Standard Chartered luncurkan layanan Kustodi Kripto

Standard Chartered

Bank besar asal London yakni Standard Chartered akan melakukan invasi di dunia cryptocurrency dalam beberapa waktu ke depan.

Ide ini muncul dan dicetuskan oleh unit investasi fintech Standard Chartered yakni SC Ventures dan Northern trust.

Kabar ini sebenarnya sudah mencuat sejak siaran pers yang diterbitkan pada tanggal 9 Desember 2020 kemarin.

Menurut desas-desus yang beredar uji coba pertama untuk layanan tersebut kemungkinan besar akan diluncurkan pada akhir tahun 2020 ini. Nama layanan tersebut adalah Zodia Custody.

Perusahaan baru yang bernama Zodia Custody saat ini sedang menunggu persetujuan dari otoritas keuangan pemerintahan negara Inggris di bawah peraturan AML setempat.

Nantinya setelah disetujui perusahaan baru tersebut akan menyediakan layanan hak asuh untuk aset digital Bitcoin dan dan ethereum sesuai dengan permintaan client. Awalnya klien menginginkan variasi tambahan untuk lini altcoin yakni LTC, Bitcoin cash dan XRP.

Tetapi karena BTC dan sudah mewakili sekitar 80% dari total aset yang diperdagangkan di cryptocurrency utama maka dipilihlah ke-2 token tersebut.

“Kami semua menggabungkan pendekatan manajemen risiko, kepatuhan, tata kelola, dan keamanan dari lembaga keuangan yang diatur dengan inovasi mutakhir dari aset kripto dan teknologi manajemen kunci,” kata Maxime De Guillebon, CEO Zodia.

Token native baru milik Standard Chartered akan didukung oleh beberapa perusahaan besar termasuk empat exchanger cryptocurrency papan atas. Token dari Bank terkenal di Inggris ini akan diluncurkan pada platform Ethereum ERC-20.

Ketika awal perumusannya, banyak pihak yang menyarankan untuk menggunakan jaringan blockchain Hyperledger , tetapi karena pertimbangan kemudahan serta jumlah komunitas yang ada, maka Ethereum dijadikan sebagai pondasi token baru nantinya.

Diketahui token yang dirilis oleh Zodia adalah stable coin yang digadang-gadang menjadi saingan ketat USDT atau Theter.

Pihak dari Standard Chartered juga mengungkapkan bahwa proyek ini sudah dipersiapkan sejak lama dan juga sudah bekerjasama dengan raksasa raksasa dari jagat cryptocurrency.

Pihak SC Ventures juga meyiapkan strategi khusus agar investor yang masuk lebih mengutamakan investor institusional.

Karena selama ini jenis investasi di bidang cryptocurrency lebih condong kepada investor publik . Target utamanya SC Ventures akan menggaet investor dari perkantoran, institusi , manajemen aset dan circle nya.

Zodia diharapkan mulai beroperasi di london pada tahun 2021.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.