Apa itu Smart Contract Ethereum? Ini penjelasannya

Smart Contract

Baiklah untuk menjawab Apa itu Smart Contract Ethereum maka kalian harus mengetahui bahwa Ethereum adalah platform bisnis.

Ethereum merupakan platform yang didirikan oleh Vitalik Buterin dengan tujuan untuk menyempurnakan keberadaan Bitcoin. Meskipun demikian keberadaan ethereum masih menjadi nomor dua di bawah Bitcoin.

Dengan memiliki segudang fungsi seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya platform ini lebih banyak dipakai untuk keperluan bisnis dibidang cryptocurrency dan kriptografi.

Smart contract adalah bagian penting pada jaringan Ethereum yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam melakukan bisnis secara digital.

Apa itu Smart Contract?

Smart contract adalah sebuah aplikasi yang berjalan secara terprogram tanpa adanya kemungkinan down (mati) atau penipuan atau interferensi dari pihak ketiga. Tidak memiliki fisik, smart contract ini adalah berupa janji secara digital yang dibuat menggunakan kode-kode pemrograman termasuk protokol-protokol yang harus dipatuhi oleh pihak yang berkaitan.

Secara mudahnya Smart Contract itu adalah sebuah program yang mengeksekusi secara otomatis persetujuan dan operasinya seperti logika jika/maka (if/then). Jika suatu persyaratan terpenuhi maka secara otomatis smart contract akan melakukan sebuah eksekusi terhadap perintah yang telah dituliskan dalam kode.

Untuk membuat sebuah smart contract kita harus memiliki skill pemrograman yang cukup. Walaupun begitu kita masih bisa memperkerjakan programmer untuk membuatkan smart contract yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga : Segudang kegunaan Ethereum yang harus diketahui

Untuk memperkuat keberadaan smart contract di ethereum, teknologi blockchain digunakan untuk membackup seluruh kode-kode yang diupload. Hal ini bertujuan agar tidak ada pihak yang bisa melakukan pengeditan data smart contract yang telah disepakati.

Baca Juga :   Investasi Properti Menggunakan Cryptocurrency Bersama REALISTO

Komponen pada Smart Contract Ethereum

Kontrak cerdas juga memiliki beberapa komponen untuk bisa berjalan sesuai dengan perintah. Berikut komponen-komponen atau atribut yang ada pada smart contract milik ethereum.

Pertama Program Komputer. Secara simple smart contract adalah sebuah program komputer yang di sini arti dari kata kontrak tidak memiliki legalitas yang pasti.

Kedua-Immutable. Jadi ketika Smart Contract sudah dibuat maka kodenya akan bersifat immutable yang artinya tidak akan ada yang yang bisa mengubah meretas atau memanipulasi kode tersebut. Ini juga berarti smart contract tidak akan bisa di matikan secara sepihak.

Ketiga-Bekerja Sendiri. Smart Contract mampu melakukan pekerjaannya sendiri tanpa perlu bantuan pihak ketiga atau perantara.


Itulah penjelasan mengenai Apa itu smart contract ethereum yang bisa Anda pahami. Semoga tulisan ini bisa mengobati rasa penasaran kalian mengenai smart contract dan juga bisa bermanfaat untuk ilmu pengetahuan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *