Pandemi Bukan Penghalang, Inilah Kiat Sukses Bisnis Di Masa Pandemi

bisnis di masa pandemi

ICONEWSMEDIA.COM ā€“ Melakukan bisnis di masa pandemi harus di ajarkan kepada seluruh warga Indonesia. Sekarang ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak dari adanya virus Corona. Salah satu dampak yang memberikan Efek besar yaitu pada perekonomian di Indonesia.

 Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berita mengenai perusahaan-perusahaan yang memilih gulung tikar atau menutup usahanya karena tidak memiliki modal, melakukan PHK besar-besaran dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan membuat dan memperparah jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Jika Anda merupakan salah satu karyawan yang di PHK atau pemilik perusahaan yang justru bangkrut di masa pandemi ini.

Maka Anda harus bisa survive dan membangun bisnis dari awal dengan beberapakiat sukses bisnis di masa pandemi. Adapun beberapa kiat bisnis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah Bisnis Yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih bisnis yang cocok dan sekiranya tetap memiliki pasar yang luas serta dibutuhkan oleh masyarakat meskipun sedang dalam masa pandemi seperti saat ini.

Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa anda mulai dan akan tetap sukses di masa sulit Ini contohnya seperti bisnis kuliner, jual beli online dan bisnis lainnya.

2. Buat Rencana Bisnis

Kiat sukses bisnis di masa pandemi selanjutnya dalam membuat rencana bisnis yang baik dan benar. Hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan setelah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan.

Jangan lupa untuk melakukan riset atau analisis terlebih dahulu terhadap kondisi masyarakat di sekitar, agar bisnis yang Anda jalankan tersebut bisa laku di pasaran.

Baca Juga :   Corona belum pergi, ini 6 Bisnis yang banyak di incar saat pandemi

Yang perlu Anda perhatikan bahwa dalam membuat rencana bisnis ini, Anda bukan hanya membuat satu rencana saja. Melainkan membuat dua hingga tiga rencana sekaligus sebagai antisipasi jika Anda mengalami kegagalan di rencana pertama.

3. Siapkan Modal

Modal merupakan unsur yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar usahanya bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga untuk menyiapkan modal dadakan atau modal simpanan agar ketika perusahaan Anda mengalami sedikit goncangan, Anda bisa mengatasinya dengan cepat.

4. Lakukan Promosi

Kiat sukses bisnis di masa pandemi selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi.  promosi dibubarkan sebagai senjata sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Promosi ini bisa Anda lakukan baik melalui sosial media, membagikan kertas informasi mengenai bisnis Anda atau bahkan promosi melalui berita dari mulut ke mulut.

5. Libatkan Orang Lain

Jika bisnis hanya dilakukan oleh 1 orang, maka ada kemungkinan bisnis tersebut tidak akan maju karena kurangnya sumber daya manusia yang akan membuat bisnis tersebut maju.

Maka dari itu, setelah membuat bisnis khususnya bisnis di masa pandemi seperti saat ini, Anda juga harus mengajak orang lain untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Selain bisnis Anda akan berjalan dengan baik, Anda juga sudah membantu orang yang membutuhkan pekerjaan.

Demikianlah beberapa kiat sukses bisnis di masa pandemi yang harus Anda lakukan. Semua orang memang bisa berbisnis, tetapi tidak semua bisnis tersebut akan maju dan berkembang jika tanpa ilmu yang baik dan benar.

Maka dari itu, Anda harus mengikuti beberapa kiat sukses bisnis yang sudah disebutkan diatas agar usaha Anda di masa pandemi bisa berjalan dengan lancar

Baca Juga :   Usaha atau Kerja? Ini kelebihan dan kekurangannya

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *