Apa saja Keunggulan Segwit bitcoin?

ICONEWSMEDIA.COM – Ada ratusan cryptocurrency di pasaran dan masing-masing memiliki seperangkat aturan yang memandu cara kerjanya. Seperangkat aturan ini disebut  protocol. Seperti semua program komputer, cryptocurrency perlu diperbarui dan ditingkatkan. Bug dan gangguan ditemukan yang perlu diperbaiki. Inilah yang terjadi ketika laptop Anda meminta Anda untuk mematikan dan memperbarui. Ketika mata uang kripto perlu diperbarui atau ditingkatkan, perubahan harus dilakukan pada protokolnya.

SegWit (Segregated Witness) adalah peningkatan besar-besaran untuk Bitcoin. Kode tersebut dirilis pada 2015, dan Segwit akhirnya diluncurkan di Bitcoin pada Agustus 2017.SegWit adalah tambalan yang dirancang oleh Pieter Wuille untuk mencegah kelenturan transaksi. Cara kerjanya cukup sederhana. Menghentikan data saksi yang digunakan untuk mengubah ID transaksi sehingga Wuille menyarankan untuk menghapus data tersebut dari transaksi. Seperti nama lengkapnya SegWit berarti saksi terpisah  atau bisa dikatakan menghapus atau memisahkan, jadi SegWit berarti menghapus data saksi. Seseorang yang menggunakan segwit dapat  membuat  sidechain di  mana data tersebut disimpan jauh dari blockchain utama. Ini mencegah ID transaksi diubah oleh pengguna yang tidak jujur ​​seperti Jude!

Hal pintar tentang Bitcoin SegWit adalah kompatibel dengan versi  sebelumnya. Ini berarti node yang diperbarui dengan protokol SegWit Bitcoin masih dapat berfungsi dengan node yang belum diperbarui. Pembaruan semacam ini disebut  garpu lunak . Pembaruan yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya disebut  hard fork. Garpu keras dapat membagi jaringan dan menghasilkan cryptocurrency baru.

Pieter Wuille ingin SegWit kompatibel ke belakang, dan karenanya, pembaruan soft-fork. Untuk melakukan ini, dia perlu mendesainnya sehingga data saksi masih tercatat di blockchain utama. Solusi yang dia temukan adalah mengenkripsi semua data saksi dari sebuah blok di sidechain SegWit dan menyimpan kode root  ini  di blockchain utama. Ini memungkinkan Bitcoin SegWit untuk menambal kelenturan transaksi tanpa menjadi pembaruan hard-fork.

Baca Juga :   Bot trading bitcoin dan kripto terbaik 2020

Manfaat Segwit

SegWit meningkatkan Bitcoin dan memperbaiki sejumlah bug. Fitur utama Segwit dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Peningkatan Kapasitas

Segwit menggandakan kapasitas jaringan Bitcoin. Banyak orang yang mengklaim bahwa SegWit tidak meningkatkan ukuran blok. Sangat mudah untuk melihat bahwa, ya, SegWit adalah peningkatan ukuran blok!

Cryptocurrency memiliki masalah skalabilitas karena transaksi diproses berdasarkan  konsensus. Lebih dari setengah node di jaringan Bitcoin perlu menyetujui bahwa sebuah transaksi valid sebelum dapat ditambahkan ke blockchain. Semakin banyak node yang ada di jaringan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kesepakatan atau  konsensus. 

Segwit Memperbaiki Kelenturan Transaksi

Selain meningkatkan kemampuan Bitcoin untuk memproses transaksi, SegWit memperbaiki kesalahan fatal dalam protokol Bitcoin yang memungkinkan pengguna untuk merusak identitas transaksi.

Sebelum teknologi ini ada, ID Transaksi dari sebuah transaksi dapat diubah dengan memanipulasi kode pembukaan kunci transaksi (tanda tangan digital Anda). Setelah Anda menandatangani transaksi secara digital, itu dikirim melalui fungsi hash kriptografi Bitcoin yang menghasilkan ID transaksi unik.

Jika satu karakter diubah dalam tanda tangan digital, itu akan menghasilkan ID transaksi yang sama sekali berbeda. SegWit memindahkan tanda tangan ke akhir data transaksi, sehingga ID Transaksi dibuat dari segalanya kecuali tanda tangan digital.

Akibatnya, perubahan ini membuat tidak mungkin untuk mengubah ID Transaksi – jika node berbahaya dapat merusak ID Transaksi, Jaringan Lightning tidak akan mungkin.

Kesimpulan

Ketika Pieter Wuille menciptakan SegWit, Wuille ingin memperbaiki masalah yang menyebabkan kelenturan transaksi. Tetapi SegWit melakukan lebih dari itu, itu menciptakan diskusi besar-besaran tentang masa depan platform Bitcoin itu sendiri. Ada banyak proyek blockchain baru yang bermunculan menawarkan beberapa teknologi crypto tercanggih, namun komunitas bitcoin melihat SegWit Bitcoin sebagai perubahan positif untuk jaringan. 

Baca Juga :   Konsumsi Listrik Yang dihabiskan Miner Bitcoin Di Seluruh Dunia

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *