Dampak Ethereum 2.0 terhadap harga ETH

Ethereum 2.0

Perombakan besar pada jaringan Ethereum , dari Proof Of Work menjadi Proof Of Stake dipastikan akan sangat mempengaruhi harga Ethereum. Perjalanan Eth 2.0 saat ini sedang pada phase 0 yang mana perilisan beacon chain terjadi. Semakin majunya phase yang terjadi pada Eth 2.0 bisa dipastikan juga akan mempengaruhi faktor non teknis seperti harga ETH yang naik secara berkala.

Fase 0 terjadi pada Desember 2020 dengan dimulainya para staker yang akan menjadi validator harus menahan atau melakukan staking sebanyak minimal 32 ETH ke dalam Smart Contract. Dibutuhkan minimal sebanyak 524,288 ETH untuk mentrigger Eth 2.0 beacon chain.

Hasil yang cukup memuaskan bagi para komunitas Ethereum, bahwa ketika tanggal Deadline, ternyata sebanyak 2,3juta Ethereum berhasil dikumpulkan dari para staker Ethereum yang mendukung algoritma baru, yakni POS (Proof Of Stake).

Lalu seberapa besarkah pengaruh suksesnya Eth 2.0 pada harga Ethereum ? Berikut analisisnya

Analisis harga Ethereum

Hukum ekonomi sederhana, yaitu harga suatu barang akan naik apabila permintaan semakin tinggi, dan juga penawaran atau total supply menjadi sangat terbatas. Hal ini juga berlaku pada Ethereum saat ini, dimana banyak sekali institusi yang mulai melirih Ethereum , tetapi koin ETH yang beredar saat ini sangat sedikit dikarenakan banyak orang yang melakukan Staking pada Eth 2.0. Dengan begitu kenaikan harga tidak bisa di hindari lagi.

Lalu kehadiran DeFi di masa sekarang ini adalah sebuah konfirmasi yang sangat kuat alasan Ethereum harus naik harga. Seperti yang kita ketahui bahwa DeFi berdiri pada jaringan blockchain milik ethereum (sebagian besar), dan dalam kebutuhan likuiditas, beberapa DeFi tersebut mengharuskan ETH sebagai aset yang bisa digunakan untuk proses Likuiditas contohnya adalah Uniswap.

Baca Juga :   BIDIUM: The Best Service Around Auctions, Trade, and Freelance

Pesta kenaikan harga bagi para komunitas DeFi masih berlanjut hingga awal tahun 2021 ini. Kepercayaan para invstor naik drastis dikarenakan banyak project DeFi akan di rebase dan juga mendapatkan imbalan bagi yang menggunakan ETH sebagai aset likuiditas nya.

Baca juga : Cara Staking Ethereum di Pool Guarda , Pasif Income

Walaupun jumlah ETH yang bersarang di DeFi turun menjadi 6,6juta ETH dan ada penambahan pada staking Eth 2.0 Desember kemarin sebesar 2,35juta ETH , jadi total ada 8,95juta ETH yang terkunci. Nilai ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, karena akan banyak project DeFi yang bermunculan.

Harga ETH akhir akhir ini naik 100% lebih, itu artiya bagi menggandakan uang di Ethereum masih sangat memungkinkan. Penyebab dari naiknya Ethereum di awal tahun ini tak lepas dari pengaruh DeFi dan juga Eth 2.0 yang memberikan angin segar bagi komunitas.

Kesimpulan

Selama berita masih menjadi penyebab utama volatilitas harga cryptocurrency terpicu, maka Ethereum bisa terus menjadi US$ 2000 hingga akhir tahun ini. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin maju fase perpindahan Ethereum 2.0 menjadi fase terakhir, maka akan semakin jelas bahwa media akan membakar semangat investor untuk membeli lebih banyak Eth lagi untuk meningkatkan permintaaan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *