Startup berbasis blockchain asal Indonesia

ICONEWSMEDIA.COM РPada awalnya kehadiran Blockchain  dianggap asing dan aneh terlebih di indonesia, namun secara perlahan seiring kemajuan teknologi sistem ini mulai diminati dan dipergunakan berbagai bidang. Semenjak meledaknya pemberitaan mengenai Bitcoin, konsep Blockchain mulai menggema ke mana-mana. Menjadi sebuah pijakan dari teknologi Blockchain cukup menarik untuk diterapkan ke berbagai bidang, bukan hanya sistem keuangan.

Kemajuan teknologi ini melahirkan sejumlah perusahaan dan instansi yang ingin menggunakan teknologi Blockchain. Teknologi yang transparan dan Peer to Peer, yang sangat cocok dengan perkembangan teknologi saat ini. Tidak hanya di luar negeri, namun di Indonesia pun mulai tumbuh perusahaan yang menggunakan konsep Blockchain.

Berikut ini beberapa perusahaan di Indonesia yang mulai mengusung konsep Blockchain, yaitu :

Indodax (Bitcoin Indonesia)

Indodax adalah perusahaan tertua di Indonesia yang menerapkan konsep teknologi Blockchain. Indodax dirintis semenjak Mei 2013 mengingat mulai meningkatnya minat masyarakat Indonesia akan digital aset . Pada tahun 2017 Bitcoin Indonesia melakukan perubahan nama dari menjadi Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange). Indodax  adalah Marketplace (penyedia dan penghubung) dalam transaksi digital aset yang ingin dibeli ataupun dijual.

Indodax memiliki banyak digital aset yang siap di transaksikan, termasuk di dalamnya berupa Bitcoin, Ethereum, Ripple, Dash, dan Litecoin. Termasuk digital aset yang baru seperti uniswap, sushiswap dan lainya.

CEO Indodax  Oscar Darmawan mengatakan bahwa aset digital di masa depan  akan menjadi mata uang tanpa kewarganegaraan dan di indodax setiap harinya ada lebih dari 100 miliar transaksi yang diproses.

Pundi X

Pundi X menggunakan Blockchain dalam proses transaksi keuangan yang cepat dan murah dengan adanya mesin kasir (Point of Sales) yang mereka beri nama X POS dan memiliki kartu uang elektronik dengan bernama Pundi X Pass. Selain itu juga Pundi X menyediakan aplikasi berupa wallet digital pundi.

Baca Juga :   Satoshi Nakamoto Gives something code on April 1, 2019 on Bitcointalk.org

Pundi X tidak hanya menyasar pasar indonesia saja, namun menyasar sejumlah negara seperti Tiongkok dan Malaysia untuk melakukan ekspansi. Pundi X sangat profesional dan sudah sangat siap di dunia Fintech dengan konsep Blockchain.

Indonesia Blockchain Network (IBN)

Di Indonesia sudah berdiri yang namanya badan advokat yang mengakomodasi dan memfasilitasi pertumbuhan dari Ledge Book Digital dan teknologi di bidang Cryptocurrency. Badan advokat tersebut bernama Indonesia Blockchain Network.

IBN memiliki gagasan besar yaitu membantu mengadopsikan konsep Blockchain secara global.dan diimplementasikan ke semua bidang seperti merevolusi data, nilai, aset, kontrak tanpa melibatkan pihak ketiga.

IBN sendiri memiliki sembilan Co-Founder dari berbagai latar belakang yang membuat mereka saling berkolaborasi satu sama lain di bidang Blockchain. Semuanya datang dari anak muda yang punya niat besar mengimplementasikan konsep Blockchain. Jelas ide gagasan dan tindakannya sangat dibutuhkan.

Blockchain Zoo

Blockchain Zoo berdiri Juli 2017 oleh delapan Co-Founder ahli di bidang Blockchain dengan pengalaman bertahun-tahun dengan memperkenalkan konsep teknologi Blockchain dan proses ICO (Initial Coin Offering) kepada masyarakat dan mitra kerja. Blockchain Zoo menyediakan layanan untuk konsultasi dalam proses pengembangan teknologi blockchain pada kliennya serta melakukan sejumlah pelatihan untuk para pengembang yang tertarik mengetahui lebih dalam tentang konsep Blockchain.

Jelas kemajuan teknologi beberapa perusahaan di indonesia yang terjun di dunia Blockchain patut di apresiasi dan didukung penuh.karena memberikan dimensi baru serta mampu menjadi contoh perusahaan lainya di Indonesia.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *