Pentingnya Enkripsi Data untuk keamanan

ICONEWSMEDIA.COM – Tidak ada protokol keamanan yang lebih baik daripada enkripsi data di zaman sekarang ini.

Digunakan dalam banyak solusi keamanan, enkripsi data menjauhkan pengunjung yang tidak diinginkan, sehingga mereka tidak bisa masuk ke data berharga Anda. Baik Anda mengirim data melalui kabel jaringan atau disk di rumah, enkripsi data memastikan bahwa file Anda tetap aman dan terkunci.

Selama beberapa tahun terakhir, Facebook tertangkap basah menyusup dengan kata sandi dari penggunanya. Itu juga bukan hanya beberapa kata sandi; ada jutaan demi jutaan disimpan yang dapat diakses banyak orang. Pada gilirannya, karyawan Facebook memiliki semua akses yang mereka inginkan dari penggunanya, dan beberapa memanfaatkannya. Dari kejadian tersebut bisa diambil sebuah pelajaran mengapa standar enkripsi data harus ditetapkan untuk melindungi apa yang menjadi hak Anda.

Apa itu Enkripsi Data?

Orang-orang di seluruh dunia memiliki perspektif yang berbeda-beda dalam hal kata “enkripsi”. Beberapa dimatikan oleh kata tersebut karena telah lama digunakan untuk menggambarkan pembajak yang memeras uang dari orang-orang yang tidak bersalah. Namun, di abad 21, enkripsi data pasti ada keuntungannya.

Ketika enkripsi data berfungsi untuk kebaikan bisnis, data dapat dilindungi dan diamankan. Enkripsi adalah teknologi yang menyembunyikan data menggunakan algoritma yang kompleks. Pengguna yang melindungi datanya melalui enkripsi akan menerima kunci sandi. Ini adalah kunci khusus untuk membuka kunci data, sehingga materi dapat dibaca kembali. Tentu saja, hanya Anda dan pihak yang berwenang yang memiliki akses ke kunci ini, jika tidak, tujuan enkripsi akan gagal.

Jika Anda mengenkripsi data Anda, Anda tidak akan terlalu mengkhawatirkan privasi. Keamanan dan keselamatan akan mencegah pengguna yang tidak diinginkan dari barang-barang Anda.

Baca Juga :   Miner Tak di Kenal Mengontrol 50% Hash Rate BCH selama 24 jam

Sekarang Anda melihat perlunya enkripsi data, tetapi mari kita bahas lebih lanjut tentang mengapa itu penting secara lebih mendalam.

Pentingnya Enkripsi Data

Pentingnya enkripsi tidak dapat diremehkan sedikit pun. Meskipun data Anda berada dalam infrastruktur standar, masih ada kemungkinan data Anda dapat disusupi. Selalu ada kemungkinan bahwa data dapat terancam, tetapi jika Anda memiliki enkripsi data, file Anda bisa jadi jauh lebih tidak bisa ditembus.

Pikirkanlah seperti ini sejenak. Jika data Anda berada dalam sistem yang dikenai sanksi, menambahkan enkripsi data akan melindungi informasi Anda saat dikirim. Sistem yang dikenai sanksi tidak melindungi dengan cara yang sama.

Jadi, bagaimana ini akan terjadi di dunia nyata? Misalkan ada pengguna data perusahaan yang memiliki akses ke informasi sensitif saat sedang bekerja. Tanpa enkripsi apa pun, individu dapat meletakkan informasi pada drive yang dapat dilepas dan mengambil informasi sesuka mereka. Di sisi lain, jika enkripsi dilakukan sebelumnya, pengguna masih dapat menyalin info, tetapi datanya tidak dapat dibaca ketika mereka mencoba melihat informasi di tempat lain. Keuntungan enkripsi data seperti inilah yang menunjukkan pentingnya sebenarnya.

Menjaga Data yang Dicadangkan Dienkripsi

Tempat lain yang harus dienkripsi adalah apa pun yang Anda cadangkan. Jika Anda memiliki hard drive eksternal yang Anda colokkan ke komputer, penting bahwa enkripsi data untuk saat istirahat dan saat transit juga menutupi basis Anda. Ini sering diabaikan karena orang tidak menggunakan file cadangan mereka terlalu banyak. Tapi, ingatlah bahwa hanya perlu satu kali bagi seorang peretas untuk masuk ke dalam toples kue. Kemudian, semua informasi berharga Anda akan tersedia untuk diambil. Mungkin tidak akan ada yang bisa Anda lakukan juga.

Kesimpulan

Memiliki enkripsi data sangat penting untuk bisnis apa pun, baik besar maupun kecil. Untuk melindungi data dan materi bisnis Anda, memiliki enkripsi saat istirahat dan saat transit adalah satu-satunya cara untuk mencegah peretas mengakses informasi Anda, serta karyawan yang mengambil informasi pribadi yang perlu ditinggalkan di tempat kerja.

Baca Juga :   GUTS Ticket - Jual Beli Tiket dengan Smart Ticket berbasis Blockchain

Jika masalah ini bisa terjadi di Facebook, pasti bisa terjadi pada siapa saja. Jadi, rajinlah dan jangan ambil risiko data berharga Anda sampai ke tangan tamu yang tidak diinginkan. Gunakan enkripsi data untuk potensi maksimalnya.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *