Stablecoin USDT Melesat ke posisi 4 Coinmarketcap

tether

Tidak disangka, Stablecoin USDT melesat ke posisi 4 Coinmarketcap dan menjadi koin nomor wahid untuk kategori aset digital yang dibackup langsung oleh mata uang USD real.

USDT atau lebih dikenal dengan nama Tether merupakan mata uang digital yang setara harganya dengan USD. Konsepnya adalah menukarkan mata uang fiat menjadi mata uang digital berbasis blockchain untuk mempermudah pergerakan dan transaksi.

Teknologi blockhcain merupakan teknologi terbaik saat ini untuk mendukung terjadinya transaksi agar bisa menghimpun berbagai data transaksi tersebut dengan aman. Dengan adanya teknologi blockchain dan mata uang digital USDT, atmosfer yang kita rasakan adalah seperti USD versi 2.0 yang lebih baik dalam menangani masalah perpindahan aset secara internasional.

USDT Menggusur Posisi BCH di Coinmarketcap.com

Harga BCH yang mengalami penurunan , membuat posisinya tergusur oleh USDT dari posisi ke 4 menjadi posisi ke 5 pada akhir September 2020. Dan naiknya trend dari LiteCoin (LTC) berhasil mengambil alih posisi ke 5 yang ditempati BCH sebelumnya. Sedangkan USDT kokoh di posisi ke 4 coinmarketcap. Urutan koin dengan market cap tertinggi saat ini berdasarkan data dari Coinmarketcap adalah :

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Ripple (XRP)
  4. USDT
  5. LiteCoin (LTC)
  6. Bitcoin Cash (BCH)

Menempati posisi ke 4, USDT sebenarnya memiliki volume transaksi harian terbesar daripada pesaingnya. Tercatat bahwa nilai USDT yang berpindah wallet setiap harinya mencapai 39miliar USDT. Total supply memang tidak terbatas, tetapi saat ini jumlah USDT yang bersirkulasi di dunia ada sebanyak 19miliar USDT. Jumlah ini juga mencerminkan bahwa ada 19miliar USD fiat yang telah di simpan dan dilaporkan secara harian oleh tim dan developer.

Baca Juga :   Hold XRP di Binance, dapatkan Spark Token Gratis

Cerita Singkat Tentang USDT

USDT adalah koin stabil yang mencerminkan 1:1 dengan harga USD. Konsep ini adalah menggabungkan antara keberadaan cryptocurrency dan juga keberadaan mata uang USD sehingga menghasilkan koin dengan volatilitas rendah. Dengan begitu, adopsi USDT untuk keperluan masal seperti transaksi jual beli akan lebih mudah direncanakan dan di selesaikan. Pengguna bisa secara langsung mengirimkan USDT mereka ke teman teman atau penjual barang secara langsung tanpa melalui perantara.

Baca juga : Cara Menjadi Manajer Bounty ICO dan IEO Bitcointalk

Kita semua tahu, bahwa cryptocurrency pada umumnya fluktuasi harga bisa naik atau turun 10% – 20% dalam waktu satu hari. Hal ini tentu saja sangat beresiko bagi kita yang menggunakannya untuk tabungan. Dengan adanya USDT maka semua masalah tersebut akan teratasi, mengingat harga USDT akan selalu sama dengan harga USD karena volatilitas yang rendah.

Diluncurkan sejak Juli 2014 oleh Brock Pierce, Reeve Collins dan Craig Sellars yang merupakan sederet tim dengan prestasi gemilang dalam industri cryptocurrency dan entertainment. Mereka membuat sebuah peruahaan bernama Tether di Hongkong untuk merilis token USDT.

Isu Penipuan

Menjadi stablecoin yang diatur oleh sebuah perusahaan, tidaklah mudah mendapatkan kepercayaan dari orang-orang. Publik lebih paham bagaimana resiko yang akan terjadi apabila sebuah perusahaan memegang kendali terhadap kebutuhan publik. Mereka secara bebas bisa menguasai perekonomian penggunanya tanpa sadar.

Keamanan Tether juga sering menjadi perbincangan publik di forum Bitcointalk.org . Banyak topik yang membahas mengenai sistem dan juga ada yang membahas mengneai kemungkinan aset akan dibekukan secara sepihak oleh perusahaan.

Baca Juga :   Indonesia bakal punya Rupiah digital

Kita tidak pernah mendapatkan hasil yang maksimal ketika manusia menjadi perantara atau menjadi pihak ketiga dalam dunia bisnis. Hal ini wajar karena banyak pihak yang mencari keuntungan dalam dunia bisnis. Dan semakin banyak tangan yang menyentuh sebuah transaksi, maka semakin sedikit pula profit yang akan sampai ke tangan kita.

USDT bisa saja melakukan penipuan, tetapi kita semua sudah percaya dengan perusahaan Tether. Jadi untuk masala penggunaan, USDT saya rasa menjadi tanggungjawab masing masing. Pada umunya semua aktivitas adalah resiko.


Sekian beberapa informasi yang bisa saya berikan mengenai USDT dan juga sedikit latar belakang Tether. Semoga dengan adanya artikel ini, kalian jadi terbantu atas informasi yang saya berikan. Jangan takut, dan tetap waspada ketika kalian melakukan pengiriman uang ke wallet atau rekening manapun.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *