5 Hosting Terbaik di Indonesia dengan Harga Menarik

5 Hosting terbaik di Indonesia

Memilih hosting terbaik di Indonesia memang sedikit rumit bagi orang baru yang ingin terjun dalam dunia website, dimana pengalaman yang dimiliki belum mencukupi untuk menentukan pilihan.

Kondisi pasar untuk persaingan pelayanan hosting di Indonesia pun kini semakin ketat, bahkan ada provider hosting yang rela banting harga untuk menarik konsumen baru. Bahkan dengan 8ribu rupiah saja kalian sudah bisa memiliki hosting, lho!

Dengan begitu kita sebagai pengguna layanan hosting sekaligus pemilik website akan diuntungkan dengan upaya mereka yang ingin memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah sebuah media untuk menyimpan seluruh aset yang di gunakan oleh website dengan tujuan agar bisa di tampilkan kepada visitor website. File yang disimpan dalam sebuah hosting biasanya adalah gambar, video, script, email, plugin dan database.

Jika tidak memiliki hosting, maka kamu tidak akan bisa menyimpan data data untuk menampilkan halaman website. Sehingga para netizen tidak akan bisa melihat website kamu.

Memiliki sebuah hosting adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memiliki website atau blog. Lalu setelah memilih layanan hosting, kamu harus berbelanja domain juga agar website kamu mudah di kunjungi oleh netizen.

Jenis-jenis Hosting

Ada beberapa jenis hosting yang biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan hosting dan setiap jenis memiliki spesifikasi yang dikhususkan untuk tujuan tertentu. Berikut adalah jenis-jenis hosting yang umum ada di Indonesia

Shared Hosting

Ini adalah layanan yang paling umum ditemukan hingga saat ini. Shared Hosting adalah layanan hosting yang mana satu server hosting digunakan oleh beberapa pengguna secara bersamaan.

Konsep Shared Hosting adalah seperti segerombol mahasiswa menyewa sebuah rumah yang di dalamnya ada 10 kamar tidur. Jadi 10 mahasiswa tersebut hanya akan patungan 10% saja dari harga sewa rumah. Ini tentu saja lebih murah karena masing-masing mahasiswa patungan untuk membayar sewa menempati kamar mereka. Sedangkan kamu adalah salah satu dari 10 mahasiswa tersebut.

Tetapi kamu tidak perlu mencari banyak orang untuk bisa menyewa hosting, karena pada dasarnya ini adalah jenis layanan yang di tawarkan penyedia layanan hosting untuk mempermudah kalian dalam memilih hosting yang pas untuk website kalian.

Sangat wajar dimana kalian bisa membuat sebuah website dengan harga 8ribu rupiah saja dengan layanan shared hosting ini karena kamu hanya memiliki kamar tidur saja. Ini sangat direkomendasikan buat blogger baru atau orang yang pengen punya website pribadi.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah kasta yang berada di atas Shared Hosting dimana kamu adalah pemilik tunggal atas server yang kamu miliki. Semua resource yang ada di server mu adalah milikmu sendiri dan kamu bebas untuk menggunakannya sesuka hatimu dengan resiko mu sendiri.

Konsep Dedicated Hosting adalah seperti kamu menyewa rumah sendiri atau rumahpribadi tanpa ada orang lain yang ganggu.

Harga Dedicated Hosting relatif lebih mahal, karena memang spesifikasi yang di tawarkan juga lebih baik daripada model Shared Hosting. Ketika kamu memiliki server Dedicated Hosting, kamu akan mendapatkan resource yang besar dan bisa digunakan untuk meng-handle banyak pengunjung. Hosting tipe ini cocok untuk kamu yang ingin membuat website e-commerce atau marketplace.

VPS Hosting

VPS Hosting itu seperti shared hosting, tetapi ini lebih bagus karena kita bisa dengan leluasa melakukan kustomisasi spesifikasi server yang akan kita buat.

Konsepnya seperti ini. Lalau di Shared Hosting itu setiap kamar sudah ada kasur, lemari dan meja belajar yang sudah bawaan dari pemilik rumah, artinya kita tentu ada yang cocok dan ada yang tidak cocok. Entah itu soal jenis kasur, model meja atau besarnya lemari dan layoutnya juga.

Tetapi di VPS kalian bebas memilih spesifikasi CPU, RAM dan Disk yang nantinya akan kalian gunakan untuk menyimpan database kalian. Analoginya seperti kalian di beri kamar oleh pemilik rumah, tetapi bebas milih barang apa aja dan model yang seperti apa yang akan kalian bawa di kamar kalian.

Untuk mengelola VPS kalian harus paham mengenai cara cara mengelolanya, karena mostly penyedia layanan VPS akan menyerahkan seluruh settingan kepada penyewa. Jadi setidaknya kalian membutuhkan seorang ahli IT di samping kalian.

Penggunaan VPS Hosting cocok untuk bisnis dengan skala menengah yang mulai meningkat jumlah visitor. Contoh website yang menggunakan VPS Hosting adalah blog milik sugeng.id .

Cloud Hosting

Ini adalah kasta tertinggi dalam jenis hosting saat ini. Cloud Hosting atau Cloud Server adalah sebuah media penyimpanan database website yang berbasis cloud atau awan. Cloud Server umumnya digunakan oleh website yang memiliki traffic besar dan membutuhkan adjust spesifikasi pada waktu tertentu.

Konsep Cloud Server itu seperti kamu punya beberapa rumah di lokasi berbeda. Jadi misalkan salah satu dari rumah mu terbakar, kamu masih bisa tidur di rumah lainnya. Sehingga kamu tidak akan kesulitan.

Dengan adanya Cloud Server ini kamu tidak akan mengalami kejadian menyedihkan seperti Server Down atau hang.

Ini cocok buat kamu yang jualan tiket transportasi atau bisnis yang memiliki musim ramai pada momen tertentu saja.

Penjualan tiket akan mengalami peak season ketika Lebaran , karena akan banyak orang mudik dan memesan tiket secara online. Maka dengan bantuan Cloud Server kamu bisa meng-adjust spesifikasi servermu menjadi lebih besar dalam kurun waktu sementara untuk bisa menerima seluruh trafik yang terjadi pada momen lebaran tersebut. Sehingga website tidak akan down ketika banyak orang yang mengunjungi website mu.

5 Hosting Terbaik di Indonesia

Daftar 5 Hosting terbaik di Indonesia yang saat ini menjadi rekomendasi terbanyak dari orang orang yang menggunakan layanan hosting.

1. Niagahoster

Saya menempatkan Niagahoster di peringkat pertama karena ICONEWSMEDIA.COM menggunakan layana hosting dari Niagahoster untuk menyimpan database serta file file yang dibutuhkan oleh blog ini . Di Niagahoster ada beberapa tipe hosting yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk harga termurah yang bisa kamu beli di Niagahoster adalah hosting degan harga 10ribu rupiah. Untuk harga yang paling laris adalah dengan harga Rp 53,000 per bulan kamu bisa mendapatkan Domain Gratis, Disk Unlimited, Bandwith Unlimited, SSL Gratis dan beberapa fitur lainnya.

2. JagoanHosting

Di Jagoanhosting hanya tersedia Cloud Hosting dan juga VPS. Pengguna di Jagoanhosting biasanya adalah pebisnis besar dengan market yang luas.

Harga untuk Cloud Hosting di Jagoanhosting adalah 45ribu rupiah per bulannya. Jika kalian membeli dengan durasi setahun, maka kalian akan mendapatkan free Domain TLD.

3. Hostinger.co.id

Hostinger memiliki server fisik di Singapura. Web hosting milik Hostinger ID memiliki kecepatan yang sangat bagus untuk diakses dari negara ASEAN dan OCEANIA.

Kalian bisa memiliki hosting dengan harga mulai dari 8900 rupiah. Sedangkan untuk paket yang paling banyak digunakan untuk Shared Hosting adalah mulai dari 38ribu rupiah.

Fitur utama di Hostinger adalah Unlimited bandwith, free SSL dan domain gratis yang bisa kalian gunakan untuk branding website kalian.

4. Rumahweb

Rumahweb adalah penyedia layanan hosting yang menawarkan biaya pembuatan website lebih terjangkau dengan peforma server yang bagus.

Server fisik berada di negara Indonesia tepatnya di Jogjakarta. Rumahweb berdiri sejak tahun 2002 dan menjadi penyedia web hosting dengan pengguna terbanyak di tahun 2019.

Kini Rumahweb memiliki 30 server yang terletak di Indonesia, Singapura dan Amerika Serikat.

5. Domainesia

Domainesia berdiri sejak tahun 2009 dan bermula dari kota Jogjakarta. Harga hosting di Domainesia cukup bersahabat, yakni dengan 33ribu rupiah per bulan kamu bisa mendapatkan web hosting dengan bandwith unlimited dan juga gratis SSL.

Untuk pengalaman menggunakan layanan dari domainesia adalah, respon dari Customer Service yang paling tanggap adalah nilai plus untuk jajaran tim di Domainesia.

Akhir Kata

Itulah daftar 5 hosting terbaik di Indonesia menurut ICONEWSMEDIA, silahkan kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian agar mendapatkan server yang pas.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.