Bisnis sampingan untuk mahasiswa

ICONEWSMEDIA.COM – Banyak peluang usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai usaha sampingan disela-sela jadwal kuliah. Ada waktu yang longgar terlebih lagi dimasa pandemi ini yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membuka usaha dan mendapatkan penghasilan. Pendapatan yang dihasilkan dari bisnis sampingan mahasiswa ini bisa digunakan untuk membayar biaya kost atau bahkan uang kuliah.

Sebaiknya bisnis sampingan untuk mahasiswa tidak membutuhkan modal yang besar mengingat mahasiswa tak memiliki keuangan yang berlebih. Jika teliti dan melihat peluang ada banyak peluang usaha yang hanya membutuhkan modal minim saja. Ini ada beberapa bisnis sampingan anak kuliah :

1. Jasa Les Privat

Jasa les privat dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan jurusan apa saja bagi yang tertarik mengajar dan memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan sesuai kurikulum di sekolah. Mahasiswa dengan jurusan Pendidikan akan aka lebih jika membuka jasa les private ini. Dengan les privat ini mahasiswa dapat menerapkan apa yang telah dipelajari.  Peluang usaha jasa les untuk anak sekolah bisa dibilang tidak membutuhkan modal uang karena berupa jasa.

Peluang jasa les privat sendiri bisa dilakukan di rumah siswa sehingga tidak memuhkan tempat khusus. Mahasiswa yang ingin membuka peluang usaha jasa les privat maka perlu untuk mempersiapkan beberapa hal seperti alat komunikasi , stransportasi serta materi pelajaran sesuai kurikulum juga perlu dikuasai sebelum memberikan pengajaran.

2. Jasa Pembuatan Konten Artikel

Informasi apapun pada saat ini bisa dicari melalui internet dan website-website barupun terus bermunculan baik yang berisi informasi atau promosi untuk produk atau perusahaan. Tak jarang pemilik website kadang tidak sempat untuk membuat konten dalam website itu sendiri sehingga dibutuhkan pihak lain untuk mengisinya. Mahasiswa bisa  memanfaatkan peluang ini denganjasa  membuka pembuatan konten artikel. Menulis artikel sendiri bisa dilakukan oleh mahasiswa di berbagai jurusan. 

Baca Juga :   Strategi Jitu Pemasaran Produk Makanan Kuliner

Mahasiswa yang ingin mengambil peluang Jasa pembuatan konten artikel bisa dimulai dengan membuat akun media sosial dan website yang berisi contoh artikel serta rincian tarif yang diberikan. Untuk penguasaan SEO juga cukup penting dalam artikel online dengan begitu bisa mendatangkan trafik dengan lebih mudah. Peluang usaha Jasa pembuatan konten ini bagi mahasiswa yang masih pemula dapat dilakukan secara mandiri dengan mempromosikan lewat media sosial. Sedangkan apabila ingin jasa yang lebih besar maka bisa bekerja sama dengan beberapa orang yang juga tertarik untuk pembuatan konten artikel.

3. Channel YouTube (YouTuber)

Usaha sampingan anak kuliah berikutnya adalah mahasiswa juga bisa  membuka channel YouTube. Pada saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang melalui youtube dangan menjadi youtuber. Untuk Video yang dibuat pun bisa bervariasi, bagi pemula bisa menggunakan modal yang minim dengan video bermain game juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube. Video yang unik dan menarik pun bisa dijadikan konten akan mendatangkan banyak penonton dan pelanggan. Saat channel YouTube anda sudah layak dimonetisasi, maka chanel anda bisa mendatangkan uang. Peluang usaha ini bisa dilakukan oleh orang umum ataupun yang masih berstatus mahasiswa. 

Menjadi seorang YouTuber yang bisa mendapatkan penghasilan memang bukan hal yang mudah, namun bisa dilakukan dengan terus belajar dan berusaha. Membuat konten video yang unik dan menarik banyak orang bisa menjadi kunci agar bisa menjadi YouTuber yang sukses. Salah satu contoh bisa memanfaatkan hobi yang disukai untuk konten video.

4. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan membuka jasa desain grafis. Ini tentu mudah dilakukan bagi mahasiswa yang memiliki keahlian dalam hal desain. Mahasiswa jurusan desain atau yang bukan namun memiliki kemampuan bisa membuka peluang usaha sampinagan ini. Jasa desain grafis ini biasanya mendapatkan pekerjaan untuk pembuatan logo, gambar, brosur, undangan, dan lainnya.

Baca Juga :   Cara jual pulsa all operator bagi pemula

Modal yang dibutuhkan untuk membuka peluang usaha ini bisa dimulai dengan komputer/laptop dan printer. Mahasiswa pun biasanya sudah memiliki laptop sehingga tidak kesulitan untuk memulai usaha yang satu ini dengan peralatan yang sudah dimiliki.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *