Cara kerja dApps Ethereum

ICONEWSMEDIA.COM – dApp adalah istilah singkat untuk aplikasi terdesentralisasi. Seperti halnya pengembang mana pun yang dapat membangun aplikasi untuk App Store di sistem operasi IOS Apple, pengembang dapat (juga) membangun di atas infrastruktur blockchain Ethereum.

Bagi pengguna akhir, dApp mungkin tidak terlihat dan terasa berbeda dari aplikasi lain yang Anda gunakan saat ini. Namun, dApps didukung oleh blockchain; dan ini membuat mereka berbeda dan mungkin jauh lebih unggul.

Inilah yang perlu Anda ketahui:

  • Kode frontend dan antarmuka pengguna dApp dapat ditulis dalam bahasa apa pun yang dapat melakukan panggilan ke backendnya.
  • Kode backendnya berjalan pada jaringan peer-to-peer terdesentralisasi (seperti ethereum), dan semua catatan operasi aplikasi disimpan di blockchain.
  • Dalam kebanyakan kasus, seluruh basis kode adalah Sumber Terbuka. Ini berarti orang lain dapat mengakses kode dan membangun di atasnya, tetapi tidak ada orang yang “memiliki” aplikasi artinya mereka bebas untuk digunakan, ditingkatkan, dan dibangun di atasnya oleh siapa pun di komunitas.
  • Terakhir, kumpulan pengguna dApps bebas mengatur dirinya sendiri. Konsep ini disebut “otonomi”.

Menjalankan dApps di blockchain juga menawarkan manfaat keamanan tambahan. Karena transaksi didistribusikan dan dienkripsi di seluruh blockchain Ethereum, tidak ada tempat sentral bagi peretas untuk menerobos dan mendapatkan akses.

Ethereum mungkin adalah platform terbaik untuk membangun dApps. Berkat bahasanya sendiri, Solidity, ini memungkinkan pengembang untuk membuat kontrak pintar menggunakan Mesin Virtual Ethereum.

Menggunakan alat ini, pengembang telah membuat Dapps dengan kasus penggunaan mulai dari pasar prediksi hingga perencanaan sumber daya.

Untuk membuat DApps atau kontrak pintar ini, pengembang harus terlebih dahulu menulis skrip dalam Bahasa Pemrograman Soliditas (digunakan untuk pengkodean kontrak pintar) dan kemudian memanggil berbagai fungsi untuk menerapkannya. Cara alternatif untuk menjalankan kontrak pintar adalah dengan menulis skrip bash yang akan menyusun dan menerapkannya. Ethereum  Truffle suite  diperkenalkan untuk membuat proses ini mulus. Selain  kerangka kerja Truffle , suite ini memiliki beberapa komponen dan fitur yang membuatnya sesuai dengan kebutuhan pengembangan DApps Anda.

Baca Juga :   Temukan Kebutuhan Barang Mewahmu dengan ALLUXE

Komponen Truffle Suite

Rangkaian  kerangka kerja Truffle  memberi pengembang segala sesuatu yang mereka inginkan untuk membangun DApp blockchain Ethereum. Ini memungkinkan mereka untuk membuat kontrak, menyusunnya, menerapkannya, mengujinya, dan membuat UI front-end untuk DApps, menjadikannya salah satu kerangka kerja terbaik untuk mengembangkan DApps. Truffle suite memiliki tiga komponen penting, yaitu:

  • Kerangka kerja Truffle : Kerangka kerja pengembangan aktual yang menghadirkan segalanya dengan benar mulai dari membuat kontrak pintar hingga menguji dan menerapkannya ke satu kerangka kerja.
  • Ganache : Ini adalah simulator yang memungkinkan pengembangan dan pengujian Graphical User Interface (GUI) untuk DApps.
  • Drizzle : Ini adalah perpustakaan front-end yang menyederhanakan proses pengembangan aplikasi web untuk DApps.

Fitur Suite Truffle

Truffle suite dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuatnya menjadi keuntungan bagi pengembang Ethereum DApps dan salah satu IDE paling populer. Inilah yang Anda dapatkan dalam kerangka:

  • Solusi satu atap dengan dukungan bawaan untuk membuat, menyusun, menerapkan kontrak pintar
  • Mengizinkan smart contract terhubung dengan aplikasi web
  • Menawarkan pengujian kontrak otomatis
  • Mendukung konsol dan aplikasi web dengan pipeline yang dapat dikonfigurasi
  • Dukungan built-in untuk jaringan dan manajemen paket
  • Mudah kompatibel dengan JavaScript, CoffeeScript, ES6, dan bahasa front-end lainnya
  • Memungkinkan komunikasi langsung dengan kontrak pintar

Prasyarat untuk mengembangkan DApps di Ethereum Truffle Framework

Sebelum mulai mengembangkan Ethereum DApps, ada beberapa persyaratan yang perlu kami tangani. Pertama, kita perlu  mengatur NPM  (Node Package Manager) di komputer kita. 

pertama menginstal  kerangka Truffle . Kedua, kita perlu mengunduh dan menginstal simulator Ganache dari  situs resminya , yang akan memberi kita pengembangan GUI.

Terakhir, kita perlu menambahkan ekstensi MetaMask untuk browser kita. MetaMask adalah plugin yang memungkinkan kita mengakses Ethereum DApps melalui browser tanpa menjadi node blockchain yang sebenarnya.

Baca Juga :   Rubius: The Best Quality Product as a Future Solution for Cryptocurrency

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *