Cara Membuat VPS DigitalOcean / Droplet

Cara membuat VPS DigitalOcean pada dasarnya memiliki mekanisme yang sama dengan cara membuat VPS dari provider lain. DigitalOcean adalah sebuah perusahaan pada industri Internet dan Cloud Computing yang telah melayani pengguna sejak tahun 2011.

Provider VPS yang memiliki markas di NewYork City ini memiliki sebanyak 13 lokasi server VPS yang bisa digunakan oleh penggunanya. Kita bisa memilih lokasi server Singapura, German, Canada, US, Prancis dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini sangat penting , kaerna untuk keperluan penggunaan agar latency pengguna dengan server menjadi lebih dekat dan responsif.

DigitalOcean menjadi penyedia hosting terbesar nomor 3 di dunia berdasarkan data yang di update pada Desember 2020. Memiliki rival yang cukup kuat seperti Azure dari Microsoft, AWS dari Amazon, dan GCP dari Google, DigitalOcean mampu membuktikan bahwa dirinya kuat dan sangat spesial di bidang cloud computing.

Orang yang menemukan DigitalOcean adalah Moisey Uretsky
Ben Uretsky, Jeff Carr, Alec Hartman, Mitch Wainer.

Cara Membuat VPS DigitalOcean

Langkah-langkah utnuk membuat droplet atau VPS di DigitalOcean mungkin akan selalu update setiap waktu, sehingga tampilan untuk setiap langkah mungkin akan berbeda.

Sebelum memulai cara-cara untuk membuat VPS DigitalOcean, pastikan kalian telah mendaftarkan akun di website resmi milik DigitalOcean dan mengaitkan metode pembayaran, guna membayar tagihan bulanan dari kalian menggunakan layanan VPS milik perusahaan tersebut.

Baca Juga :   Keuntungan Menggunakan Bitcoin daripada Mata Uang Kertas

1. Login ke Control Panel DigitalOcean

Gunakan tautan resmi untuk menghindari terjadinya peretasan akun milik kalian.

Panel DigitalOcean

2. Klik tombol “Create” yang ada di kanan atas layar

Tombol ini berwarna hijau, letaknya terdapat di dekat foto profil.

3. Klik “Droplet”

Droplet di DigitalOcean adalah sama dengan VPS. Setelah kalian klik “Droplet” maka akan muncul halaman baru untuk membuat VPS.

Droplet DigitalOcean

4. Pilih Sistem Operasi

DigitalOcean hanya menyediakan Sistem Operasi Linux untuk VPS yang mereka miliki. Hal ini tentu saja membuat kita yang biasanya menggunakan VPS Windows harus mencari provider lain yang menyediakan Sistem Operasi Windows pada layanannya.

Ada beberapa Sistem Operasi yang bisa kalian pilih, yaitu Ubuntu, Debian, CentOS, Fedora, Free BSD.

Pemilihan OS DigitalOcean

5. Pilih Spesifikasi

Kalian bisa memilih spesifikasi yang cocok untuk kebutuhan kalian.

Pemilihan Spesifikasi

6. Pilih Region

Ada beberapa pilihan region untuk datacenter mu nantinya, pilih sesuai kebutuhan mu ya. Umumnya semakin dekat dengan target pengunjung maka semakin responsif pula VPS mu.

Region

7. Tentukan Password login root & nama VPS

Password login Root bisa kalian ubah nanti ketika sudah di buat. Dan bagi kalian yang ingin menggunakan SSH Key, kalian bisa membuatnya dengan PuTTY Gen untuk koneksi yang lebih aman.

Nama VPS bisa kalian input bebas

8. Create Droplet

Ini adalah langkah terakhir, kalian klik Create Droplet untuk membuat VPS sesuai dengan spesifikasi yang telah kalian atur sedemikian rupa.

Baca juga : Cara Staking Ethereum di Pool Guarda , Pasif Income

Setelah berhasil kalian akan mendapatkan IP address yang bisa kalian gunakan untuk login melalui PuTTY. Salin angka pada IPv4 yang mana itu adalah Public IP kalian untuk login VPS sebagai Root.

Baca Juga :   Dukung Cryptocurrency untuk Go Internasional bersama Akaiito

Sekian tutorial bagaimana cara membuat VPS DigitalOcean, semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua yang masih bingung untuk membuat VPS.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *