Indonesia bakal punya Rupiah digital

ICONEWSMEDIA.COM – Sebagai respon meningkatnya implementasi serba digital, NKRI dikabarkan akan merilis Rupiah digital secara resmi. Proses peneribitan mata uang digital ini akan secara langsung dilakukan oleh Bank Indonesia serta jajaran perusahaan bank lainnya.

Hal ini kemungkinan besar diakibatkan harga Bitcoin yang secara mengejutkan menyentuh $58ribu per BTC beberapa hari yang lalu yang mana kejadian tersebut menyita banyak perhatian bagi pengamat ekonomi sekaligus komunitas cryptocurrency di dunia.

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI menjelaskan bahwa dirinya akan melakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak pebankan lainnya untuk melahirkan cryptocurrency Rupiah.

Keputusan ini merupakan hasil dari perbincangan yang terjadi antara Perry dan juga Chairman CT Corp Chairil Tanjung.

Perry juga menegaskan bahwa UU mengenai mata uang tetap berlaku di Indonesia dan hanya akan ada satu mata uang yang diakui dan bisa digunaka untuk bertransaksi, yakni Rupiah saja. Dan bentuk rupiah bisa bermacam macam mulai dari logam , koin , kertas dan digital.

BI juga menambahkan bahwa Bitcoin yang sangat populer saat ini, bukan merupakan alat pembayaran yang sah di Indonesia. Bitcoin tidak berlaku untuk bertransaksi menggantikan Rupiah di Indonesia dan hanya boleh dimiliki saja. Segala resiko atas kepemilikan Bitcoin, sepenuhnya berada ditangan pemegang Bitcoin.

Kemajuan Digitalisasi

Adopsi masal transaksi cashless membuat semua orang menjadi lebih mudah ketika membeli buku atau membayar pajak internet. Adanya QRIS terbukti bisa merubah pola kehidupan masyarakat dalam bertransaksi yang lebih aman.

BI memproyeksikan sebuah bank central digital currency yang nantinya juga akan mudah diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, semua orang Indonesia akan bisa mengenal cryptocurrency dan cara kerjanya lebih dalam lagi.

Baca Juga :   Dampak Vaksin COVID-19 terhadap ekonomi

Sebelumnya, teori-teori masa depan mengenai naiknya trend cryptocurrency telah disinggung oleh Mardigu WP selaku pebisnis yang juga biasa di sebut Bossman Sontoloyo.

Walaupun sangat jarang terlihat di televisi, Bossman selalu memberikan materi-materi tentang cara bernegara yang baik dan benar versi dirinya dan diunggah di sosial media Instagram serta YouTube.

Bossman Sontoloyo yang merupakan pencetus Cryptocurrency Cyronium mengatakan bahwa perkembangan cryptocurrency sejak tahun 2015 sangatlah pesat.

Bahkan dia juga memprediksi bahwa cryptocurrency akan menjadi dunia lain untuk anak muda dalam mendapatkan income.

Dengan adanya cryptocurrency kita semua akan merasakan kemudahan serta keamanan transaksi dalam dunia digital. Rekam jejak yang sangat detail dan terpublikasikan pada jurnal besar blockchain , membuat cryptocurrency lebih mudah diterima masyarakat daripada penggunaan jasa dari bank sentral.

E-Rupiah yang diprediksi akan mengudara beberapa waktu kedepan pasti akan mendapatkan respon positif dari masyarakat dan juga investor besar.

Indonesia akan terbantu dan juga mengalami peningkatan aktivitas ekonomi dengan adanya cryptocurrency. Tidak perlu waktu lama untuk mengirimkan uang, tidak perlu membayar fee yang mahal, tidak perlu khawatir keberadaan lokasi dan tidak perlu khawatir jam 1 malam, kalian akan tetap bisa menerima dan mengirim cryptocurrency dengan mudah dimanasaja dan kapan saja.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *