Menengok lebih dalam mengenai ChainLink

chainlink

Setelah dikonfirmasi bahwa pentingnya Oracles untuk penggunaan data dunia nyata dengan Smart Contract yang terhubung pada jaringan blockchain, mari kita lihat kondisi ChainLink saat ini yang telah berevolusi menjadi sangat memukau dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Seperti yangg kita semua ketahui, ChainLink merupakan sebuah protokol yang merupakan penghubung antara data off-chain dengan jaringan blockchain. Ini seperti sebuah perantara antara data di aplikasi, device,komputer , API dan lain sebagainya dengan teknologi blockchain.

Untuk bisa dengan sempurna melakukan tugas sebagai penghubung antara dunia nyata dengan dunia blockchain, maka kalian harus membutuhkan sebuah node yang bisa disebut sebagai ChainCore.

Node yang dilengkapi dengan sistem tersebut disebut sebagai OracleNodes. Karena bertambahnya beberapa fitur yang ada, maka ketika Smart Contract meminta data yang lebih banyak, secara otomatis node akan mencari seluruh data yang diperlukan secara silang. Hal ini menjadikan OracleNode bisa memvalidasi data yang masuk.

Oracle sekarang sudah mencapai titik dimana mampu mendesentralisasi data yang ditransmisikan melalui OracleNode.

Perlu dicatat bahwa semua Oracle Node mengambil data secara off-chain, kemudian semua proses verifikasi data tersebut dilakukan dengan cara on-chain pada blockchain berpemilik serta kemudian dikirim ke smart-contract seperti gambar dibawah ini

Biaya penggunaan Oracle

Seperti yang saya informasikan kepada kalian sebelumnya, karena disebabkan datanya divalidasi oleh blockchain, anggaran validasinya lumayan tinggi, mari kita katakan uang $ 450 untuk satu permintaan data. Sebuah harga yang sangat mahal bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, ChainLink menerapkan skema TSS yaitu Tresshold Signature Scheme. TSS merupakan bentuk tanda tangan tertentu yangg tak boleh dilakukan di blockchain, sebab hal ini bisa memunculkan anggapan terdesentralisasi, sebetulnya semua node mengenal tahap dari kunci privat, sehingga tanda tangan akan dilakukan oleh berbagai node serta tak rutin sama untuk berbagai tanda tangan.

Baca Juga :   Penjelasan tentang Binance Smart Chain

Bagi mereka yg ingin mencoba menjadi pengguna Oracle Node, di tautan ini tersedia semua petunjuk langkah demi langkah; serta keindahan bahwa Kalian bahkan tak memperlukan PC yg berlebihan, bahkan Raspberry telah cukup!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *