Sah! Ethereum 2.0 Mengudara 1 Desember 2020

ETH 2.0 1 desember

Update terbesar pada Ethereum dari versi pertama menjadi versi ke dua ini menjadi berita paling santer di jagat ekonomi digital. Ekosistem Ethereum yang biasanya menggunakan Proof Of Work untuk mendapatkan hadiah, sekarang kita siap untuk menyambut algoritma konsensus baru yaitu Proof Of Stake di Ethereum 2.0 mendatang.

Dalam update besar ini, jaringan Ethereum setidaknya membutuhkan 524,288 Ethereum untuk bisa mulai men-trigger terjadinya genesis yang pada tanggal 1 Desember 2020. Dan hingga saat ini, tepatnya satu minggu sebelum Genesis Eth2.0 megudara, sudah terkumpul 727,744 Ethereum dalam wallet kontrak Ethereum 2.0 .

Jumlah minimum bagi peserta staking Ethereum adalah harus mengirimkan 32 Ethereum ke contract address dengan mengikuti langkah-langkah serta beberapa penjelasan mengenai cara staking di Ethereum pada link ini. Tetapi jika kalian tidak memiliki 32 Ether , kalian bisa menggunakan jasa staking pool. Tentunya sebelum memilih jasa staking Ethereum , kalian harus melakukan riset terlebih dahulu. Karena kita semua tidak bisa mempercayakan uang kita dengan mudah kepada orang yang belum kita kenal.

Penjelasan proof of stake

Staking adalah hal yang kamu lakukan dengan tujuan menjadi validator dalam sistem proof-of stake. Pada update Ethereum 2.0 , mekanisme konsensus ini adalah pengganti dari sistem proof-of-work yang sekarang masih di pakai Ethereum untuk memproses transksi di jaringan blockchain. Dengan adanya proof-of-stake, maka setidaknya akan mengurangi emisi listrik yang dihabiskan oleh miner untuk menambang Ethereum. Untuk menjadi validator di Eth 2.0 , kalian cukup mengirimkan Eth pada deposit contract yang disediakan etehereum.

Ketika Ethereum kalian menjadi stake di contract address, maka kalian tidak bisa melakukan withdraw dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Ini untuk menghindari terjadinya ketidakstabilan jaringan yang tentu saja akan membahaykan jaringan blockchain Ethereum. Setidanya pada Ethereum 2.0, kalian harus menahan Koin Eth hingga Fase pertama selesai, dan itu memakan waktu sekitar 2 tahun. Artinya kalian tidak diperkenankan melakukan withdraw selama 2 tahun kedepan. Dan untuk melakukan Withdraw, kalian harus melakukan backup Mnemonic yang merupakan kata-kata random seperti seed phrase.

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja Menambang Koin dan Transaksi Terjadi Pada Blockchain

Lebih banyak validator yang bergabung, akan semakin aman jaringan blockchain tersebut. Pada jaringan blockchain, untuk bisa mengontrol keputusan konsensus, maka setidaknya dibutuhkan 51% kontribusi jaringan, yang mana apabila hal ini terjadi, justru ekosistem blockchain tersebut akan terancam keberadaannya. Ini adalah 51% attack, yang mana satu entitas atau satu orang melakukan pengendalian penuh terhadap keputusan jaringan. Semua orang tidak menginginkan ini terjadi , maka dari itu, semakin banyak aset yang di stake dan semakin banyak validator, maka semakin sulit 51% attack akan terjadi.


Nah, untuk menyambut Ethereum 2.0 pada bulan Desember 2020, kira kira persiapan apa yang akan kalian lakukan? Apakah kalian akan melakukan staking ETH, trading ETH, atau kalian tidak tertarik sama sekali dengan ETH?

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.