Pengetahuan wajib tentang token atau koin Ethereum

Penjelasan Ethereum

Membahas mengenai penjelasan Ethereum secara detail, kalian harus tahu bahwa saat ini ETH menjadi koin yang selalu membuntuti Bitcoin, dan menjadikan Ethereum disebut sebagai The Queen of Cryptocurrency.

Bitcoin dan Ethereum tentu saja memiliki perbedaan yang banyak, namun sejatinya keberadaan Ethereum menjadi pelengkap yang menyempurnakan Bitcoin sehingga fitur-fitur mata uang digital atau khususnya pada cryptocurrency menjadi lebih kompleks lagi.

ETH atau Ether merupakan koin native milik platform Ethereum, yang pastinya bisa digunakan untuk melakukan aktivitas layanan pada jaringan blockchain milik Ethereum seperti pembuatan Smart Contract.

Baca juga : Apa itu Smart Contract Ethereum? Ini penjelasannya

Total supply Ethereum yang beredar untuk saat ini adalah 113,836,206 ETH. Angka ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya para penambang atau validator pada jaringan blockchain ethereum 2.0. Ya, jumlah Ethereum tidak terbatas. Sangat berbeda dengan jumlah Bitcoin yang sangat terbatas, dan hanya beredar tidak lebih dari 21juta BTC sepanjang waktu. Bahkan jumlah tersebut cenderung berkurang.

Pada Ethereum generasi pertama, seseorang harus menambang utnuk mendapatkan ETH dengan memiliki daya komputasi tinggi agar bisa bersaing untuk memproses blok blok transaksi pada jaringan blockchain milik Ethereum. Kemudian hadir Ethereum 2.0 yang mengubah algoritma konsensus Proof Of Work menjadi Proof Of Stake dengan tujuan upgrade jaringan agar biaya transaksi ETH menjadi lebih murah dan kecepatan transaksi lebih tinggi.

Eth 2.0 saat ini sedang menuju ke phase upgrade berikutnya. Sudah banyak orang yang ikut bergabung menjadi validator dan melakukan staking pada jaringan blockchain Ethereum.

Baca juga : Cara Staking Ethereum di Pool Guarda , Pasif Income

Sekarang ini untuk mendapatkan Ether, kalian harus menjadi validator atau staker. Untuk menjadi validator kalian harus mempertaruhkan setidaknya 32 ETH untuk di kunci. Kemudian proses untuk mendapatkan reward ETH adalah protokol Proff Of Stake dari Ethereum akan memilih orang mana yang akan memvalidai blok dan mendapatkan hadiah berdasarkan jumlah ETH yang dipertaruhkan atau di staking pada jaringan Ethereum.

Baca Juga :   Pengetahuan Dasar Tentang Ethereum

Kembali ke Token Ethereum. Pastinya kalian ada yang merasa bingung dengan pecahan Gwei pada Ether. Gwei adalah pecahan kecil dari Ether, 0.000000001 ETH = 1 Gwei atau 1.000.000.000 Gwei = 1 ETH ( 1 miliar Gwei setara dengan 1 ETH) . Hal ini dimaksudkan agar kita lebih mudah dalam menyebutkan satuan yang lebih kecil dari 1 Ether. Kita akan kesulitan untuk menyebutkan 0,000001 ETH , dan untuk mempermudahnya maka disepakati untuk menyebutnya dengan 1000 Gwei .

Satuan ini sangat sering digunakan dalam mengetahui besaran fee yang digunakan dalam sebuah transaksi menggunakan jaringan Ethereum.


Begitulah penjelasan Ethereum yang mungkin sangat penting untuk pemula seperti kita. Jadi misalnya ada yang tanya mengenai Ethereum itu apa, setidaknya kalian memiliki jawaban untuk menjelaskan Ethereum dengan lebih mudah berkat informasi ini.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *