Pengertian asuransi pendidikan dan contohnya

Asuransi

ICONEWSMEDIA– Masyarakat Indonesia semakin sadar dengan pentingnya jenjang pendidikan bagi seseorang termasuk anak-anak dalam sebuah keluarga. Mayoritas penduduk menggunakan layanan asuransi pendidikan dengan alokasi dana 10% dari total aset yang di miliki oleh orang tua atau kepala keluarga. Biasanya seseorang akan di berikan pilihan antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Keduanya hampir sama, tetapi sejatinya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Tabungan pendidikan adalah sebuah mekanisme mengumpulkan uang dengan bantuan bank yang memaksa nasabah untuk melakukan setor tunai atau menabung dengan jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati dari awal. Nasabah akan mendapatkan jumlah uang yang sama dari uang yang ditabung di bank secara berkala tersebut.

Asuransi pendidikan hampir sama dengan tabungan pendidikan, tetapi uang yang di cicilkan ke bank akan di putar kembali oleh pihak bank dengan tujuan mendapatkan keuntungan dar investasi. Sehingga ketika nasabah ingin mengambil asetnya di bank, bisa saja nilainya kurang dari perkiraan atau juga bisa lebih dari perkiraan, sesuai kondisi investasi yang dilakukan oleh bank atau reksa dana.

Penjelasan asuransi pendidikan lebih detail

Pengertian asuransi pendidikan adalah sebuah proteksi yang dibuat oleh pemegang polis (biasanya adalah orang tua) kepada ahli waris polis (biasanya adalah anak) yang mana bertujuan untuk menjamin kelancaran pendidikan, kesehatan sekaligus investasi bagi ahli waris polis. Pemegang polis biasanya membayarkan premi bulanan yang sudah termasuk asuransi jiwa.

Asuransi pendidikan pada dasarnya berbeda dengan tabungan pendidikan, karena pihak pembantu, yaitu bank atau yang lainnya memutarkan dana yang kita setorkan setiap bulannya. Pihak bank bisa melakukan investasi pada reksa dana atau saham sesuai dengan keputusan terbaik menurut profesional. Hal ini tentu saja memungkinkan aset yang kita setorkan ke bank setiap bulan berpotensi berkembang menjadi lebih banyak.

Namun tidak menutup kemungkinan apabila proses investasi yang dilakukan oleh pihak bank tidak berjalan denga mulus. Maka kita sebagai nasabah juga akan terdampak dalam penanggungan kerugian dari investasi tersebut. Dalam kondisi ini, artinya adalah progres investasi sedang memburuk dan biasanya pihak bank tidak menyarankan untuk melakukan penarikan, karena kerugian yang didapatkan.

Biasanya asuransi pendidikan mencakup juga asuransi jiwa, dimana ketika pemegang polis tidak bisa melanjutkan pembayaran premi, maka asetnya akan di limpahkan kepada ahli waris polis. Aset ini juga bisa berupa keuntungan yang didapatkan dari investasi.

Baca juga : Blockchain Solusi Kasus Winda Rp 22M di Maybank

Contoh asuransi pendidikan yang populer di Indonesia adalah Dwiguna dan unit-link.

Dwiguna

Asuransi Dwiguna adalah asuransi pendidikan yang sangat populer, dimana sebenarnya cara kerja dari asuransi ini adalah tabungan pendidikan. Tujuan dari asuransi dwiguna adalah memberikan proteksi kepada ahli waris polis apabila pemegang polis yang membayarkan setoran setiap bulannya mendadak tidak bisa mencari nafkah.

Besaran dana yang di dapatkan oleh asuransi dwiguna adalah sudah ditentukan sesuai dengan kesepakatan diawal.

unit-link

Asuransi Unit-link merupakan asuransi pendidikan yang menggabungkan proteksi pendidikan dengan investasi dalam sistemnya. Artinya premi yang dibayarkan oleh pemegang polis, tidak hanya digunakan untuk menjamin kelangsungan pendidikan saja, tetapi juga diputar oleh pihak ketiga agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Keuntungan asuransi ini biasanya dibayarkan ketika anak mulai masuk tahap sekolah baru seperti SD, SMP dan SMA. Kalian akan mendapatkan dua manfaat ketika menggunakan asuransi unit-link ini, yaitu proteksi dan investasi.

Kata terakhir

Itulah pengertian asuransi pendidikan dimana asuransi memang menjadi pilihan aman untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak kita dan tentu saja pendidikan ini sangat penting bagi anak kita untuk masa depannya. Dengan meregistrasikan asuransi pendidikan, kita bisa menyelamatkan masa depan anak kita dan juga keturunan kita.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.