Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif

ICONEWSMEDIA.COM – Kini perkembangan sektor ekonomi di Indonesia sudah berkembang dan banyak tumbuh inovasi dengan adanya industri kreatif. Sebagian pendapatan negara merupakan hasil dari industri kreatif yang setiap saat berkembang dengan cepat. Dengan begitu ekonomi di Indonesai sudah semakin maju dan juga bisa bersaing dengan negara lain. Di jaman globalisasi seperti sekarang ini persaingan di sektor ekonomi sudah semakin ketat sehingga tingkat kreatifitas harus ditambah karena sangat diperlukan oleh pelaku pada sektor ekonomi.

Di dalam dunia bisnis industri kreatif ini menjadi sesuatu yang berberda karena produk yang diciptakan merupakan hasil kreativitas para pelaku ekonomi yang memiliki keunikan dan juga inovasi produk. Jika kamu ingin masuk pada dunia industri kreatif tetapi belum mengerti apa pengertian dari indusrtri kreatif, berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan contoh industri kreatif.

Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan penciptaan dari suatu kreativitas dan inovasi dari ide yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok yang menjadi suatu karya tanpa adanya eksploitasi terhadap sumber daya alam. Hasil dari industri kreatif ini harus memiliki nilai jual yang baik kemudian dapat dikembangkan sehingga bisa menjadi bisnis yang dapat membuka lapangan pekerjaan dan juga dapat membantu menopang perkekonomian yang ada di indonesia.

Contoh Industri Kreatif

Terdapat beberapa jenis atau contoh industri kreatif yang dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis atau usaha.

Kuliner

Bisnis atau usaha kuliner menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang menggunakan kreativitas dalam pelaksanaannya serta memiliki target pasar yang luas. Contoh usaha pada bidang kuliner yaitu bisa dengan kuliner khas indonesia. Kuliner ini termasuk juga sektor yang sudah bisa bersaing dengan pasar global atau pasar modern sehingga usaha ini bisa sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Baca Juga :   Apple iphone se 2020 Spesifikasi dan Harga Terbarunya

Fotogragi, Videografi, dan Film

Industri kreatif pada bidang fotografi, videografi dan film ini meliputi kegiatan-kegiatan mulai dari jasa fotografer, rekaman video atau film, produksi video atau film yang termasuk didalamnya seperti proses editing, tata suara, naskah skrip, sampai dengan pemasaranya.

Barang Seni atau Kerajinan

Barang barang seni seperti gambar, lukisan, pahatan, kerajinan alat musik, dan karya seni rupa lain. Selain itu termasuk juga kegiatan fisik pada bidang kesenian seperti pertunjukan kesenian, pagelaran, tarian-tarian tradisional ataupun modern, kontes musik, teater, opera, dll.

Fashion

Bidang fashion juga merupakan salah aatu contoh industri kreatif yang bisa dikembangkan. Produk yang termasuk fashion mulai dari barang-barang yang digunakan oleh tubuh dari kepala hingga kaki seperti topi, kacamata, baju, celana, alas kaki. Kegiatan produksi fashion seperti desain fashion, produksi, pemasaran termasuk pada kegiatan-kegiatan yang kreatif.

Advertisement

Kegiatan pada periklanan termasuk didalamnya kegiatan seperti periklanan melalui surat kabar, media eletronik, majalah, pamflet, brosur, reklame. Kegiatan yang ada didalamanya mulai dari proses desain atau penciptaan ide, produksi, pemasaran semua kegiatan tersebut termasuk dalam kegiatan kreatif yang masuk pada industri kreatif.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *