Berhasil Selamatkan Dunia, Berikut adalah Hasil Teknologi Sederhana yang terbaik

hasil teknologi sederhana

ICONEWSMEDIA.COM Saat ini, hidup tidak dapat terlepas dari kemajuan teknologi yang makin hari makin berkembang dengan pesat. Semakin berkembang semakin canggih pula kinerja dari suatu teknologi.

Dan hal tersebut tidak dapat berhenti bahkan terus berkembang dengan waktu yang lebih cepat.

Namun di antara banyaknya kecanggihan terdapat beberapa teknologi yang disebut sebagai hasil teknologi sederhana yang digadang-gadang dapat menyelamatkan dunia.

Maksud dari teknologi sederhana adalah teknologi yang memiliki biaya murah serta dapat dikerjakan sendiri.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan penggunaan biaya yang murah dan mampu dikerjakan sendiri atau lebih dikenal dengan trend do it yourself (DIY), berapa jenis teknologi sederhana dapat membantu kehidupan banyak orang yang terutama untuk yang mengalami kesulitan ekonomi berikut adalah beberapa ulasan teknologi sederhana yang dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Rumah Printer 3D

Hasil teknologi sederhana yang pertama adalah rumah printer 3D raksasa yang mampu mencetak rumah hanya dengan biaya sebesar 50 US Dollar atau setara dengan Rp. 665.000 saja.

Di samping harga yang murah, bahan yang digunakan pun mudah didapatkan.

Sebuah perusahaan berasal dari Italia yaitu WASP, mengembangkan project ini dengan tujuan agar kebutuhan akan hunian rumah di berbagai penjuru dunia akan terpenuhi setiap tahunnya

Mesin Desalinasi Air dengan Tenaga Matahari

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak dapat dielakan. akan tetapi, perolehan air bersih masih cukup sulit untuk didapatkan bagi beberapa tempat di belahan dunia.

Salah satunya adalah di daerah konflik, Gaza.

Kemudian, Fayez Al Hindi pun menciptakan hasil teknologi sederhana berupa mesin desalinasi yang dapat menghasilkan 9,8 liter air bersih perhari.

Yang mana desalinasi merupakan suatu proses pemurnian air untuk menghilangkan polutan dan garam yang terlalu banyak di dalamnya.

Eco Cooler

Beberapa tempat dengan temperatur udara panas cukup kesulitan untuk memperoleh akses listrik.

Teknologi sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan Eco Cooler sebagai pendingin ruangan tanpa menggunakan energi listrik.

Ashis Paul di Bangladesh telah menemukan teknologi eco cooler dengan sebuah papan dan botol plastik yang dipotong kemudian disusun.

Eko tersebut dapat mengalirkan udara sejuk ke dalam rumah penduduk. Bahkan hasilnya dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5 derajat Celcius.

Liter of Light

Selain kebutuhan air bersih yang sulit di beberapa daerah, rupanya penerangan pun masih sulit untuk beberapa daerah lainnya.

Untuk hal ini, my shelter foundation pun memanfaatkan botol plastik yang kemudian diisi air dan ditambahkan cairan pemutih sebagai sarana penerangan.

Dinamai Liter of light, pengaplikasian atau instalasinya pun cukup mudah yaitu hanya dengan melubangi atap, lampu ini pun dapat meneruskan cahaya matahari ke dalam rumah penduduk dan membantu penerangan di malam hari.

Selain itu masih ada mesin cuci tenaga pedal dan printer 3D dari barang bekas, sebagai hasil teknologi sederhanayang disebut-sebut dapat menyelamatkan dunia dari berbagai kesulitan di beberapa daerah terutama yang terpencil.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.