Segudang kegunaan Ethereum yang harus diketahui

Fitur ethereum

Bukan hanya untuk trading mencari profit saja, kegunaan Ethereum untuk bisnis juga bisa kita manfaatkan dalam keperluan kita. Jadi berbisnis di cryptocurrency tentu saja akan semakin luas dan lebih banyak pilihan.

Ethereum adalah platform open-source global dan juga layanan blockchain yang dapat diprogram berdasarkan kesepakatan pengembang denga pihak lain dengan tujuan untuk mengendalikan nilai digital. Ini seperti sebuah perjanjian atau kontrak, tetapi berbentuk digital dan lebih aman karena menggunakan teknologi Blockchain.

Transaksi bisa saja secara otomatis terjadi berdasarkan kode yang ditulis oleh pengembang, inilah kegunaan Ethereum sebagai smart-contract yang biasa diguanakn oleh pengembang dan investor dalam menggalang dana pada ICO.

Platform yang didirikan oleh Vitalik Buterin ini juga diperiapkan untuk menjadi media untuk developer diseluruh dunia untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi tanpa ada pihak yang menghentikannya (kecuali jika memang ada pelanggaran yang harus dihentikan).

Dalam proses pengembangan aplikasi, Ethereum tidak mengontrol hal hal yang dilakukan oleh developer, tidak ada entitas tunggal yang bisa mengendalikannya. Dengan begitu, developer akan merasakan kebebasan dalam mengeksplorasi ide ide mereka yang liar tanpa mengeliminasi tanggungjawab yang harus mereka ambil.

ETH adalah mata uang native (asli) yang resmi dari platform Ethereum yang bisa digunakan sebagai alat untuk mendukung pengembangan Ethereum, atau bisa juga digunakan untuk menyimpan nilai aset digital, melakukan pembayaran dan investasi untuk masa depan.

Keberadaan ETH ini merupakan penyempurnaan yang dilakukan oleh Vitalik terhadap keberadaan Bitcoin yang kita tahu memiliki beberapa poin kelemahan, tetapi tetap menjadi nomor satu di angkasa mata uang kripto.

Fitur / Kegunaan Ethereum

Ada beberapa fitur Ethereum yang jarang sekali pengguna ketahui, karena keberadaan cryptocurrency sekarang ini lebih condong digunakan untuk investasi dan trading, hanya sebagian kecil yang benar benar menggunakan layanan platform berbasis cryptocurrency. Berikut fitur fitur Ethereum

Open source dan Terdesentralisasi

Berjalan secara terdesentralisasi yang didukung oleh ribuan node komputer tersebar di seluruh penjuru dunia sehingga tidak ada yang memiliki kontrol terhadap jaringan Ethereum secara penuh. Kode dan teknologinya tersedia secara publik dan bebas diakses oleh siapa saja.

Kebal Regulasi Censorship/Sensor

Tidak ada pemerintah, perusahaan atau entitas yang bisa mengendalikan Ethereum secara keseluruhan karena jarinngan ini terdesentralisasi. Maksud dari desentralisasi adalah mengeliminasi pihak ketiga yang biasanya ikut campur dalam sebuah transaksi sehingga ketika kalian melakukan transaksi entah itu pembayaran atau penerimaan pembayaran atau menggunakan layanan di Ethereum kalian tidak akan bisa dihentikan oleh pihak tersebut.

Peer-to-Peer (P2P)

Ethereum beroperasi pada jaringan peer-to-peer (P2P), yang dimaksud dari peer to peer adalah sebuah transaksi bisa dilakukan tanpa melalui pihak ketiga alias transaksi tersebut langsung dari pengguna ke pengguna.

Dapat diprogram Smart Contract

Pada jaringan ethereum terdapat fitur smart contract. Smart contract adalah berisi kode-kode yang mana ketika sebuah aksi terpenuhi maka secara otomatis eksekusi akan dilakukan oleh Smart Contract tersebut. Dengan adanya fitur smart contract ini developer bisa melakukan pembangunan aplikasi baru atau pengembangan yang bersifat terdesentralisasi

Membuat Token

Ethereum memungkinkan kita untuk bisa membuat token baru berbasis Ethereum blockchain yang biasanya kita kenal dengan nama token ERC-20. Dengan token ERC20 kita bisa memiliki token native yang secara resmi dimiliki dan diedarkan pada lingkungan platform kita sendiri


Baiklah itu adalah beberapa fitur yang mungkin belum kalian ketahui pada jaringan blockchain Ethereum. Jangan lupa bahwasanya dalam waktu dekat Ethereum akan launching eth 2.0 yang mana akan menjadi revolusi besar-besaran dari jaringan Ethereum yang merubah algoritma konsensus POW menjadi algoritma konsensus POS. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga akhir.

source

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.