Cara Membeli Saham di Bursa Efek Indonesia

cara membeli saham

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang sudah dikenal secara luas dan juga memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan banyak keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan saat berinvestasi saham. Orang-orang yang berinvestasi saham yakin bahwa saat dia membeli saham maka dia dapat menjualnya kembali dengan keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, kemudahan yang diberikan juga semakin baik yaitu kamu dapat berinvestasi saham secara online. Meski sudah bisa dilakukan secara mudah tetapi masih banyak investor pemula yang bingung bagaiman cara memulainya, hal-hal yang diperlukan saat melakukan investasi. Untuk itu kamu bisa simak cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia berikut ini.

Membuka Rekening atau Akun Saham

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli saham yaitu membuka rekening atau akun saham. Membuka rekening saham secara teknik hampir sama dengan membuka rekening tabungan. Kamu dapat membuka rekening saham ini di perusahaan sekuritas terpercaya. Jumlah perusahaan sekuritas sudah banyak baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta, jadi sangat mudah bagi kamu menemukan perusahaan sekuritas.

Kamu dapat membuka rekening secara offline dan online. Jika kamu ingin mendaftar secara offline maka kamu harus datang secara langsung ke kantor perusahaan sekuritas dengan membawa berkas-berkas seperti fotokopi identitas  pribadi, data tempat tinggal, fotokopi rekening tabungan, data pekerjaan, data ahli waris. Tetapi jika kamu ingin mendaftar secara online maka cari perusahaan yang telah menyediakan fasilitas pendaftaran secara online lalu siapkan berkas pendukung berupa softfile.

Isi Saldo Pertama

Setelah akun atau rekening saham sudah berhasil kamu buat maka yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu mengisi saldo pertama di rekening saham. Saldo pertama ini nantinya akan menjadi modal pertama dari investasi saham yang kamu miliki. Banyaknya jumlah nominal dari pengisian saldo pertama pada rekening saham beragam, tergantung dengan ketentuan masing-masing perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Tetapi jika kamu memilih perusahaan sekuritas asing maka besar pengisian saldo pertama biasanya lebih banyak. Proses pengisian saldo dapat kamu lakukan dengan tunai maupun transfer ke RDI dengan rekening pribadi. Apabila kamu sudah berhasil melakukan pengisian saldo pertama maka rekening saham kamu sudah dapat diproses. Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi ID, password, dan pin untuk login akun saham dan selanjutnya kamu akan mendapat kartu akses KSEI.

Baca Juga :   Cara Mengecek UMKM Tahap 2 Dengan e Form BRI UMKM 2021 Tahap 2

Memilih dan Membeli Saham

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu membeli saham. Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih, kamu harus bisa melakukan analisa fundamental. Kegiatan analisa yang harus kamu lakukan yaitu menganalisa mengenai kondisi perusahaan apakah berkembang, sehat, dan tentunya dapat memberikan keuntungan bagi kamu sebagai investor. Selain itu kamu juga harus bisa melakukan analisa teknikal yaitu dapat menganalisa kapan waktu yang tepat untuk membeli saham.

Kamu dapat membeli saham melalui broker, pialang saham, atau membeli langsung secara online. Jika kamu ingin membeli saham melalui broker atau pialang saham maka kamu dapat datang langsung atau bisa juga melalui media komunikasi seperti panggilan. Jika kamu ingin membelinya langsung secara online maka kamu dapat melakukan jual beli melalui aplikasi jual beli saham. Untuk membelinya nanti pada aplikasi akan tertera harga saham per lembar lalu kamu hanya perlu klik buy dan isi jumlah slot yang diinginkan. Minimal slot yang dimasukkan yaitu 1 atau 100 lembar. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan pin, jika sudah berhasil maka nanti akan muncul notifikasi bahwa anda telah membeli saham di perusahaan tersebut.

Perlu diingat bahwasanya pembelian saham juga memiliki resiko yang harus ditanggung oleh pembeli. Aset komoditas memiliki potensi volatilitas apabila kepercayaan investor mulai turun, sehingga harga saham bisa turun juga. Mohon berhati-hati ketika anda memutuskan untuk membeli saham.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *