Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

ICONEWSMEDIA.COM – Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang hidup nya di air tawar. Ikan cupang dikatakan sebagai ikan hias karena ikan ini memiliki bentuk dan karakter sirip yang unik dan cantik. Ikan ini juga termasuk ikan petarung karena memiliki sifat yang cukup agresif saat mempertahankan wilayahnya. Biasanya ikan cupang akan membuka insangnya sebagai upaya ikan menunjukkan kekuatannya. Cupang termasuk ikan hias yang mudah dipelihara atau mudah cara perawatannya. Hal itu dikarenakan ikan cupang mudah dalam pemberian pakannya. Ikan cupang dapat bertahan hidup tanpa diberi pakan selama kurang lebih dua minggu. Tetapi meski begitu, apabila kita benar-benar ingin merawat ikan cupang, maka lebih baik kita perhatikan juga jumlah dan waktu pemberian pakannya, sehingga berdampak baik juga pada perkembangan tubuh ikan cupang. Ada beberapa jenis pakan ika cupang yang ada di pasaran, berikut ini jenis makanan ikan cupang agar cepat besar.

Kutu Air

Kutu air atau dalam bahasa lain disebut water flea merupakan hewan air yang kecil dan hidup di perairan seperti sungai, parit, kolam, dan genangan air. Kutu air atau hewan kecil ini dikenal memiliki gizi yang tinggi sebagai pakan ikan terutama bagi anakan ikan. Hal ini dikarenakan kutu air memiiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan karbohidrat, dan lemak. Kutu air ini bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan juga dapat mencerahkan warna pada tubuh ikan cupang. Karena sulit dibudidayakan maka harga kutu air cukup mahal.

Jentik Jentik

Jentik jentik termasuk dalam daftar makanann ikan cupang yang bagus agar cupang bisa cepat besar. Jentik jentik memiliki manfaat yang bagus bagi pertumbuhan ikan cupang terutama bagi anakan, hal ini dikarenakan jentik-jentik memiliki kandungan protein yang bagus. Untuk menemukan hewan ini tentu sangat mudah. Jentik-jentik biasanya hidup di air yang menggenang. Meski mudah didapat ada hal yang harus diperhatikan yaitu berikan jentik-jentik yang belum menjadi larva, karena jika ikan cupang diberikan jentik yang sudah menjadi larva dapat menyebabkan ikan sakit dan bisa mati.

Baca Juga :   Apa Pengertian Wirausahawan? Ini penjelasannya

Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan makanan yang cocok untuk cupang dan juga mudah dicari. Kamu dapat menemukan cacing sutra di selokan. Dibandingkan dengan kutu air harga cacing sutra lebih murah tetapi meski begitu cacing sutra ini juga bermanfaat untuk pertumbuhan ikan cupang secara cepat untuk mencapai tubuh yang sempurna.

Microworm

Microworm atau bisa juga disebut cacibg halus merupakan makanan yang cocok dan banyak digemari bagi orang yang memelihara ikan cupang. Cacing halus ini mudah untuk didapatkan dan dibudidayakan. Cacing halus ini memiliki manfaat yang baik untuk ikan cupang karena memiliki kandungan gizi yang baik.

Atermia

Atermia merupakan udang air dengan bentuk tubuh yang masih kecil atau udang air yang baru menetas. Atermia ini memiliki kandungan gizi yang baik, oleh karena itu atermia cocok menjadi makanan bagi ikan cupang agar cepat besar.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan cupang anda. Dengan sistem pemberian makan yang bagus, tentu akan menambah kualitas ikan yang anda miliki.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *