Apa Ethereum Classic dan Bagaimana Cara Kerjanya?

ICONEWSMEDIA.COM РEthereum Classic (ETC) adalah blockchain tanpa izin, terdesentralisasi, aman, dan tahan sensor, yang merupakan kelanjutan dari tumpukan Ethereum asli yang diluncurkan pada tahun 2015. Setelah kontroversi DAO, proyek Ethereum terbagi menjadi dua yakni Ethereum dan Ethereum Classic karena ideologis perbedaan dan cara mengatasinya. Tujuan dan infrastruktur dasarnya sama Рuntuk menyediakan platform publik untuk menjalankan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi atau dApps. ETC merupakan token Ethereum Classic.

Ethereum Classic berjalan pada versi yang tidak diubah dari blockchain Ethereum asli. Filosofinya adalah menempatkan kode di atas segalanya, dan jika ada eksploitasi atau kompromi, mereka tidak boleh dihapus melalui hard fork yang merusak integritas kode. Tim di belakang ETC percaya dalam mempertahankan keabadian mutlak yang tidak menerima campur tangan manusia dengan cara apa pun.

Mengapa Ethereum Classic Diciptakan?

Blockchain Ethereum asli meluncurkan kontrak pintar kompleks yang disebut Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO), modal ventura digital yang dibuat untuk mendanai dApps. Siapa pun yang ingin memiliki suara dalam dApps harus dibiayai melalui platform Ethereum diharuskan membeli Token DAO menggunakan Ether. Memiliki token DAO berarti Anda sekarang menjadi bagian dari kontrak pintar DAO.

Agar dApp mendapatkan dana yang dibutuhkan, membutuhkan 20% suara dari pemilik token DAO. Fleksibilitas dan transparansi dari kontrak pintar ini memungkinkan Ethereum menjual token DAO senilai $ 150 juta dalam beberapa minggu. Dengan menggunakan Split Function, Anda bisa mendapatkan kembali Ether Anda, tetapi Anda tidak diizinkan untuk menariknya selama 28 hari. Pada Juni 2016, seorang peretas menggunakan celah tersebut untuk mencuri sepertiga yaitu, Ether senilai sekitar $ 50 juta dari orang-orang yang mencoba keluar dari DAO.

Untuk memperbaiki masalah ini, mayoritas komunitas Ethereum, bersama dengan pendirinya, setuju untuk membuat hard fork. Itu akan memutar kembali blockchain ke sebelum peretasan terjadi, memungkinkan mereka memulihkan $ 50 juta yang terjebak di sistem dan mengembalikannya kepada orang-orang. Dan disinilah perpecahan ideologis terjadi. Beberapa orang di Ethereum Foundation tidak sependapat dengan pendekatan ini dan melihatnya sebagai otoritas pusat yang menumbangkan integritas kode dan etos desentralisasi. Mereka memutuskan untuk terus menggunakan blockchain asli, bukan yang diperbarui. Inilah mengapa ini disebut Ethereum Classic.

Bagaimana Cara Kerja Ethereum Classic dan Teknologi Apa Di Baliknya?

Ethereum Classic sangat mirip dengan Ethereum . Ini bergantung pada blockchain yang tidak hanya dirancang untuk menggantikan pembayaran tetapi juga menciptakan kontrak pintar dan aplikasi yang dapat dimiliki pengguna, mentransfer kepemilikan, dan berinteraksi dengannya. Mengizinkan bahasa pemrograman Turing Complete berarti pengembang dapat menulis aplikasi yang otomatis dan dapat diawasi melalui hasil bersyarat.

Seperti semua blockchain lainnya, ia menyimpan catatan lengkap riwayat transaksi dalam database bersama. Selain itu, ia juga memiliki catatan status terkini dari semua kontrak pintar yang didukung oleh blockchain dan saldo pengguna, yang dapat ditransfer secara digital ke dompet pengguna lain. Semua aktivitas didukung oleh token ERC-20, yang dapat ditambang melalui proses Proof of Work. Karena perpecahan, itu tidak akan menerima pembaruan ETH 2.0.

Apakah Ethereum Classic Uang Asli?

Perlu diingat bahwa ETC bukanlah mode pembayaran, tetapi blockchain terdesentralisasi yang memungkinkan pembuatan aplikasi dan kontrak yang dapat diprogram. Dibandingkan dengan cryptocurrency teratas, ia memiliki penetrasi yang lemah di pasar konsumen. Ini hanya diterima oleh beberapa merek, termasuk Playhub Casino, I49 Seed Bank, Bitcoin Investment Spheroid Universe, MrChrissy VPN, dan Guarada Wallet. Ini jauh dari mata uang yang layak.

Perbedaan utama antara mata uang digital seperti BTC dan ETC adalah bahwa Bitcoin dirancang sebagai alternatif mata uang konvensional. Di sisi lain, ETC adalah token yang utamanya ada untuk mendukung blockchain Ethereum Classic, termasuk kontrak pintar, dApps, transaksi, dan organisasi otonom terdesentralisasi (DAO). Itulah mengapa dalam ekosistem token ERC-20, ETC jauh lebih populer.

Apa Manfaat Ethereum Classic?

Ethereum Classic memiliki semua keuntungan dari sebuah blockchain, tetapi ia menawarkan beberapa yang spesifik untuk teknologinya. Manfaat tersebut antara lain:
  • Kekekalan – Semua transaksi, setelah ditulis dan dicatat di blockchain, tidak dapat diubah, dihapus, atau diubah. Ini adalah prinsip yang memaksa pemisahan antara ETC dan ETH. Ini tidak hanya mempertahankan tingkat desentralisasi yang tinggi tetapi juga menegakkan keamanan yang lebih baik dan integritas kode.
  • Terdesentralisasi – Ini bergantung pada prosedur konsensus Proof of Work, yang berarti tidak diperlukan perantara atau otoritas pusat. Transaksi dapat terjadi tanpa mereka, dan kontrak pintar dapat dijalankan sendiri.
  • Transaksi Cepat & Terjangkau – Karena proses verifikasi otomatis yang tidak memerlukan keterlibatan pihak ketiga, transaksi Anda diproses dan diverifikasi dengan cepat dalam waktu singkat. Itu bukan satu-satunya keuntungan, karena membuat transaksi Anda juga sangat ekonomis.
  • Keandalan Tinggi – Blockchain Ethereum Classic telah menangani berbagai macam aplikasi, kontrak pintar, dan transaksi selama lima tahun terakhir tanpa campur tangan pihak ketiga, waktu henti, penipuan, dan sensor. Ini berbicara tentang keandalannya.
  • Dapat diprogram – Manfaat utama yang ditawarkan oleh blockchain Ethereum Classic adalah dapat diprogram, memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi atau dApps yang terdesentralisasi dan membuat kontrak pintar. Aplikasi ini dapat mencakup layanan keuangan, game, kontrak pintar, dan lainnya.

Itulah sedikit informasi mengenai Ethereum Classic semoga menambah wawasan para pembaca

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *