480 buat scan QR Code. Baterenya diklaim awet dengan kapasitas 1200 mAh dan bisa di charge menggunakan kabel port USB.

Keunggulan : NGRAVE wallet yang paling inovatif untuk tahun 2020 ini yang di kembangkan bersama dengan imec yang merupakan perusahaan di industri Nanoelectronic dan Chip manufacturing. Sedangkan untuk keamanan kriptografi, NGRAVE bekerjasama dengan Cosic.

Kekurangan : komunitas masih sedikit, sehingga sulit cari informasi dan pengalaman pengguna orang lain. Dan juga untuk membelinya harus Pre-Order.

2. BitBox02

Bitbox02 wallet bitcoin dan cryptocurrency

BitBox02 adalah sebuah perangkat USB-C simpel yang bisa digunakan untuk me-manage aset digital dengan mudah. Tampilan sangat minimalis bahkan screen tidak akan aktif ketika perangkat ini tidak terhubung ke laptop atau PC. BitBox02 terlihat seperti sebuah alat rahasia yang khas banget dengan nuansa klasik Swiss, yaitu berkualitas dan privasi terjaga.

Dalam paket penjualannya , kalian akan mendapatkan USB adapter agar bisa di hubungkan ke port USB Laptop standar (USB-A), kabel ekstensi USB agar bisa mengakses dengan jangkauan lebih panjang, micro SD untuk backup, gantungan dan stiker.

Baca Juga :   Beberapa Prediksi Pengganti Bitcoin Masa Depan

Melayani sejak tahun 2016 dan telah terjual di lebih dari 100 negara, ternyata BitBoxApp menawarkan penghubungan yang mudah terhadap Bitcoin full node milikmu sendiri. Ada dua edisi BitBox02, yaitu Bitcoin edition yang hanya untuk menyimpan BTC saja, dan BitBox02 Multi edition yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin dan Altcoin , termasuk ERC-20 milik Ethereum. Untuk harga Bitcoin edition dan Multi edition adalah sama yaitu 99 Euro atau sekitar Rp 1.650.000,- .

3. Trezor

Trezor hardware wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency

Trezor adalah wallet offline yang bisa menyimpan berbagai macam aset crypto. Bodinya dari plastik dan ada layar berwarna touchscreen berukuran 240 x 240 pixel untuk Trezor model T.

Wallet Trezor cukup terkenal karena mendukung banyak sekali aplikasi wallet cryptocurrency populer seperti Electrum, MyEtherWallet, MetaMask dan lain sebagainya.Kalian juga bisa menyimpan token ERC-20 dengan Trezor ini.

Ada dua jenis wallet Trezor saat ini, yaitu Trezor One dan Trezor T. Keduanya memiliki perbedaan pada tampilan fisik dan dukungan aset kripto yang mana Trezor model T lebih unggul. Untuk selisih harga wallet Trezor One dan Trezor model T adalah 1.6 juta dimana Trezor One harganya 800rb dan Trezor mode T harganya adalah 2.4 juta.

Pembahasan lengkap mengenai Trezor bisa dibaca di sini : Perbandingan Ledger VS Trezor, Mana yang terbaik?

4. Ledger Nano X

Ledger Nano hardware wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency

Ledger Nano adalah pesaing Trezor untuk hardware wallet paling populer saat ini. Dari segi kompatibilitas, baik Ledger maupun Trezor hanya beda tipis saja. Bahkan bisa dikatakan seimbang, pertimbangan lain yang bisa dijadikan patokan adalah dari segi tampilan desain.

Ledger Nano X dan Ledger Nano S mengusung desain yang lebih elegan, modern dan keren daripada pesaingnya. Tampilan minimalis serta balutan metal membuat feel ketika di genggam memiliki kesan aman dan terlindungi. LCD kecil di bagian permukaan menambah kesan trendy dan juga futuristik. Ini adalah wallet aman yang anak muda banget.

Baca Juga :   Exchanger Mata Uang Kripto asli Indonesia yang Legal

Pembahasan lengkap mengenai Ledger bisa dibaca di sini : Perbandingan Ledger VS Trezor, Mana yang terbaik?

5. KeepKey

KeepKey hardware wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency

Mirip mirip seperti Ledger, KeepKey merupakan wallet yang jarang di sebut-sebut orang Indonesia. KeepKey dirilis oleh Shapeshit pada range harga $239 atau setara dengan 3,4juta rupiah.

Ini termasuk dalam dompet offline, tetapi ketika menggunakannya kamu harus menginstall Google Chrome terlebih dahulu untuk mengatur PIN. Dan untuk setiap transaksi yang akan dieksekusi, maka layar LCD pada device ini akan menampilkan detail transaksi tersebut.

Dengan mengintegrasikan ShapeShift exchanger, kalian bisa melakukan convert koin secara instan melalui dompet ini.

Pengguna KeepKey masih sedikit, jadi komunitasnya belum kuat seperti Trezor dan Ledger. Keberadaan komunitas ini sangat penting untuk saling bertukar pengalaman pengguna, sehingga kita sendiri bisa lebih memahami device yang kita miliki. Dan lagi, untuk melakukan transaksi, pengguna harus meginstall software seperti Electrum agar transaksi bisa terjadi.

KeepKey hanya akan berfungsi ketika terhubung melalui kabel USB dan internet. Sebuah pertimbangan yang harus kalian pikirikan terlebih dahulu sebelum memilih wallet ini.

Akhir Kata

Dalam memilih hardware wallet terbaik untuk menyimpat aset digital, kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Jika sekiranya di masa depan kalian memiliki aset yang banyak dan perlu keamanan ekstra, maka pilihlah wallet terbaik seperti NGRAVE , dan apabila kalian hanya ingin mencoba coba hardware wallet, kalian bisa beli Trezor One atau Ledger Nano S.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *