Apa Pengertian Wirausahawan? Ini penjelasannya

ICONEWSMEDIA.COM – Saat ini, banyak sekali ajakan untuk memiliki usaha atau berwirausaha. Salah satu Pemicunya ialah  mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dan terbatasnya lowongan pekerjaan. Terlebih ada dukungan dari Pemerintah dengan memberikan kemudahan bagi yang ingin memulai wirausaha. Salah satu pendorong dan penggerak ekonomi Negara adalah wirausaha. Oleh sebab itu, pemerintah membantu banyak sekali wirausahawan untuk memulai berwirausaha agar angka pengangguran menurun  serta membantu perekonomian negara agar menjadi semakin baik. Sebutan Wirausahawan begitu familiar ditelinga masyarakat lantas apa pengertiannya, wirausahawan adalah orang yang melakukan bisnis atau melakukan usaha seperti Menentukan metode produksi baru, mengatur manajemen untuk pengadaan produk baru, memasarkan dan mengatur modal bisnisnya.

Seorang wirausahawan harus memiliki kecerdasan atau kecakapan untuk berinovasi dalam produk baru yang akan dikembangkan. Jadi jangan salah arti ya wirausahawan bukanlah penjual, akan tetapi wirausahawan adalah yang menciptakan kegiatan usaha.

Wirausahawan adalah penemu atau kreator, orang yang menemukan ide-ide baru dan inovatif dalam kewirausahaan, bukan dengan menjual produk yang sudah ada atau menyalin produk yang sudah ada. Menjadi wirausahawan memiliki banyak keunggulan dan bahkan anda sebagai pengusaha dapat menciptakan pekerjaan baru untuk orang lain.

Tujuan Wirausahawan

Tujuan wirausahawan yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki tekad dan keinginan untuk meningkatkan jumlah pengusaha yang berkualitas dan menyatukan pengusaha potensial lainnya untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik.
  2. Berpartisipasi dalam pengembangan dan pertumbuhan kesadaran untuk orientasi kewirausahaan yang kuat.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan daya kreasi dan inovasi dengan tujuan menciptakan dinamika kewirausahaan atau dunia bisnis yang orientasinya mengarah pada kemakmuran.
  4. Memiliki peran dalam membangun kapasitas sejumlah wirausahawan lain untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan di masyarakat dan negara.
  5. Memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan meningkatkan kesadaran akan tujuan wirausaha yang solid.
  6. Meningkatkan daya kreativitas dan inovasi agar tercapainya dinamika wirausaha untuk menghasilkan kekayaan.
Baca Juga :   Analisa Peluang Usaha Sebelum Mulai Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Wirausahawan

Menjadi wirausahawan tidak selalu mendapat keuntungkan ada juga kerugian atau kekurangan yang di dapat. Berikut ini kelebihan dan kekurangan menjadi seorang wirausahawan:

1. Kelebihan Wirausahawan

  • Bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat
  • Memiliki keleluasaan dalam mengatur pekerjaan
  • Meningkatkan potensi diri Anda seperti kreativitas dan sebagainya
  • Mendapatkan hasil dan keuntungan yang besar
  • Meningkatkan jiwa kepemimpinan.

2. Kekurangan Wirausahawan

  • Ketidakjelasan dan Ketidakpastian dalam menghasilkan pendapatan bahkan setelah aktivitas dan tanggung jawab terhadap karyawan yang dipimpin telah ditentukan dan dikelola
  • Tingginya risiko kehilangan berbagai jenis investasi
  • Tingginya beban kerja, meskipun waktu dan kecepatan biasanya fleksibel
  • Sulitnya membuat dan mengambil keputusan penting karena hal ini sangat memengaruhi aktivitas yang sedang dibangun
  • Beberapa keterampilan yang perlu ditingkatkan dan disempurnakan, seperti manajemen personalia, manajemen keuangan, manajemen diri (rekonsiliasi pekerjaan dan kehidupan pribadi).

Itulah pengertian mengenai Wirausahawan dan juga kekurangan serta kelebihannya.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *