Apa itu Uniswap? Inilah Penjelasan Detailnya

Uniswap

Jadi, Apa itu Uniswap? Hingga saat ini dunia cryptocurrency tidak terlepas dari yang namanya pertukaran terdesentralisasi. Pertukaran terdesantralisasasi sudah banyak dan memiliki basis kontrak masing-masing. Pertukaran terdesantralisasi yang terbaru dan paling populer pada saat ini yakni Uniswap. Mengapa ini bisa menjadi populer pada saat ini.

Latar belakang

Uniswap diluncurkan pada bulan November 2018, yang didirikan oleh Hayden Adam. Hayden adam dan tim kecilnya mendapatkan hibah sebesar $ 100  rb dari Ethereum Foundation yang digunakan untuk membangun DEX yang menarik. Dex tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri yang signifikan sejak diluncurkan.

Pada April 2019 Uniswap menutup putaran teratas sebanyak $ 1 juta, sehingga Uniswap merilis Uniswap V2 pada mei 2020.Uniswap meluncurkan token tata kelola asli yakni UNI untuk memperkuat sebagai DEX teratas di Ethereum.

Apa itu Uniswap?

Uniswap adalah sistem pertukaran cryptocurrency yang beroperasi pada blockchain Ethereum. Uniswap adalah protocol open source, yang artinya siapa pun dapat berinteraksi dengannya dan memahami cara kerjanya. Uniswap berfokus secara eksklusif pada perdagangan Ether (ETH) dan aset berbasis Ethereum.

Uniswap menghapus konsep buku pesanan yang biasa terjadi di pertukaran tradisonal untuk kepentingan pembuat pasar otomatis. Selain itu kelebihan yang lain pengguna tidak menentukan harga, baik berapa harga beli atau jual, pengguna cukup memilih token input dan output sementara Uniswap memberikan harga pasar. Cukup hubungkan dompet web ketiga seperti Metamask , pilih aset yang ingin Anda perdagangkan ( ETH ), aset yang ingin Anda terima ( DAI ) dan  secara otomatis Uniswap memproses transaksi dan memperbarui saldo dompet Anda.

Baca Juga :   Metta - Pesan Layanan Offline Terdekat dengan Smart Phone

Perdagangan

Uniswap memanfaatkan kumpulan likuiditas global untuk menciptakan pasar unik pada dua aset. Uniswap menggunakan pembuat pasar otomatis (AMM), bursa dapat mengutip harga kepada pengguna akhir sesuai dengan beberapa kumpulan aturan yang telah ditentukan sebelumnya.  AMM memungkinkan bursa Uniswap untuk selalu memberikan harga, bahkan untuk pasar yang sangat kecil, tanpa mengharuskan pembeli dan penjual untuk melakukan pra-daftar pesanan mereka dengan harga tetap.

Uniswap menggunakan varian yang disebut ” Model Pembuat Pasar Produk Konstan “, fitur ini memungkinkan pertukaran untuk selalu menyediakan likuiditas, tidak peduli seberapa besar ukuran pesanan atau seberapa kecil kumpulan likuiditas. Ketika seorang investor mengumpulkan aset mereka ke Uniswap, mereka mendapatkan  token likuiditas (“token LP”)  sebagai gantinya. Token LP ini secara konseptual mirip dengan memiliki saham atau ekuitas – mereka mewakili klaim langsung atas sebagian dari total kumpulan likuiditas dan akumulasi biaya transaksi.

Mengapa Uniswap?

Dibandingkan dengan DEX lainnya, Uniswap memiliki sejumlah keunggulan . Secara khusus, Uniswap tidak memiliki biaya pencatatan atau buku pesanan, tidak memerlukan token asli, dan beberapa biaya gas termurah dari DEX dimana pun. Proyek ini open-source dan secara inheren tidak memiliki izin, yang berarti bahwa setiap individu dapat membuat pasar ERC apa pun selama mereka memiliki jumlah ETH yang sama untuk mendukungnya. Intinya, ini memungkinkan proyek baru membuat harga dasar untuk token mereka.

Uniswap saat ini adalah salah satu DEX paling aktif dan dengan cepat menjadi pertukaran defacto untuk token DeFi yang diperdagangkan. Uniswap telah menjadi salah satu bagian terpenting dari ekosistem DeFi dan telah membuktikan bahwa aplikasi terdesentralisasi dapat bersaing melawan alternatif terpusat. Uniswap menyediakan DEX yang sangat dibutuhkan dantelah lama dicari oleh para pedagang.

Baca Juga :   Hati-hati Aplikasi Uniswap Palsu di Google Play Store

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *