Kegunaan koin Ripple atau XRP untuk bisnis

ICONEWSMEDIA.COM – Kegunaan koin Ripple dalam dunia cryptocurrency tentu saja berbeda dengan beberapa koin lain. Pada dasarnya setiap koin atau token dijadikan sebagai mata uang natif dalam platform tersebut, sehingga memiliki fungsi dan kegunaan masing masing.

Apa itu Ripple?

Awalnya dirilis pada tahun 2012 sebagai literasi berikutnya dari Ripplepay, Ripple adalah sistem penyelesaian kotor waktu nyata (RTGS), pertukaran mata uang, dan jaringan pengiriman uang. Dengan menggunakan buku besar umum yang dikelola oleh jaringan server yang memvalidasi secara independen yang terus-menerus membandingkan catatan transaksi, Ripple tidak bergantung pada energi dan komputasi bukti kerja intensif yang digunakan oleh Bitcoin. Ripple didasarkan pada database publik bersama yang menggunakan proses konsensus antara server dengan cara validasi  untuk memastikan integritas. Server yang memvalidasi tersebut dapat menjadi milik siapa saja, dari individu hingga bank.

Protokol Ripple (token direpresentasikan sebagai XRP) dimaksudkan untuk memungkinkan transfer uang yang hampir instan dan langsung antara dua pihak. Semua jenis mata uang dapat ditukar, dari mata uang fiat hingga ema. Mereka mengklaim untuk menghindari biaya dan waktu tunggu perbankan tradisional dan bahkan transaksi cryptocurrency melalui pertukaran.

Bagaimana Ini Secara Fundamental Berbeda dari Bitcoin?

Ini adalah server validasi dan mekanisme konsensus yang cenderung mengarahkan orang untuk berasumsi bahwa Ripple adalah teknologi berbasis blockchain. Meskipun berorientasi pada konsensus, Ripple bukanlah blockchain. Ripple menggunakan HashTree untuk meringkas data menjadi satu nilai yang dibandingkan di seluruh server validasinya untuk memberikan konsensus.

Bank tampaknya menyukai Ripple, dan penyedia pembayaran semakin banyak. Itu dibangun untuk perusahaan dan, meskipun dapat digunakan orang ke orang, itu sebenarnya bukan fokus utamanya. Tujuan utama platform Ripple adalah untuk memindahkan banyak uang ke seluruh dunia secepat mungkin.

Baca Juga :   GDPassport memberantas Barang Palsu untuk kenyamanan Konsumen

Sejauh ini, Ripple telah stabil sejak dirilis dengan lebih dari 35 juta transaksi diproses tanpa masalah. Ia mampu menangani 1.500 transaksi per detik (tps) dan telah diperbarui untuk dapat menskalakan ke level Visa 50.000 transaksi per detik. Sebagai perbandingan, Bitcoin dapat menangani 3-6 tps (tidak termasuk lapisan penskalaan) dan Ethereum 15 tps.

Token Ripple, XRP, tidak ditambang seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan banyak cryptocurrency lainnya. Sebaliknya, itu dikeluarkan pada awal berdirinya, mirip dengan cara perusahaan menerbitkan saham ketika bergabung: Pada dasarnya hanya mengambil sejumlah (100 miliar) dan mengeluarkan banyak koin XRP

Kegunaan Ripple

Sebagai sebuah teknologi, platform Ripple mungkin memiliki nilai nyata dan riwayat nyata yang memvalidasi klaim yang mereka buat. Ada 100 miliar token XRP yang dikeluarkan oleh perusahaan Ripple. Saat ini, perusahaan berjanji bahwa ini adalah jumlah total XRP yang akan pernah ada (meskipun, secara teknis, tidak ada yang bisa menghentikan mereka untuk mengeluarkan lebih banyak token di masa depan). Desain hub-and-spoke Ripple menempatkan XRP di tengah sebagai alat yang dapat dipertukarkan dengan mata uang atau aset digital apa pun, seperti frequent flyer miles. Ripple dapat menyelesaikan pembayaran dalam 3,5 detik melalui XRP dan membuatnya tersedia serta dapat digunakan. Penggunaan XRP sepenuhnya tidak bergantung pada jaringan Ripple secara umum; Artinya, bank tidak benar-benar membutuhkan XRP untuk mentransfer dolar, euro, dan lain-lain yang mungkin hilang dari banyak investor kecil saat mereka membeli token.

Banyak cryptocurrency memiliki banyak kasus penggunaan dan tidak memiliki fokus khusus. Upaya untuk memiliki daya tarik yang luas ini memiliki manfaat, tetapi juga menyebabkan kebingungan dan kurangnya arah. Tidak seperti mata uang lain ini , Ripple dirancang dengan kasus penggunaan yang jelas.

Baca Juga :   Penjelasan : Bagaimana Cara Blockchain bekerja

Ini secara khusus dibangun untuk memfasilitasi pertukaran uang di seluruh dunia dengan biaya minimal. Pembayaran internasional biasanya sangat lambat dan mahal, dan sistem tersebut telah lama dianggap perlu dimodernisasi. Ripple mencapai ini dengan mengizinkan bank dan lembaga keuangan untuk mentransfer token secara real-time, aman, dan dengan biaya lebih rendah.

Dalam praktiknya, ini dapat membantu orang-orang seperti mereka yang tinggal di luar negeri untuk mentransfer uang ke negara asalnya tanpa menimbulkan biaya yang besar.

Tiga kasus penggunaan praktis untuk Ripple adalah

● Memungkinkan bank dan penyedia pembayaran untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar baru
● Menyediakan cara untuk mendapatkan likuiditas untuk pembayaran
● Memungkinkan Perusahaan untuk meningkatkan efisiensi modal

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *