Cara paling aman menyimpan private key wallet BTC

private key bitcoin

ICONEWSMEDIA.COM – Mari kita konfirmasi pernyataan saya, bahwa mengatur atau me-manage cryptocurrency tidaklah mudah. Bitcoin adalah seperti bank, tetapi minim regulasi dan juga transaksinya tidak bisa ditarik kembali, jadi menyimpan private key wallet Bitcoin adalah sesuatu yang paling krusial dimana kita sendiri lah yang akan bertanggung jawab terhadap aset yang kita miliki.

Sangat berbeda jika kita menggunakan jasa perbankan untuk menyimpan uang, dimana pihak bank memiliki kekuasaan untuk melakukan pengembalian saldo atau koreksi ketika ada human eror pada sebuah transaksi. Pengguna dan pihak bank saling berbagi tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu masalah.

Untuk mengetahui seberapa penting private key, maka kalian pasti paham dengan kata-kata ini

“If you don’t own your private keys, you don’t own your bitcoins or any other altcoin.”

Ya, jika kamu tidak memiliki private key, maka Bitcoin pada wallet yang kamu banggakan bukanlah bitcoin mu. Kalian yang mengguanakan wallet kustodian pastinya hanya bermodalkan kepercayaan untuk menyimpan aset pada wallet tersebut.

Nah, sebelum kalian tertarik untuk bermigrasi ke wallet non kustodian, saya akan memberikan bebarap tips untuk menyimpan private key agar kalian bisa lebih aman dalam menyimpan aset digital

Tips menyimpan private key wallet Bitcoin

Private key adalah sebuah kumpulan kode-kode yang rumit seperti ini contohnya : 657a6e9660ab6f504caaad8a5858422391506fa5df4aabxxxxx. yang bisa digunakan untuk mengakses secara penuh wallet yang kamu miliki. Jumlah karakternya untuk setiap wallet cryptocurrency berbeda beda. Dan tips untuk mengamankan private key agar tidak di retas oleh orang lain adalah sebagai berikut ;

  1. Hardware wallet : menggunakan hardware wallet adalah sebuah pilihan yang bijak dimana wallet ini tidak akan terhubung ke internet dan juga minim sekali fitur yang meminimalisir adanya bug atau celah yang berbahaya. Kalian bisa membaca 5 Hardware Wallet terbaik untuk menyimpan cryptocurrency untuk mengetahui jenis hardware wallet yang cocok bagi kalian.
  2. Jangan menyimpan private key di email atau di penyimpanan online, karena itu sangat rawan terjadi peretasan ketika kalian tidak menyadari ada seseorang yang mengakses email kalian.
  3. Jika tidak bisa membeli hardware wallet, kalian bisa menggunakan flashdisk atau media penyimpanan offline lainnya untuk mengcopy private key.
  4. Jangan pernah melakukan capture atau snapshot pada private key mu ke dalam bentuk media seperti gambar, karena akan lebih mudah dicuri ketika komputermu di retas oleh orang lain.
  5. Simpan privatekey pada seseorang yang kamu inginkan atau pada anggota keluargamu yang kamu percayai. Ini adalah pilihan bijak dimana ketika kamu meninggal, maka aset mu akan tetap bisa di manfaatkan oleh anggota keluargamu.

Kata Terakhir

Begitulah tips yang bisa saya bagikan mengenai cara aman untuk menyimpan privatekey Bitcoin. Mohon jadikan ini sebagai acuan dimana kalian sendiri yang akan bertanggung jawab terhadap aset kalian. Pastikan kalian bisa mengamankan akun atau wallet kalian sebaik mungkin dari serangan hacker.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.